Resesi Ekonomi? Berikut 5 Hal yang Harus Kamu Siapin dari Sekarang!

Resesi Ekonomi? Berikut 5 Hal yang Harus Kamu Siapin dari Sekarang!

Tak bisa dipungkiri bahwa perekonomian memiliki peranan yang penting dalam perkembangan dan kemajuan suatu negara. Negara dikatakan maju apabila memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi, yang ditunjukkan oleh nilai produk domestik bruto atau pendapatan nasionalnya. Tak heran jika setiap negara senantiasa berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonominya demi terciptanya kesejahteraan rakyat serta sektor-sektor lain dalam negara.

Namun, terkadang kenyataan tak berjalan sesuai harapan. Pencapaian pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal yang tidak bisa dikendalikan, seperti mekanisme pasar dan lainnya. Oleh sebab itulah, ada kalanya perekonomian suatu negara memasuki masa resesi.

Apa sih resesi ekonomi itu?

Resesi ekonomi dapat dikenal sebagai masa kelesuan ekonomi. Mengutip dari Wikipedia, resesi diartikan sebagai kondisi di mana produk domestik bruto (GDP) mengalami penurunan atau pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal secara berturut-turut atau lebih dari satu tahun.

Kemerosotan tadilah yang mengakibatkan penurunan secara simultan pada setiap aktivitas di sektor ekonomi. Sebut saja lapangan kerja, investasi, dan juga keuntungan perusahaan. Dan itu semualah yang jadi momok menakutkan bagi setiap negara di dunia.

Bagaimana tidak? Resesi dari satu negara bisa berdampak begitu besar loh terhadap negara lain. Karena satu negara dengan negara lain dihubungkan oleh kegiatan perdagangan dan investasi bisnis.

Bayangkan saja kalau negara seperti Amerika Serikat. WOW! Dampaknya bisa terkontraksi ekonomi dunia.

Nah.. oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia, apa sih yang harus kita lakukan mulai sekarang demi tidak menderita sekali ketika resesi terjangkit ke Indonesia?

foto : ilustrasi
  • Siapkan Dana Darurat

Yuk mulai rajin menabung untuk berbagai kebutuhan mendadak kedepannya. Supaya ga ribet sendiri ketika membutuhkan uangnya, apalagi pas resesi, yang mau diutangin juga krisis ya kan.

  • Ubah Gaya Hidup

Kurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, yang cuma mengedepankan gaya hidup mewah. So, stop belanja barang-barang branded ya!

  • Tingkatkan Kinerja

Bekerjalah dengan baik setiap harinya agar terhindar dari PHK perusahaan. Sehingga kamu tetap mendapatkan penghasilan ketika resesi datang.

  • Lunasi Hutang

Ayoo coba dipikir-pikir masih hutang sama siapa sekarang? Kalo bisa segera lunasin deh, sebelum menumpuk dan kamu akan kelabakan sendiri ketika krisis ekonomi datang nanti.

  • Belanja Kebutuhan dari SEKARANG

Coba perhatikan sekeliling rumah atau tempat kerja, adakah perlengkapan atau peralatan pribadi jangka panjang yang sudah harus diganti atau dibeli? Beli dari sekarang di JakartaNotebook! Karena kami selalu menawarkan harga termurah dengan barang yang unik dan terlengkap! Ssstt... Mumpung lagi promo 10.10 !!

CEK SEKARANG!