Ini Dia 5 Sayur untuk Jus, Sehatkan Tubuh Luar Dalam

Bosan dengan jus yang biasa? Sudah saatnya kamu mencoba sayur untuk jus yang kaya manfaat untuk tubuh yang sehat sekaligus kulit cantik.

Ini Dia 5 Sayur untuk Jus, Sehatkan Tubuh Luar Dalam
Image Source: Freepik/Master1305

Tak hanya buah, ternyata sayur juga bisa untuk diolah menjadi jus. Jus sayur menjadi minuman yang populer dan direkomendasikan oleh para pegiat gaya hidup sehat karena dapat mempercantik kulit dan menurunkan berat badan.

Namun, tak semua sayur untuk jus cocok di lidah. Oleh karena itu, kamu jangan asal mengolah sayuran menjadi jus, karena jika salah, kamu tak akan mendapatkan manfaat gizi dan nutrisi yang tepat.

5 Jus Sayur yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Untuk kamu yang ingin mencoba mengolah sayuran menjadi jus, ini dia rekomendasi 5 sayur untuk jus beserta manfaatnya bagi tubuhmu.

1. Jus Sayur Bayam

sayur untuk jus bayam
Image Source: Freepik/Racool_studio

Bayam adalah sayur untuk jus yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Selain itu, bayam juga mampu memberikan dosis anti oksidan seperti quercetin, kaempferol, dan lutein.

Jus bayam memiliki rasa yang lezat, menyegarkan, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Jus Sayur Brokoli

sayur untuk jus brokoli
Image Source: Freepik/Freepik

Jus brokoli mengandung vitamin C dan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Kedua nutrisi ini dapat membantu mencegah kerusakan sel dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Menjadikan brokoli sebagai sayur untuk jus juga memberikan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan dapat membantu dalam penyerapan kalsium serta menjaga kepadatan tulang yang sehat.

Kandungan lain yang ada dalam jus brokoli adalah senyawa sulforaphane. Senyawa ini dapat membantu melindungi jantung dan mencegah kerusakan arteri. Senyawa ini juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

TALOFA Gelas Minuman Kaleng Bubble Tea 400ml - TL40 - Transparent - JakartaNotebook.com
TALOFA Gelas Minuman Kaleng Bubble Tea 400ml - TL40 termurah. Dapatkan dengan mudah TALOFA Gelas Minuman Kaleng Bubble Tea 400ml - TL40 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Jus Sayur Wortel

sayur untuk jus wortel
Image Source: Freepik/Jcomp

Wortel memiliki rasa yang sedikit manis dibandingkan sayuran lain sehingga cocok dipilih sebagai sayur untuk jus. Selain karena rasanya, wortel juga memiliki banyak kandungan vitamin.

Vitamin A misalnya, vitamin ini penting untuk kesehatan mata. Dapat membantu menjaga retina dan kornea tetap sehat serta mencegah penyakit mata seperti xerophthalmia hingga katarak.

Vitamin C dan anti oksidan juga terkandung dalam jus wortel sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Mencampurnya dengan seledri, apel, atau jahe juga bisa menambah nilai gizi dan kenikmatannya.

4. Jus Sayur Seledri

sayur untuk jus seledri
Image Source: Freepik/All Item Stock

Jus sayur seledri adalah minuman yang dihasilkan dari perasan seledri segar. Seledri kaya akan nutrisi seperti vitamin K, vitamin C, folat, dan kalium. Minuman ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Seledri mengandung senyawa fitokimia seperti apigenin dan luteolin yang memiliki sifat antiinflamasi dan anti-kanker. Seledri sebagai sayur untuk jus dapat membantu menjaga tekanan darah karena kandungan kaliumnya yang tinggi.

Selain itu, serat dalam seledri mendukung pencernaan yang baik dan membantu mengontrol nafsu makan. Dengan konsumsi rutin, jus sayur seledri dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan umum.

FRESH JUICE Blender Portable Mini Juicer Rechargeable 1400mAh 350ml - 214B - White - JakartaNotebook.com
FRESH JUICE Blender Portable Mini Juicer Rechargeable 1400mAh 350ml - 214B termurah. Dapatkan dengan mudah FRESH JUICE Blender Portable Mini Juicer Rechargeable 1400mAh 350ml - 214B murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Jus Sayur Kale

sayur untuk jus kale
Image Source: Freepik

Jus sayur kale adalah minuman yang terbuat dari daun kale yang segar. Kale adalah salah satu superfood yang paling bergizi, mengandung vitamin A, C, dan K, serta serat, zat besi, kalsium, dan antioksidan.

Sayur untuk jus ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung kesehatan mata, kulit, dan tulang, serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker.

Selain itu, jus kale dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan menjaga berat badan yang sehat. Minuman ini merupakan tambahan nutrisi yang luar biasa untuk pola makan seimbang.

Mungkin akan terasa aneh bagi kamu yang baru mencoba sayur untuk jus. Agar lebih enak, kamu bisa mencampurkan sayuran dengan buah lainnya. Gunakan blender portable untuk proses pembuatan jus yang praktis.

Satu yang perlu kamu ingat adalah, sayur untuk jus tidak boleh menggantikan asupan sayuran yang utuh dan seimbang dalam makanan sehari-hari. Jadi, kamu juga harus tetap mengonsumsi sayuran seperti biasa tanpa diolah menjadi jus.