7 Persiapan Penting Sebelum Mengikuti Ospek Kuliah!

Ospek dibuat untuk memudahkan mahasiswa baru terbiasa pada lingkungan kampus. Simak manfaat dan persiapan penting sebelum mengikuti ospek kuliah!

7 Persiapan Penting Sebelum Mengikuti Ospek Kuliah!
Image Source: Freepik/drobotdean
I'll be your new school soul
Silver and gold
New desire
Friends on fire

Lirik lagu karya Phum Viphurit yang berjudul 'Lover Boy' ini rasanya cocok dijadikan soundtrack untuk menggambarkan suasana hati para mahasiswa ketika menyambut kegiatan baru di kampus.

Setelah melalui serangkaian cobaan dan drama selama proses seleksi, kini perasaan tersebut digantikan dengan debaran gugup untuk menghadapi perubahan-perubahan baru seperti tempat, lingkungan, teman, hingga budaya.

Di Indonesia dan bahkan di banyak negara lain biasanya pihak kampus mengadakan acara penyambutan untuk mahasiswa baru yang disebut Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang lebih dikenal dengan ospek.

Ospek dilakukan sebagai langkah untuk mengenalkan lingkungan, fasilitas, dan program universitas serta membantu mahasiswa baru agar dapat membaur dan beradaptasi di lingkungan kampus.

Acara ini biasanya berisi aneka kegiatan dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Tema ini dipilih berdasarkan keputusan angkatan, kampus, dan kebijakan yang diterapkan.

Manfaat Mengikuti Ospek

Manfaat Mengikuti Ospek
Image Source: Freepik/drobotdean

Ospek umumnya diisi dengan seminar menarik soal anak muda yang menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai latar belakang, hingga ajang unjuk kebolehan tiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai acara penutupnya.

1. Mengenal Lingkungan Kampus

Pada dasarnya ospek ini dibuat guna membantu mahasiswa baru untuk lebih mengenal lingkungan, fasilitas, tenaga pengajar, serta peran tenaga kerja kampus lainnya yang akan kamu temui selama hampir 4 tahun.

Langkah ini tentunya akan sangat membantu mereka dalam beradaptasi dan memahami kebijakan universitas.

2. Mendapatkan Gambaran Rencana Studi

Menghadirkan banyak pembicara, ospek juga diisi oleh dosen yang akan mengajar di kelas nanti, loh!

Biasanya selain topik dari isu-isu terkini atau kiat-kiat bertahan menjadi mahasiswa berprestasi, dosen juga akan menjelaskan tentang mata kuliah yang bisa kamu ambil di tiap semester.

3. Menambah Teman Baru

Ospek biasanya diadakan dengan susunan acara beragam yang berlangsung selama beberapa hari bahkan ada yang lebih dari 1 minggu.

Akan ada hari di mana satu angkatan dicampur secara acak dari berbagai fakultas dan jurusan, hari berikutnya mulai dikelompokkan berdasarkan fakultas, dan di hari terakhir kamu sudah bisa bertemu dengan teman-teman jurusan yang akan kamu ditemui di kelas yang sama.

Persiapan Mengikuti Ospek Kuliah

Persiapan Mengikuti Ospek Kuliah
Image source: Unsplash/javotrueba

Setelah membaca manfaat mengikuti ospek, tentu kamu jadi semakin tak sabar untuk mengikuti acara kampus satu ini, bukan?

Meskipun mayoritas acaranya diadakan di dalam ruangan, tetapi kamu tetap membutuhkan banyak persiapan untuk mengikutinya. Simak beberapa persiapan ospek kuliah yang sudah JakartaNotebook rangkum khusus untuk kamu para mahasiswa baru!

Toddi Buku Jurnal Hardcover Notebook Diary A5 340 Halaman Grid - CW-5025 - Baby Blue - JakartaNotebook.com
Toddi Buku Jurnal Hardcover Notebook Diary A5 340 Halaman Grid - CW-5025 termurah. Dapatkan dengan mudah Toddi Buku Jurnal Hardcover Notebook Diary A5 340 Halaman Grid - CW-5025 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

1. Persiapkan Fisik dan Mental Kamu

Persiapkan Fisik dan Mental Kamu
Image source: Unsplash/Lesly Juarez

Memastikan fisik dan mental kamu berada dalam kondisi prima adalah hal utama harus kamu persiapkan. Usahakan tidur cukup beberapa hari sebelum pelaksanaan ospek untuk menjaga energi dan konsentrasimu.

Cari informasi sebanyak mungkin mengenai universitas, fakultas, dan program studi yang akan kamu hadapi. Hal ini berguna untuk mengurangi kecemasanmu. Jalin hubungan dengan teman-teman seangkatan sebelum ospek dimulai. Memiliki teman yang bisa diajak berbagi pengalaman bisa sangat membantu.

2. Persiapkan Dresscode

Persiapkan Dresscode
Image source: Freepik/freepik

Beberapa hari sebelum pelaksanaan ospek, pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap mengenai dresscode dari panitia ospek, mulai dari jenis pakaian, warna, dan aksesoris yang harus dikenakan.

Persiapkan semua pakaian yang diperlukan beberapa hari sebelum OSPEK dimulai. Selain pakaian utama, periksa kelengkapan lainnya seperti sepatu, ikat pinggang, atau aksesori lain yang diwajibkan.

Siapkan pakaian cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak terduga seperti pakaian kotor atau rusak. Ikuti semua panduan dresscode yang diberikan oleh panitia. Mematuhi dresscode menunjukkan kedisiplinan dan keseriusan kamu dalam mengikuti ospek.

3. Pantau Jadwal Acara

Pantau Jadwal Acara
Image source: Freepik/yanalya

Informasi mengenai jadwal acara ospek biasanya akan kamu dapatkan saat proses daftar ulang atau melalui website atau sosial media resmi yang dimiliki kampus.

Cetak dan simpan salin jadwal pada ponsel untuk memastikan kamu tidak salah jam dan lokasi terutama pada hari pertama ospek. Tandai kegiatan yang paling penting atau wajib dihadiri dengan memanfaatkan aplikasi kalender atau pengingat di ponsel.

Selain itu, perhatikan betul waktu mulai dan berakhirnya acara ospek agar kamu tahu apakah harus membawa bekal atau camilan untuk mengganjal perut.

POHAN Botol Minum Plastik Sport Water Bottle 780ml - JY0012 - White - JakartaNotebook.com
POHAN Botol Minum Plastik Sport Water Bottle 780ml - JY0012 termurah. Dapatkan dengan mudah POHAN Botol Minum Plastik Sport Water Bottle 780ml - JY0012 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Persiapkan Kebutuhan Selama Ospek

Persiapkan Kebutuhan Selama Ospek
Image source: Freepik/freepik

Selain jadwal acara, kamu juga bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dikenakan dan di bawa pada hari ospek pada laman resmi universitas.

Buat checklist untuk memastikan tidak ada hal yang tertinggal, kemudian simpan semua kebutuhan ini di dalam satu tas yang sama.

Selain itu, kamu juga harus membawa kartu mahasiswa jika memang sudah mendapatkannya. Hal ini karena di beberapa universitas meminta mahasiswa untuk menunjukkannya saat kamu memasuki gedung.

5. Atur Alarm Agar Tidak Kesiangan

Atur Alarm Agar Tidak Kesiangan
Image source: Unsplash/goumbik

Jangan lupa untuk menyetel alarm. Atur alarm 15-30 menit lebih awal dari waktu bangun untuk memberikan waktu ekstra sehingga kamu bisa bersiap-siap lebih lama.

Atur beberapa alarm cadangan dengan interval waktu tertentu untuk memastikan kamu benar-benar terbangun. Letakkan alarm di tempat yang memaksamu untuk bangun dari tempat tidur. Pilih nada dering yang cukup keras dan berbeda dari suara biasanya.

Inlife Jam Meja Bluetooth Active Speaker Alarm Clock Radio USB Charge - K11 - Black - JakartaNotebook.com
Inlife Jam Meja Bluetooth Active Speaker Alarm Clock Radio USB Charge - K11 termurah. Dapatkan dengan mudah Inlife Jam Meja Bluetooth Active Speaker Alarm Clock Radio USB Charge - K11 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Pastikan Sarapan

Pastikan Sarapan
Image source: Unsplash/Toa Heftiba

Ospek akan menjadi kegiatan paling sibuk dan juga padat yang harus dijalani mahasiswa baru. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan dan makan-makanan bergizi.

Hindari sarapan dengan makanan tinggi gula karena hal tersebut akan menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah secara cepat. Minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi.

7. Siapkan Dokumen dan Perlengkapan

Siapkan Dokumen dan Perlengkapan
Image source: Freepik/freepik

Jangan lupa bawa semua dokumen yang diperlukan seperti kartu mahasiswa, KTP, formulir kesehatan, dan bukti pendaftaran jika diminta. Bawa alat tulis seperti pensil, pulpen, dan buku catatan untuk mencatat informasi penting atau membuat catatan selama kegiatan.

Jika kamu memerlukan obat-obatan atau perlengkapan medis khusus, pastikan untuk membawanya, ya. Meskipun tidak semua kegiatan memerlukan uang, ada baiknya membawa uang tunai atau kartu pembayaran untuk keperluan mendadak.

Masa peralihan dari lingkungan sekolah ke lingkungan kampus ini memang membutuhkan waktu hingga kamu terbiasa. Untuk itu, ospek diadakan guna membantu mahasiswa baru bisa menyesuaikan diri dan mendapatkan teman.

Berada di lingkungan baru mungkin dapat membuat beberapa orang stres. Saat merasakan hal ini, kamu bisa menarik napas dalam-dalam dan ingat bahwa hari pertama terkadang memang terasa berat.

Kamu bisa mempermudah proses ini dengan membuat jadwal dan keperluan apa saja yang dibutuhkan secara lengkap. Cobalah untuk santai dan nikmati setiap momen yang akan kamu lalui selama ospek serta jangan malu untuk menyapa terlebih dahulu.

Sebelum mulai perkuliahan, jangan lupa siapkan berbagai produk fashion pria dan fashion wanita dari JakartaNotebook agar tampilan kamu semakin kece. Kunjungi JakartaNotebook sekarang dan dapatkan promo menarik lainnya.

Semoga kegiatan ospek kamu menyenangkan, ya!