8 Rekomendasi Olahraga Anak yang Seru dan Menyenangkan

Bersepeda, sepak bola, catur, adalah beberapa rekomendasi olahraga anak yang seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama di rumah.

8 Rekomendasi Olahraga Anak yang Seru dan Menyenangkan
Image source: Freepik/freepik

Apa yang kamu dan anakmu lakukan saat libur sekolah? Apakah pergi tamasya atau bersantai di rumah dengan menonton film di Netflix?

Selain dua kegiatan yang disebutkan di atas, sebenarnya ada satu kegiatan lain yang bisa kamu lakukan bersama buah hati yang tidak kalah seru, yaitu berolahraga.

Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga juga baik untuk tumbuh kembang anak, lho. Mengapa? Saat berolahraga, anak-anak dapat bereksperimen, mencoba hal-hal baru, mengasah kemampuan kognitif, dan juga meningkatkan kemampuan mereka untuk bersosialisasi.

Rekomendasi Olahraga Anak

Bahkan menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, olahraga dapat mengurangi risiko obesitas jika dilakukan rutin sejak kecil. Mendorong pertumbuhan tulang dan otot agar semakin kuat, dan paling penting bisa menjaga kesehatan mental.

Olahraga membantu anak-anak terhindar dari depresi, kecemasan berlebih serta meningkatkan kualitas tidur. Lalu apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh anak?

Berikut rekomendasi olahraga anak yang seru dan menyenangkan dan bisa kamu coba di rumah.

1. Renang

Renang
Image source: Freepik/prostooleh

Renang adalah rekomendasi olahraga pertama yang disarankan untuk anak-anak. Olahraga ini membantu memperkuat kapasitas paru-paru, memperkuat jantung, dan meningkatkan sirkulasi darah. Anak-anak yang rutin berenang cenderung memiliki stamina dan kesehatan jantung yang lebih baik​.

Berenang membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar, serta meningkatkan koordinasi tubuh secara keseluruhan karena perlunya koordinasi yang baik antara tangan, kaki, dan pernapasan.

Selain itu, anak-anak yang belajar berenang dari usia dini akan lebih nyaman dan percaya diri saat mereka harus berada di sekitar air, serta mampu menangani situasi darurat yang mungkin terjadi di kolam renang atau laut​.

2. Sepak Bola

Sepak Bola
Image source: Freepik/freepik

Salah satu olahraga paling populer di dunia yang menawarkan keseruan untuk anak laki-laki maupun perempuan, yaitu sepak bola adalah jenis olahraga selanjutnya yang bisa dicoba.

Olahraga yang melibatkan berbagai gerakan untuk memperkuat otot-otot utama di tubuh, seperti kaki, punggung, dan otot inti, bisa meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan otot anak.

​Sebagai olahraga tim, sepak bola mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kerja sama, komunikasi, dan kepemimpinan. Selain itu, sepak bola dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial mereka, seperti berinteraksi dengan rekan satu tim dan menghormati lawan​.

Balance Kacamata Renang Anti Fog - 826 - Black - JakartaNotebook.com
Balance Kacamata Renang Anti Fog - 826 termurah. Dapatkan dengan mudah Balance Kacamata Renang Anti Fog - 826 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Bersepeda

Bersepeda
Image source: Freepik/senivpetro

Olahraga lain yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru selain renang adalah bersepeda. Olahraga yang melibatkan berbagai otot, terutama otot kaki, punggung, dan inti, bisa mengembangkan kekuatan otot dan meningkatkan keseimbangan serta koordinasi pada tubuh anak.

Bersepeda bahkan membantu perkembangan keterampilan motorik halus dan kasar, karena si kecil diajarkan untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi tangan dengan mata.

Manfaat lain dari bersepeda adalah olahraga ini mengajarkan anak mengenai pentingnya keselamatan dan mematuhi aturan lalu lintas saat bersepeda di jalan.

4. Lari

Lari
Image source: Freepik/freepik

Jika kamu hobi lari, tidak ada salahnya menularkan kegiatan positif ini kepada buah hati tercinta. Mengapa? Karena lari dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, serta melatih anak-anak untuk menggerakkan tubuh mereka.

Lari secara rutin dapat meningkatkan stamina dan energi, sehingga si kecil akan lebih aktif dan bertenaga sepanjang hari. Untuk mengajak anak olahraga lari, kamu bisa memulainya dari jarak pendek terlebih dahulu dan secara bertahap meningkatkan jarak tempuh untuk menghindari cedera.

5. Basket

Basket
Image source: Freepik/freepik

Olahraga basket membantu meningkatkan kebugaran dan koordinasi pada anak. Karena basket adalah latihan yang membutuhkan gerak cepat untuk mengoper, memblokir, menembak, dan mencetak poin. Aktivitas ini membantu meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

Sebagai olahraga tim yang mengajarkan anak-anak pentingnya kerja sama, komunikasi, dan keterampilan sosial lainnya, basket dapat membangun persahabatan dan kebersamaan anak dengan teman-temannya.

6. Sepatu Roda

Sepatu Roda
Image source: Freepik/master1305

Jika anakmu mulai tertarik dengan aktivitas fisik, sepatu roda bisa dipertimbangkan. Mengapa? Karena olahraga ini membantu meningkatkan kesehatan jantung yang berguna untuk melancarkan aliran darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh.

Bahkan sepatu roda juga baik untuk organ paru-paru. Detak jantung yang meningkat akan membuat sistem pernapasan berjalan normal. Selain itu, sepatu roda juga meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, yang penting untuk perkembangan motorik anak.

Ftiier Helm Modular Sepeda Anak Full Face Bike Size S - CHF78 - Black - JakartaNotebook.com
Ftiier Helm Modular Sepeda Anak Full Face Bike Size S - CHF78 termurah. Dapatkan dengan mudah Ftiier Helm Modular Sepeda Anak Full Face Bike Size S - CHF78 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Bulu Tangkis

Bulu Tangkis
Image source: Freepik/freepik

Olahraga yang paling populer di Indonesia dan disukai oleh semua kelompok umur, yaitu bulu tangkis adalah latihan yang bisa kamu terapkan kepada anak-anak. Bulu tangkis memiliki banyak manfaat, baik dari segi fisik maupun mental.

Bulu tangkis bisa meningkatkan keterampilan motorik karena adanya koordinasi gerakan mata, tangan, dan juga kaki. Bahkan olahraga ini membantu mengembangkan kelincahan anak karena melibatkan banyak gerakan mulai dari lompatan, lari, dan ayunan raket.

Mengajarkan anak-anak tentang disiplin melalui latihan rutin dan komitmen dalam berlatih, bulu tangkis mendorong anak untuk belajar bekerja sama dalam tim dan memahami pentingnya sportivitas.

8. Catur

Catur
Image source: Freepik/freepik

Jika kamu ingin mengajarkan anak-anak berpikir kritis, meningkatkan konsentrasi, merencanakan sesuatu, dan menyelesaikan masalah, olahraga catur sangat direkomendasikan.

Membutuhkan fokus yang tinggi untuk menganalisis posisi dan merencanakan langkah berikutnya, catur membantu meningkatkan konsentrasi anak, termasuk akademis.

Catur bahkan membantu merangsang imajinasi dan kreativitas anak-anak karena mereka dilatih untuk menemukan langkah-langkah unik dan taktik tak terduga untuk mengalahkan lawan.

Itulah beberapa rekomendasi olahraga anak yang seru dan menyenangkan yang bisa diterapkan sejak dini. Pastikan dirimu juga terlibat ketika si kecil berolahraga ya, agar mereka lebih bersemangat dan termotivasi.

Jangan lupa persiapkan segala peralatan olahraga mulai dari kaos kaki, matras olahraga, sepeda, ban renang, sepatu, dan peralatan lainnya agar aktivitas si kecil berjalan dengan lancar. Kamu bisa mendapatkan seluruh peralatan olahraga yang berkualitas dan sudah pasti murahnya di JakartaNotebook.

Yuk, terapkan hidup sehat buah hati dengan berolahraga mulai sekarang!