Ini 10 Daftar Peralatan Yoga di Rumah, Wajib Kamu Punya!

Mau mulai latihan yoga di rumah? Pastikan kamu punya berbagai perlengkapan yoga yang tepat untuk memastikan kenyamanan selama latihan!

Ini 10 Daftar Peralatan Yoga di Rumah, Wajib Kamu Punya!
Image Source: Freepik/freepik

Yoga dikenal dapat mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas, serta menguatkan otot, dan dapat dilakukan oleh setiap orang di berbagai kalangan dan usia.

Yoga merupakan olahraga yang membutuhkan kombinasi latihan fisik terkait postur tubuh, pernapasan, dan meditasi, sehingga tidak salah jika yoga menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati untuk dilakukan di rumah. Tetapi mungkin kamu mendapatkan tantangan tersendiri saat memulainya karena tidak memiliki perlengkapan seperti di studio yoga.

Padahal peralatan yoga dapat membantu kamu untuk bergerak nyaman, mencapai pose yang diinginkan, dan membantu keseimbangan tubuh dengan lebih baik saat melakukannya di rumah. Untuk itu, penting bagi kamu memiliki peralatan yang tepat.

Kali ini, JakartaNotebook punya rekomendasi peralatan yoga yang bisa kamu gunakan di rumah, dan alasan kenapa kamu harus punya peralatan yoga sendiri!

Kenapa Harus Punya Peralatan Yoga Sendiri?

Kenapa Harus Punya Peralatan Yoga Sendiri?
Image Source: Freepik/freepik

Menggunakan peralatan yoga sendiri memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman dan kenyamanan selama melakukan yoga.

1. Memastikan Kebersihan

Menggunakan peralatan yoga sendiri dapat mengurangi risiko terkena kuman dan bakteri dari orang lain, terutama di studio yoga atau gym yang ramai. Kamu dapat memastikan bahwa peralatan selalu bersih sesuai standar pribadi yang penting untuk kenyamanan dan kesehatan.

2. Meningkatkan Kenyamanan dan Kualitas

Dengan memiliki peralatan sendiri, kamu dapat memilih matras, blok, tali, dan peralatan lainnya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

Kamu juga bisa memilih peralatan dengan bahan yang paling nyaman untuk kulit, misalnya matras dengan bantalan ekstra atau tali yang lembut. Selain itu, kamu dapat menyesuaikan peralatan sesuai dengan perkembangan dan perubahan dalam latihan yoga.

ENNJOY Tiang Latihan Pull Up Pintu Door Gym Bar Solid Grip - EN-02 - Black - JakartaNotebook.com
ENNJOY Tiang Latihan Pull Up Pintu Door Gym Bar Solid Grip - EN-02 termurah. Dapatkan dengan mudah ENNJOY Tiang Latihan Pull Up Pintu Door Gym Bar Solid Grip - EN-02 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Menjaga Rutinitas dan Kualitas Latihan Yoga

Memiliki peralatan yoga di rumah dapat mendorong kamu untuk berlatih lebih sering dan berlatih kapan saja di rumah. Kamu juga dapat fokus sepenuhnya pada latihan tanpa harus khawatir tentang kualitas atau kebersihan peralatan yang digunakan.

4. Memiliki Desain dan Warna Sesuai Selera

Dengan memiliki peralatan yoga sendiri, kamu bisa memilih peralatan dengan desain, warna, dan pola yang sesuai dengan kepribadian dan selera, sehingga membuat latihan lebih menyenangkan.

Menggunakan peralatan yang kamu sukai dapat memberikan motivasi tambahan untuk berlatih dengan semangat dan secara teratur.

5. Investasi Jangka Panjang

Meskipun ada biaya awal untuk membeli peralatan yoga, tetapi dalam jangka panjang ini bisa membuat kamu lebih hemat dibandingkan menyewa atau menggunakan peralatan di studio. Selain itu, peralatan yoga berkualitas tinggi yang dirawat dengan baik dapat bertahan bertahun-tahun dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Rekomendasi Peralatan Yoga Terbaik

Berikut rekomendasi berbagai peralatan yoga yang wajib kamu punya di rumah untuk memastikan kenyamanan dan memaksimalkan setiap gerak latihan yoga yang kamu lakukan!

1. Matras Yoga

TaffSPORT Matras Yoga - PROlite 60

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Matras yoga adalah peralatan utama yang dibutuhkan untuk memulai latihan yoga dengan nyaman, dan memastikan permukaan yang tidak licin untuk melakukan berbagai pose.

Penggunaan matras yoga dapat membantu melindungi tulang dan sendi dari tekanan lantai yang keras. Ini membuat latihan lebih nyaman, terutama saat melakukan gerakan yang memerlukan tumpuan pada lutut, siku, atau punggung, sehingga mencegah cedera dan memungkinkan kamu untuk fokus pada teknik yang benar.

2. Pakaian Yoga

Hecatal Sport Bra - HC805

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Menggunakan pakaian yoga yang tepat sangat penting untuk memastikan kenyamanan selama latihan yoga. Hal ini karena pakaian yoga dibuat khusus dari bahan yang ringan yang memungkinkan sirkulasi udara, dan mencegah penumpukan keringat.

Sehingga mengurangi risiko iritasi kulit dan infeksi akibat keringat yang terperangkap. Selain itu, mengenakan pakaian yoga yang pas akan menghindari kamu dari bahaya cedera, dan meningkatkan semangat karena membuat latihan yoga menjadi lebih menyenangkan.

3. Kaos Kaki Yoga

Coco Lauderly Kaos Kaki Yoga - HY037

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Kaos kaki yoga biasanya dilengkapi dengan bantalan atau pola anti-selip di bagian bawah yang membantu mencegah tergelincir dan memberikan cengkeraman tambahan saat melakukan pose di permukaan yang licin, seperti lantai kayu atau matras yoga.

Kaos kaki yoga penting digunakan untuk membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas selama latihan. Selain itu, kaos kaki yoga membantu menyerap keringat dari kaki, menjaga kaki tetap kering dan nyaman.

4. Magic Ring Yoga

TONQUU Magic Ring Resistance - TQMR023

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Magic ring yoga ini merupakan salah satu aksesoris yang dapat membantu kamu melakukan berbagai macam gerakan yoga. Menggunakannya secara rutin dengan ragam gerakan yoga dapat menghasilkan berbagai macam manfaat, seperti mengencangkan otot, mengecilkan paha bagian dalam, dan berbagai manfaat lainnya.

Agar kamu dapat melakukan berbagai macam gerakan yoga, maka ring yoga ini dibuat dengan kombinasi rangka plastik yang elastis dan lapisan busa yang empuk. Kamu pun dapat melakukan berbagai macam gerakan yoga dengan aman dan nyaman.

5. Bantalan Yoga

LOOZYKIT Bantalan Kaki Tangan Yoga - G2

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Bantalan ini berguna untuk mendukung keperluan latihan yoga sehingga lutut atau siku kamu tidak licin dan sakit saat melakukan mempraktikkan. Dengan begitu, kamu dapat melakukan gerakan-gerakan yoga lebih leluasa.

6. Roller Foam Yoga

VKTECH Roller Foam Yoga - D334

Image Source: JakartaNotebook

Roller foam membantu meregangkan otot yang kaku atau tegang, serta meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak. Roller foam dapat membuat gerakan yoga jadi lebih baik karena dapat mempersiapkan otot dan sendi.

Roller foam didesain untuk digunakan pada bagian punggung, kaki, dan bagian tubuh lainnya sesuai dengan kebutuhan.

7. Gliding Discs Yoga

DEDOMON Gliding Discs Yoga - G1

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Gliding discs berguna untuk keperluan yoga sehingga kaki dapat melakukan manuver dalam melakukan berbagai gerakan dengan lebih leluasa. Alat ini dapat menemani latihan yoga kamu menjadi aman, dan lebih menyenangkan.

 Terbuat dari bahan berkualitas yang memiliki daya tahan baik, gliding discs awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

8. Ball Yoga

Gym Ball Bola Yoga

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Menggunakan yoga ball dapat melatih keseimbangan, yang secara otomatis mengaktifkan otot inti (core) kamu. Ini membantu memperkuat otot perut, punggung bawah, dan pinggul.

Selain itu, yoga ball dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan menjaga keselarasan tulang belakang, mengurangi risiko nyeri punggung dan masalah postur lainnya.

9. Split Leg Extension Yoga

OneWord Alat Fitness Split Leg - SL342

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Didesain khusus untuk meregangkan otot kaki, kamu dapat menggunakannya dengan mudah dan aman dipakai harian. Kamu bisa mengombinasikan alat ini dengan tali agar latihan yoga lakukan lebih efektif.

Alat ini memungkinkan kamu untuk melakukan peregangan lebih mendalam yang mungkin sulit dicapai tanpa bantuan. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas otot paha dalam, hamstring, dan fleksor pinggul.

10. Stretching Belt Yoga

CALANDIS Tali Yoga Ligament - CDS-7

Image Source: JakartaNotebook

Temukan produknya di sini!

Stretching belt digunakan untuk membantu kamu saat melakukan peregangan saat yoga, pilates, ballet, atau untuk memperbaiki postur kaki. Penggunaannya sangat mudah dan terbuat dari material yang nyaman di kaki.

Desainnya adjustable sehingga bisa menyesuaikan ukuran pergelangan kaki kamu. Yoga ligament stretching belt dapat digunakan untuk pemula yang sering merasa kesulitan ketika melakukan peregangan.

Selain meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan, yoga juga dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental kamu. Untuk itu, memiliki peralatan pribadi di rumah, dapat membuat kamu lebih rutin melakukan latihan yoga.

Selain rekomendasi peralatan yoga di atas, JakartaNotebook juga punya koleksi sport & outdoor yang bisa membuat kamu bugar seperti sepeda lipat, treadmill, hingga handuk dengan promo terbaik dan harga yang pasti murahnya!