Selalu Jaga Kebersihan Gigi Kamu Selama Puasa

Berpuasa sendiri memang membuat produksi cairan dalam mulut berkurang. Hal ini lah yang kebanyakan membuat bau mulut muncul.

Selalu Jaga Kebersihan Gigi Kamu Selama Puasa
Image Source: DCStudio

Saat masih kecil, kamu pasti selalu diingatkan untuk menyikat gigi secara menyeluruh 2 kali sehari. Pagi saat bangun tidur, dan malam sebelum tidur.

Tidak jarang, meskipun ketiduran, kamu akan dibangunkan karena belum sikat gigi sebelum tidur!

Sebenarnya seberapa penting sih kita harus menjaga kesehatan gigi?

Banyak dari kita yang mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Padahal, memiliki gigi yang sehat sama saja seperti menjaga kesehatan tubuh.

Membiarkan gigi yang kotor bisa membuat makanan menjadi menumpuk, dan dapat menyebabkan pembusukan serta infeksi. Masalah lain juga dapat terjadi seperti pembengkakan gusi, terbentuknya plak, atau gigi berlubang.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyatakan bahwa mayoritas masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak, berlubang atau sakit sebanyak 45.3%. Serta tercatat rata-rata masyarakat Indonesia pada usia 35–45 sudah kehilangan 2 giginya.

Memiliki gigi yang sehat, sama artinya dengan memiliki mulut yang bersih, dan nafas segar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Senyum yang kamu berikan akan lebih indah bila disertai dengan nafas yang segar.

Perasan ragu untuk mengungkapkan sesuatu karena bau mulut terkadang manahan kamu, terutama ketika kita kurang mendapatkan cairan, seperti saat sedang berpuasa.

Berpuasa sendiri memang membuat produksi cairan dalam mulut berkurang. Hal ini lah yang membuat bau mulut muncul. Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi air dengan jumlah yang cukup ketika waktu berbuka dan sahur.

Hindari makanan yang dapat menyebabkan munculnya bau mulut dan pastikan untuk pergi ke dokter gigi sesuai anjuran, yaitu setiap 6 bulan sekali.

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidak langsung menggosok gigi setelah makan. Disarankan untuk menunggu selama 30 hingga 60 menit, untuk membiarkan air liur menetralkan area mulut. Ini dikarenakan kadar asam di pada mulut akan meningkat, dan gigi sedang berada di kondisi yang lemah.

Mulai dari langkah kecil dengan merawat gigi kamu dan keluarga sedini mungkin dapat menjadi langkah untuk menghemat pengeluaran, loh.

Biaya yang harus dikeluarkan ketika masalah gigi muncul tidaklah murah. Mulai rutin periksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali dapat menjadi perhitungan yang lebih bijak untuk terus menjaga gigi dan kantong kamu.

Selain itu, memiliki alat yang dapat mendukung gigi serta kesehatan mulut kamu juga sangat penting.

Pencarian produk pembersih gigi | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian pembersih gigi. pembersih gigi yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.

JakartaNotebook punya rekomendasi yang bisa jadi sarana kamu, untuk terus merawat dan memelihara kesehatan gigi dengan harga yang pasti murahnya!