Safety First! Perlengkapan yang Pesepeda Wajib Punya

Saatnya bersepeda dengan aman, gunakan 5 perlengkapan sepeda yang akan melindungi Anda dari bahaya!

Safety First! Perlengkapan yang Pesepeda Wajib Punya
Image Source: Unsplash

Bagi Anda yang hobi bersepeda jarak jauh, ada baiknya Anda menyiapkan berbagai perlengkapan keselamatan agar kegiatan bersepeda jadi lebih aman. Dengan perlengkapan yang mumpuni, Anda dapat mengurangi berbagai macam risiko fatal seperti kecelakaan di jalan ataupun berbagai masalah pada sepeda.

JakartaNotebook sudah merangkum 5 perlengkapan yang harus Anda siapkan sebelum bersepeda.

1. Helm Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Helm merupakan aksesoris sepeda yang wajib Anda gunakan baik saat bersepeda jarak dekat maupun jarak jauh. Helm akan meredam benturan pada bagian kepala sehingga saat kecelakaan terjadi dapat terhindar dari cedera yang serius.

Helm sepeda sendiri memiliki banyak ragam dan jenis yang berbeda. Ada helm sepeda saja tanpa kaca pelindung, ada juga yang lengkap dengan kaca pelindung. Jenis lainnya bahkan ada yang menambahkan lampu sepeda pada bagian fisik helm. Sesuaikan jenis helm sepeda dengan kebutuhan dan keperluan Anda saat bersepeda.

2. Lampu Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Bersepeda bisa dilakukan kapan pun, mau siang ataupun malam tak akan masalah. Namun, Anda harus menyiapkan peralatan yang wajib Anda gunakan untuk bersepeda di malam hari, salah satunya adalah lampu sepeda. Lampu sepeda terdiri dari lampu depan dan belakang. Lampu depan sepeda akan memberikan penerangan tambahan saat berjalan di dalam kondisi yang gelap dan minim cahaya sehingga Anda bisa melihat dengan jelas medan jalan yang ada di depan sehingga risiko kecelakaan dapat diminimalisir.

Sementara itu, Lampu belakang sepeda akan membuat Anda terlihat dengan jelas oleh pengguna jalan lain sehingga mereka dapat berkendara dengan lebih hati-hati.

3. Kaca Spion / Kaca Reflektor

Image Source: JakartaNotebook

Beberapa pesepeda memang masih sering abai dengan perlengkapan sepeda yang satu ini. Padahal kaca spion dapat memudahkan pesepeda saat ingin memperhatikan posisi belakang saat di perjalanan. Dengan kaca spion, Anda tidak perlu menoleh ke belakang saat ingin mengetahui posisi kendaraan lain di jalan.

4. Bel Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Tak kalah penting dari perlengkapan sepeda sebelumnya, bel sepeda juga menjadi salah satu barang wajib untuk digunakan saat bersepeda. Penggunaan bel sepeda sangat penting terutama saat bersepeda di jalan utama yang penuh dengan kendaraan. Dengan menggunakan bel sepeda, Anda bisa memberi tahu pengguna jalan lain sebagai peringatan bahwa mereka menghalangi jalan Anda.

5. Alat Reparasi Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Ban bocor dan rantai sepeda putus merupakan salah satu masalah yang sering muncul saat bersepeda. Yang menjengkelkan justru ketika kita harus mendorong sepeda cukup jauh untuk mencari bengkel sepeda yang terdekat. Di daerah-daerah tertentu bengkel sepeda sulit dicari. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan perlengkapan reparasi seperti pompa angin, kunci pas, alat tambal ban, dan lainnya.

Nah, itulah barang-barang yang wajib Anda bawa dan gunakan saat bersepeda untuk meningkatkan keamanan bersepeda. Untuk aksesoris sepeda lainnya, Anda bisa mengunjungi JakartaNotebook yang menyediakan beragam barang dengan penawaran terbaik.