Sejarah Vampire Cina Jiang Shi yang Adaptasi Filmnya Mewarnai Masa Kecil Kamu

Jiang Shi bukan muncul semata-mata dari ide penulis atau sutradara film, sejarahnya dimulai lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Sejarah Vampire Cina Jiang Shi yang Adaptasi Filmnya Mewarnai Masa Kecil Kamu
Image Source: Reddit

Bagi kamu yang lahir tahun 80 sampai 2000 awal, pasti nggak asing dengan tayangan vampir yang melompat.

Film yang biasanya ditayangkan pada siang hari ini, bisa dibilang menjadi film favorit yang terus diputar berulang kali.

Image Source: YouTube

Alur yang menarik dan genre komedi yang dibawakan menjadi daya tarik tersendiri. Terbukti film Mr. Vampire bahkan sampai memiliki banyak sequel.

Namun, berbeda dengan vampir barat yang kita ketahui melalui film Twilight dengan tampilan seperti manusia pada umumnya, memiliki gaya bangsawan Eropa, mencari mangsa darah manusia dan takut terhadap sinar matahari.

Vampire Cina atau Jiang Shi (yang diartikan sebagai mayat kaku) biasanya menggunakan pakaian resmi zaman Dinasti Qing, melompat-lompat, memangsa jiwa manusia dan akan diam saat menempelkan jimat pada kening mereka.

Meskipun vampir yang melompat terdengar seperti sebuah komedi, Jiang Shi seperti yang diceritakan pada film, memiliki kemampuan lompatan yang hebat dan cepat. Ia bisa saja mengejar atau tiba-tiba muncul di belakang kamu!

Jiang Shi bukan muncul semata-mata dari ide penulis atau sutradara film, sejarahnya dimulai lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Di mana pada kekaisaran pertama Tiongkok yang berada pada proses menaklukkan negara-negara Tiongkok menyebabkan banyak prajurit yang tewas dalam pertempuran untuk menjaga perbatasan negara dan melawan pasukan musuh.

Keluarga mereka yang tidak mampu mengirim jenazah kembali ke rumah, meminta bantuan guru Tao untuk melakukan ritual suci untuk menghubungkan tubuh dan jiwa almarhum.

Mereka kemudian akan memberi orang yang meninggal itu serangkaian instruksi khusus berupa jimat yang berisi nama dan tanggal lahir untuk memungkinkan mereka kembali ke rumah.

Sebenarnya, sangat tidak mungkin bahwa salah satu Jiang Shi pernah pulang ke keluarga mereka. Keluarga yang berduka berasumsi bahwa ada sesuatu yang sangat tidak beres dalam ritual yang dilakukan.

Di mata mereka, anggota keluarga yang telah meninggal itu telah dihidupkan kembali, tetapi mereka telah kehilangan bagian terbaik dari jiwa mereka, dan sejarah Jiang Shi yang digambarkan seperti vampir ini mulai muncul.

Mereka dipercayai muncul pada malam hari dan disebabkan karena kematian yang kejam atau bunuh diri, penguburan yang tidak tepat atau penguburan yang terlambat.

Versi lain menyebutkan bahwa penyebab mayat yang dapat berubah menjadi vampir dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu orang yang baru saja mati, atau mayat yang lama terkubur tapi tidak membusuk.

Cerita lain menyebutkan bahwa Jiang Shi ini muncul karena faktor transportasi. Di mana pada zaman dahulu, orang yang meninggal harus dikuburkan di tempat yang jauh dari penduduk, atau lokasi kampung halaman yang jauh. Untuk mengatasi masalah ini, banyak yang meminta guru Tao untuk yang mengajarkan para mayat ini dapat berjalan sendiri ke pemakaman atau kampung halaman mereka.

Dikarenakan kondisi yang sudah kaku, para guru ini akan mengikat tangan serta pergelangan kaki mayat, dan memposisikan bagian tangan ke depan, menggunakan kursi pikul.

Sejarah lain menyebutkan bahwa tampaknya terdapat orang-orang yang berspesialisasi untuk menangani pengangkutan jenazah kembali ke rumah leluhur mereka.

Image Source: Wikipedia

Corpse drivers (atau pengemudi mayat) ini mengangkut mayat dengan peti mati yang diikatkan pada tiang bambu yang disandarkan di pundak dua pria. Saat mereka melakukan perjalanan, tiang-tiang bambu itu akan bengkok, dan menyebabkan mereka terlihat seperti melompat-lompat.

Ritual ini akan dilakukan pada malam hari sambil terus membacakan doa dan membunyikan lonceng sebagai tanda.

Malam hari dipilih untuk meminimalkan efek pembusukan. Selain itu, untuk meminimalkan bertemu orang yang masih hidup, karena bertemu dengan orang mati dianggap sebagai nasib buruk.

Jiang Shi digambarkan dengan kulit putih pucat, gigi tajam bergerigi, dan memiliki kuku yang panjang sebagai senjata.

Image Source: YouTube

Seperti yang ditampilkan pada film, cara untuk mengatasi serangan Jiang Shi ini adalah dengan menahan napas. Hal ini karena Jiang Shi memiliki kemampuan untuk mencari kehidupan melalui napas manusia.

Cara lain adalah dengan menempelkan simbol Tao di dahi mayat tersebut dan menyebabkan Jiang Shi lumpuh sehingga tidak akan bisa lagi melompat.

***
Itu dia sejarah tentang vampir Jiang Shi yang menemani masa kecil kamu. Jika kamu merasa rindu dengan film Jiang Shi, kamu bisa menonton ulang dan jangan lupa untuk menggunakan speaker untuk pengalaman terbaik saat kamu bernostalgia menonton ulang film masa kecil.


Sumber:

Jiangshi: The terrifying Chinese hopping vampires Jiangshi: The terrifying Chinese hopping vampires | History 101

Sejarah Vampir Cina! Awalnya Prajurit Tewas Yang Disuruh Pulang Sendiri? | Learning By Googling #85 Sejarah Vampir Cina! Awalnya Prajurit Tewas Yang Disuruh Pulang Sendiri? | Learning By Googling #85 - YouTube

The Living Dead: Chinese Hopping Vampires The Living Dead: Chinese Hopping Vampires | Ancient Origins (ancient-origins.net)

Jiang Shi 僵尸 (jiāng shī) Jiang Shi 僵尸 (jiāng shī) - China Beasts and Legends