Salah Satu Cara Terbaik Menikmati Hidup Adalah Camping

Kegiatan camping ternayata memiliki banyak manfaat, loh. Apa saja? Simak artikel di bawah ini ya!

Salah Satu Cara Terbaik Menikmati Hidup Adalah Camping
Source Image: Unsplash

Sekilas judul di atas terdengar seperti hal yang tidak relevan. Bahwasanya, banyak cara untuk menikmati hidup dan tidak hanya bersumber dari berjalan ke alam kemudian melakukan camping saja, bukan? Akan tetapi melakukan camping memang begitu menyenangkan, setidaknya harus masuk dalam daftar yang harus Anda lakukan setidaknya untuk sekali seumur hidup.

Pilihannya pun tidak harus ke gunung, Anda dapat melakukan camping di pinggir pantai menggunakan tenda. Keseruan dan kenikmatannya pun akan tetap sama, mungkin yang membedakan hanya panorama alam yang ada di depan mata.

Kegiatan menjauhkan diri dari hiruk pikuk kehidupan di kota yang penat ini ternyata memiliki segudang manfaat. Kira-kira apa saja manfaat tersebut ya? Simak di bawah ini.

1. Menghilangkan Stres

Source Image: Unsplash

Penat dengan pekerjaan serta kehidupan kantor dapat berimbas kepada kehidupan yang tidak baik karena stres. Hal ini tentu berbahaya jika tidak ditangani dengan benar karena dapat mengancam kesehatan fisik maupun mental. Salah satu cara mengobatinya adalah dengan melakukan camping.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu selama 30 menit di alam dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stres dan tekanan darah. Penelitian ini membandingkan kedua orang yang menghabiskan satu hari penuh di kota dan satu hari penuh di alam. Ternyata orang yang menghabiskan waktu di lingkungan alam seperti hutan memiliki kadar kortisol yang rendah, jantung lebih tenang, serta meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik dan menurunkan aktivitas saraf simpatetik.

2. Beradaptasi dengan Lingkungan

Source Image: Unsplash

Terbiasa tidur di kamar dengan fasilitas lengkap dan nyaman, tentu bukan masalah melainkan anugerah. Namun, apabila tidur di tenda beralaskan matras atau sleeping bag saja apakah Anda bisa? Jawabannya tentu bisa iya dan juga tidak. Saat camping, hal tersebut harus dilakukan sebagai bagian dari adaptasi.

Aktivitas outdoor seperti camping dapat membuat Anda belajar adaptasi dengan lingkungan sehingga lebih siap dalam menghadapi kehidupan, serta fleksibel dengan berbagai kegiatan. Proses adaptasi ini merupakan salah satu pembelajaran yang baik bagi diri sendiri.

3. Dapat Mengenal Teman Lebih Dekat

Source Image: Unsplash

Melakukan camping bersama teman adalah hal yang seru dan menyenangkan. Karena Anda dapat melakukan berbagai kegiatan bersama-sama. Terlebih, tidak adanya sinyal membuat Anda tidak terfokus bermain media sosial di smartphone, dan berbincang pun menjadi sebagai salah satu aktivitas utama dan hiburan. Tak ayal, banyak orang yang dapat mengenal lebih dekat dengan orang lain ketika berada di alam.

4. Belajar Menghargai Alam

Source Image: Unsplash

Salah satu manfaat lain yang dapat Anda rasakan ketika melakukan camping adalah dapat menghargai alam secara penuh. Membuat Anda lebih aware terhadap lingkungan serta keseimbangan alam. Hal ini biasanya dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan karena tindakan tersebut dapat ‘melukai’ alam. Seperti halnya peringatan di berbagai gunung yang mengatakan, “pendaki gunung yang baik tidak pernah meninggalkan sampah apa pun kecuali jejak”.

5. Menambah Pengalaman Baru

Source Image: Unsplash

Pengalaman adalah suatu pembelajaran berharga yang tak ternilai. Banyak hal yang dapat dipelajari secara seksama dari sebuah pengalaman. Bagi Anda yang masih ragu untuk camping, dapat memberanikan diri dan mencobanya. Setelah memberanikan diri, siapkan beberapa alat seperti senter, tas, perlengkapan masak, logistik, hingga kondisi fisik.

Namun tidak semua pengalaman camping menyenangkan, pasti ada suka dan juga duka. Kedua hal tersebut dapat menjadi pembelajaran yang penting bagi hidup Anda. Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik untuk camping?