10 Rincian Biaya Pernikahan Sederhana di Bawah 50 Juta

Rincian biaya pernikahan sederhana ini bisa kamu gunakan sebagai patokan untuk mewujudkan resepsi pernikahan impian bersama pasangan.

10 Rincian Biaya Pernikahan Sederhana di Bawah 50 Juta
Image Source: People

Pernikahan merupakan salah satu momen paling bahagia yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dianggap sakral dan dilakukan hanya sekali seumur hidup, kamu tentu ingin merayakan terukirnya janji suci selamanya di hari bahagia ini dengan meriah.

Namun, sebelum melaksanakan upacara sakral ini, kamu harus memikirkan semuanya secara matang. Tidak hanya tentang pasangan hidup, tetapi juga persiapan seperti tanggal pernikahan, administrasi, hingga biaya pernikahan yang akan dikeluarkan.

Meski terlihat sederhana, nyatanya biaya pernikahan mencakup banyak hal yang bahkan tidak kamu pikirkan sebelumnya. Agar kamu tidak salah hitung, ada baiknya untuk melakukan riset terkait rincian biaya pernikahan yang sesuai dengan budget.

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya hingga ratusan juta untuk mengadakan pernikahan impian. Nah, kalau kamu ingin merayakannya secara sederhana, simak rincian biaya pernikahan berikut yang bisa kamu gunakan bersama pasangan.

1. Biaya Administrasi KUA

Biaya Administrasi KUA
Image Source: Madani News

Rincian biaya pernikahan sederhana yang banyak dilupakan adalah biaya KUA. Tahukah kamu? Akad nikah yang dilakukan langsung di kantor KUA dan dilaksanakan pada hari kerja atau hari Senin sampai Jumat tidak dikenakan biaya alias gratis, lho.

Nah, kalau kamu dan calon suami ingin menikah di tempat lain atau pada hari libur, terdapat biaya administrasi yang harus dibayar, yaitu kurang lebih sebesar Rp600.000. Selain itu, ada juga biaya penghulu yang biasanya dibayar secara sukarela.

2. Biaya Seserahan atau Hantaran

Biaya Seserahan atau Hantaran
Image Source: Freepik/freepik.diller

Seserahan atau hantaran merupakan lambang kesanggupan mempelai pria memenuhi kebutuhan mempelai wanita. Seserahan biasanya berisi barang-barang yang biasa digunakan mempelai wanita, seperti makeup, tas, sepatu, skin care, dan sebagainya.

Jika ingin menghemat biaya pernikahan, kamu bisa memilih seserahan dari merek lokal yang lebih hemat kantong. Pastikan untuk mendiskusikan budget seserahan agar kamu bisa mendapatkan produk terbaik tanpa membebani pihak mempelai pria.

3. Biaya Undangan dan Souvenir Pernikahan

Biaya Undangan dan Souvenir Pernikahan
Image Source: Sebar Undangan

Undangan dan souvenir tentu tidak boleh dilewatkan saat menyiapkan pernikahan. Di era digital ini, kamu bisa memangkas biaya cetak undangan dengan menggunakan format digital dan membagikannya melalui aplikasi chatting atau media sosial.

Sementara itu, untuk souvenir pernikahan, usahakan untuk membeli langsung di penjual grosir agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Pilihlah souvenir yang gender neutral tetapi bermanfaat, misalnya alat makan, pouch, atau cermin.

4. Biaya Mahar

Biaya Mahar
Image Source: Seremoni

Mahar atau mas kawin merupakan harta yang diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita. Biasanya mahar yang diberikan berupa perhiasan, alat ibadah, hingga uang tunai yang melambangkan peristiwa atau waktu penting kedua pihak.

Oleh karena menggunakan benda berharga, biaya yang dikeluarkan untuk membeli mahar tentu tidak sedikit. Kamu bisa membuat anggaran sendiri untuk memastikan pengeluaran mahar tidak mengganggu anggaran keperluan pernikahan lainnya.

5. Biaya Cincin Pernikahan

Biaya Cincin Pernikahan
Image Source: Freepik/freepik.diller

Pilihlah cincin pernikahan dengan kualitas sebaik mungkin walaupun dengan harga yang terjangkau. Cincin pernikahan merupakan lambang janji suci pernikahan dan akan digunakan seumur hidup, tentu kamu harus menyiapkan yang terbaik.

Pertimbangkan cincin dari bahan selain emas, seperti perak atau palladium yang harganya lebih bersahabat. Namun, jika ingin menggunakan cincin emas, pilihlah cincin dengan berat tidak lebih dari 5 gram untuk menghemat budget pernikahan.

BLOONG Kotak Penyimpanan Perhiasan Storage Case Display 2 Layer - ZUZ-01 - Black - JakartaNotebook.com
BLOONG Kotak Penyimpanan Perhiasan Storage Case Display 2 Layer - ZUZ-01 termurah. Dapatkan dengan mudah BLOONG Kotak Penyimpanan Perhiasan Storage Case Display 2 Layer - ZUZ-01 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Biaya Sewa Gedung dan Dekorasi

Biaya Sewa Gedung dan Dekorasi
Image Source: Bridestory

Sewa gedung dan dekorasi merupakan pengeluaran biaya pernikahan yang paling besar sehingga harus direncanakan sejak jauh hari. Lakukanlah survey ke banyak venue pernikahan dan vendor dekorasi agar bisa menemukan harga terbaik.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan resto atau cafe dengan halaman outdoor, yang biasanya menawarkan biaya yang lebih terjangkau. Dianjurkan untuk memesan tempat 2–6 bulan sebelum hari pernikahan untuk menghindari naiknya harga sewa.

7. Biaya Catering

Biaya Catering
Image Source: IOL

Rincian biaya pernikahan lain yang harus diperhatikan adalah biaya catering. Kamu tentu tidak ingin tamu yang hadir merayakan hari bahagiamu kelaparan, bukan? Pastikan untuk memilih catering terbaik dan masih sesuai dengan budget kamu.

Biasanya para vendor catering menawarkan harga mulai Rp20.000 hingga Rp100.000 per porsi. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, kamu bisa menggunakan paket yang ditawarkan oleh venue pernikahan atau jasa catering dari teman dan saudara.

8. Biaya Busana dan Tata Rias Pengantin

Biaya Busana dan Tata Rias Pengantin
Image Source: Huffpost

Biaya busana dan tata rias pengantin juga perlu diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan karena tentu kamu dan pasangan tidak ingin terlihat seadanya saja di hari bahagia kalian. Apalagi banyak keluarga, teman, dan kerabat yang akan datang.

Jika membuat sendiri gaun dan jas pernikahan dirasa terlalu menguras kantong, jangan khawatir, kamu bisa menyewa kedua baju ini. Biaya yang dipatok pun sangat beragam mulai dari Rp 1-jutaan hingga ratusan juta tergantung model yang dipilih.

Selain itu, jangan lupa untuk memesan jasa MakeUp Artist atau MUA untuk merias wajah kamu dan calon suami agar bisa tampil memukau di hari istimewa ini. Banyak MUA yang menawarkan paket rias pengantin dan sudah termasuk keluarga inti.

Jordan&Judy Cermin Make Up Mirror LED Light Rechargeable - NV026 - White - JakartaNotebook.com
Jordan&Judy Cermin Make Up Mirror LED Light Rechargeable - NV026 termurah. Dapatkan dengan mudah Jordan&Judy Cermin Make Up Mirror LED Light Rechargeable - NV026 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

9. Biaya Hiburan

Hiburan
Image Source: Hitched

Jika kamu ingin resepsi pernikahan semakin meriah, tak ada salahnya untuk menghadirkan band atau penyanyi. Alunan musik dan nyanyian ini dapat menghibur para tamu undangan saat pengantin sibuk menyalami tamu undangan di pelaminan.

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara untuk mengisi sesi hiburan ini agar bisa lebih menghemat pengeluaran. Biasanya teman atau saudara akan memberikan harga yang lebih terjangkau karena terasa sudah mengenal dekat.

10. Biaya Dokumentasi

Biaya Dokumentasi
Image Source: Envira Gallery

Last but not least, siapkan budget untuk menyewa fotografer dan videografer untuk mendokumentasikan hari bahagiamu. Dengan foto dan video yang bagus, kamu bisa mengingat kembali setiap momen manis di masa persiapan hingga hari pernikahan.

Saat ini banyak fotografer yang menawarkan paket khusus pernikahan dengan harga yang ramah di kantong mulai dari Rp 3 jutaan saja. Harga ini sudah termasuk dokumentasi foto serta video saat prewedding hingga resepsi pernikahan.

Tabel Rincian Budget Pernikahan Sederhana di Bawah Rp 50 Juta

Setelah mengetahui detail rincian biaya yang harus disiapkan, berikut tabel rincian budget pernikahan sederhana di bawah Rp 50 juta yang bisa kamu gunakan sebagai panduan bersama calon pasangan hidup kamu.

Keterangan

Biaya

Administrasi KUA

Rp 600.000

Undangan

Rp 500.000

Souvenir

Rp 1.000.000

Seserahan

Rp 1.000.000

Mahar

Rp 5.000.000

Cincin pernikahan

Rp 5.000.000

Sewa gedung

Rp 6.000.000

Dekorasi pernikahan

Rp 5.000.000

Catering

Rp 15.000.000

Busana dan riasan pengantin

Rp 5.000.000

Hiburan

Rp 2.000.000

Dokumentasi

Rp 3.000.000

Biaya tak terduga

Rp 900.000

TOTAL

Rp 50.000.000

Itulah rincian biaya pernikahan sederhana yang harus kamu siapkan sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Selalu ingat untuk mendiskusikan semua pos anggaran bersama pasangan, serta jangan memaksakan pengeluaran di luar budget.

Selamat merencanakan pernikahan impian, Jaknoters!