Seni Ukir Kayu yang Menakjubkan di Indonesia, Ini Faktanya!

Seni Ukir Kayu yang Menakjubkan di Indonesia, Ini Faktanya!

Seni ukir kayu seperti apa yang paling keren menurutmu?

Kesenian yang ada di Indonesia tentu terdiri dari berbagai macam jenis. Selain seni musik maupun tari, ada juga seni karya berupa barang seperti seni ukir kayu. Selain karena mudah didapat dan relatif mudah diukir, material kayu menarik minat para seniman dan desainer bahkan sejak berabad-abad yang lalu. Kayu yang digunakan sangat bervariasi, tergantung tingkat kekerasan dan seratnya.

Kayu yang paling umum digunakan termasuk boxwood, pinus, pir, walnut, willow, oak, dan ebony.Sejak kayu dipoles dan diwarnai hingga apresiasi terhadap kualitas dan tekstur alaminya, kayu tidak hanya mengambil bentuk yang dibayangkan seniman tetapi juga dihargai karena memiliki kualitas estetika yang tidak berubah.

Mengukir kayu adalah bentuk pengerjaan kesenian dengan menggunakan alat pemotong atau pisau khusus. Alat ini juga dikenal dengan sebutan alat ukir kayu. Alat ini juga digunakan bersama dengan sebuah palu di tangan lainnya sehingga menghasilkan penggambaran bahkan patung berbahan kayu yang merupakan bagian dari seni ukir kayu. Seni ukir kayu mencakup segala jenis patung di kayu, mulai dari relief dekoratif pada benda-benda kecil hingga figur berbentuk bulat, furnitur, dan dekorasi arsitektur.

Dalam perkembangan waktu yang cukup lama di seluruh dunia, seperti seni ukir kayu topeng dan patung di suku-suku Afrika, seni ukir kayu Eropa yang sangat berkembang di Skandinavia, dan juga seniman kayu Jerman yang menciptakan patung dan altar yang monumental pada abad ke-15 dan ke-16. Di Indonesia, seni ukir kayu hadir dan diwujudkan pada dinding-dinding arsitektur. Hal ini juga terlihat dari seni bangunan percandian yang memiliki karya-karya batu ornamentik yang indah. Lalu, pengembangan seni ukir kayu dipertahankan sehingga mencapai puncak perkembangannya pada zaman keemasan kerajaan Majapahit di Jawa Timur.

Berikut adalah beberapa contoh karya seni ukir kayu yang menakjubkan di Indonesia!

Seni Ukir Kayu yang Menakjubkan di Indonesia, Ini Faktanya! - Suhtterstock
  1. Seni Ukir Jepara yang Mirip Pola Batik

Ukiran kayu yang menakjubkan dari Indonesia adalah pola ukiran tradisional khas bergaya Jawa. Karakteristik umum dari seni ukir kayu dari Jawa ini biasanya merupakan penerapan elemen-elemen alam berupa tumbuhan pada polanya seperti kelopak bunga, dedaunan, hingga pola rempah. Mirip juga dengan pola-pola yangs ering kita jumpai pada Batik khas Jawa. Untuk seni ukir ini sendiri sering ditemukan pada perabot atau dekorasi interior khas Jepara yang masih menjadi favorit masyarakat saat ini.

2. Seni Ukir Papua Berpola Manusia

Berbeda dengan ukiran kayu khas Jawa, salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keindahan dan kekayaannya adalah Papua. Namun, di Papua sendiri bisa dijumpai berbagai suku dengan gaya ukir yang berbeda. Pada umumnya, pola khas Papua memiliki bentuk-bentuk manusia dan juga totem dengan material kayu yang berwarna gelap.

3. Seni Ukir Bali dengan Vibes Hindu

Selain seni ukir kayu khas Jawa dan Papua, ukiran tradisional Indonesia yang juga sangat khas dan populer adalah ukiran khas Pulau Bali. Namun, saat ini pola ukiran mereka lebih banyak diaplikasikan pada material batu. Ciri khas dari pola ukir ini adalah bentuknya yang sangat simetris dan sarat akan motif-motif dari ajaran Hindu-Bali.

Kamu ingin mencoba mempelajari karya seni ukir kayu yang indah seperti di atas? Gunakan peralatan ukir kayu pilihan ini dari JakartaNotebook. Yuk segera dapatkan harga hematnya!