10 Rekomendasi Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa

Rekomendasi perlengkapan camping ini bisa buat waktu kumpul bersama keluarga atau teman di alam bebas jadi makin nyaman dan praktis!

10 Rekomendasi Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa
Image Source: Freepik/Tirachard

Camping bersama keluarga atau teman bisa jadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat liburan. Camping umumnya diisi dengan aneka jenis permainan yang harus dilakukan dalam tim sehingga bisa membuat kita lebih akrab dengan teman atau keluarga.

Selain merencanakan aktivitas yang menyenangkan, kamu juga tak boleh lupa menyiapkan perlengkapan camping agar bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan nyaman. Nah, jika masih bingung apa saja yang harus dibawa, berikut JakartaNotebook rangkumkan beberapa rekomendasi perlengkapan camping yang wajib kamu bawa!

Rekomendasi Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa

Mulai dari tenda hingga kotak obat, rekomendasi perlengkapan camping yang wajib dibawa ini bisa bikin waktu kumpul bersama keluarga atau teman di alam bebas tetap nyaman.

1. Tenda Camping

Tenda Camping
Image Source: JakartaNotebook

Rekomendasi perlengkapan camping pertama adalah tenda camping. Tenda jadi tempat tinggal sementara yang akan digunakan saat beraktivitas di luar ruangan. Karena fungsinya yang penting, pastikan kamu memilih tenda dengan bahan yang tebal dan tahan air sehingga bisa melindungi saat hujan.

Kamu bisa menggunakan tenda dengan besar yang sesuai dengan jumlah orang yang akan beristirahat di dalamnya, seperti tenda camping 4 orang. Jika baru pertama kali camping, pertimbangkan untuk memakai tenda camping otomatis yang bisa dibongkar-pasang dalam waktu berapa menit saja.

2. Sleeping Bag

Sleeping bag atau kantong tidur jadi rekomendasi perlengkapan camping yang tak boleh lupa dibawa. Ini karena bagian bawah tenda camping biasanya hanya menggunakan alas tipis yang kurang nyaman digunakan untuk beristirahat.

LISM Kasur Matras Angin Inflatable Bed Rhombus Sleeping Bag - LS18Z - Blue - JakartaNotebook.com
LISM Kasur Matras Angin Inflatable Bed Rhombus Sleeping Bag - LS18Z termurah. Dapatkan dengan mudah LISM Kasur Matras Angin Inflatable Bed Rhombus Sleeping Bag - LS18Z murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Menggunakan sleeping bag memungkinkan kamu untuk beristirahat atau tidur dengan nyaman karena bisa menjaga suhu atau kehangatan tubuh. Selain itu, menggunakan alat ini juga bisa mencegah serangga atau hewan kecil menggigit kulit dan mengganggu waktu tidur. 

3. Kompor Portable

Kompor Portable
Image Source: JakartaNotebook

Jika berencana memasak makanan sendiri saat camping, kamu bisa mengandalkan kompor portable. Berbeda dari kompor biasa, kompor camping hadir dengan desain portable sehingga bisa dilipat dan disimpan di dalam carrier jika tidak digunakan.

Umumnya rekomendasi perlengkapan camping ini menggunakan gas kaleng sebagai bahan bakar. Namun, kamu juga bisa menemukan kompor portable yang menggunakan parafin untuk memasak makanan dengan porsi kecil. 

4. Lampu Camping

Camping kurang lengkap jika belum berkumpul dan bercerita bersama di malam hari. Inilah kenapa lampu camping jadi rekomendasi perlengkapan camping yang wajib kamu bawa. Jenis lampu ini biasanya hadir dengan ukuran kecil sehingga mudah dibawa. 

Eits, jangan salah. Meski kecil, lampu camping dapat menghasilkan cahaya super terang sehingga bisa digunakan sebagai sumber penerangan utama. Lampu camping ini biasanya memiliki kapasitas baterai besar dan hemat listrik sehingga bisa digunakan dalam waktu lama.

5. Kursi Lipat Outdoor

Kursi Lipat Outdoor
Image Source: JakartaNotebook

Meski terlihat kurang penting, nyatanya kursi lipat outdoor jadi rekomendasi perlengkapan camping yang wajib kamu bawa, lho! Menggunakan kursi ini membuat kamu bisa duduk dan bersantai dengan nyaman.

Karena fungsinya yang penting, kamu dianjurkan untuk memilih kursi lipat outdoor dengan desain portable yang ringan sehingga mudah dibawa. Perhatikan pula jenis kain yang digunakan agar tidak cepat rusak atau jebol saat digunakan.

6. Alat Masak Outdoor

Selain compor camping, alat masak outdoor jadi rekomendasi perlengkapan camping penting jika kamu ingin memasak makanan sendiri. Alat masak ini biasanya hadir dengan ukuran compact atau model lipat sehingga mudah dibawa bepergian. 

Yofeil Set Alat Masak Outdoor Cooking Set Aluminium - DS-308 - Black - JakartaNotebook.com
Yofeil Set Alat Masak Outdoor Cooking Set Aluminium - DS-308 termurah. Dapatkan dengan mudah Yofeil Set Alat Masak Outdoor Cooking Set Aluminium - DS-308 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa memilih set alat masak outdoor yang berisi beberapa alat masak sekaligus, seperti panci, wajan, sendok nasi, spons cuci piring, dan alat makan. Beberapa produk juga dilengkapi kompor sehingga kamu tidak perlu membelinya secara terpisah. 

7. Senter LED Mini

Senter LED Mini
Image Source: JakartaNotebook

Menjelajah hutan di malam hari atau melakukan jurit malam bisa jadi pilihan aktivitas seru saat camping, maka jangan sampai lupa membawa senter LED mini. Hadir dengan ukuran kecil, senter ini sudah menggunakan lampu LED sehingga sinar yang dihasilkan tetap terang.

Senter LED mini biasanya juga dilengkapi aneka fitur canggih, seperti baterai rechargeable, proteksi waterproof, jarak penerangan luas, dan beberapa mode penggunaan sehingga cocok digunakan untuk menjelajah.

8. Alat Makan Portable

Menggunakan alat makan portable saat camping dapat menghemat tempat ruang penyimpanan di carrier atau tas lainnya. Ini karena alat makan portable biasanya menawarkan model lipat atau slim sehingga bisa disimpan di dalam kompartemen tas. 

KNIFEZER Set Alat Makan Sendok Garpu Pisau Lipat Portable Cutlery - AOTU - Silver - JakartaNotebook.com
KNIFEZER Set Alat Makan Sendok Garpu Pisau Lipat Portable Cutlery - AOTU termurah. Dapatkan dengan mudah KNIFEZER Set Alat Makan Sendok Garpu Pisau Lipat Portable Cutlery - AOTU murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Kamu bisa membawa alat makan portable jika melakukan camping dengan jumlah orang yang banyak. Hadir sebagai produk multifungsi, kamu juga bisa menggunakan alat makan portable untuk makan sehari-hari, lho!

9. Power Bank Solar

Power Bank Solar
Image Source: JakartaNotebook

Menggunakan smartphone dan gadget lain jadi hal yang tak bisa dilepaskan saat sedang camping sekalipun. Inilah kenapa power bank solar jadi rekomendasi perlengkapan camping yang wajib kamu bawa.

Berbeda dari power bank biasa yang membutuhkan stopkontak untuk mengisi ulang dayanya, jenis power bank ini dilengkapi panel surya sehingga bisa menghasilkan listrik dari sinar matahari. Sangat praktis, bukan?

10. Tikar Lipat Piknik

Rekomendasi perlengkapan camping terakhir yang wajib kamu bawa adalah tikar lipat piknik. Tikar ini bisa menjadi lapisan tambahan antara alas tenda dan sleeping bag sehingga tubuh menjadi lebih hangat saat tidur.

Kamu juga bisa menggunakan tikar lipat piknik sebagai alternatif alas saat bersantai di luar tenda jika tidak ingin membawa kursi camping outdoor.

Menggunakan perlengkapan camping yang lengkap dapat membuat waktu bersantai di alam bebas jadi lebih mudah dan nyaman. Maka pastikan kamu menyiapkan berbagai perlengkapan ini dari jauh hari sebelum berangkat, ya!