Sering Salah, Begini Cara Memotong Kuku yang Bersih dan Rapi

Kebanyakan orang masih menerapkan cara yang salah ketika mengunting kuku. Untuk mengetahui apakah cara mengunting kukumu sudah benar, yuk simak artikel di bawah ini!

Sering Salah, Begini Cara Memotong Kuku yang Bersih dan Rapi
Image Source: Unsplash

Memotong kuku merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Kuku yang panjang akan berpotensi menyebabkan infeksi karena penumpukan kotoran dan bakteri di sela-sela kuku.

Memotong kuku sebaiknya dilakukan dengan benar dan tak asal-asalan karena nantinya akan berbahaya bagi kuku. Banyak masalah yang akan muncul karena kurang tepat memotong kuku, di antaranya adalah bintil kuku (hangnail) atau kuku kaki yang tumbuh ke dalam (ingrown toenail).

Agar kondisi tersebut tidak terjadi, yuk simak tips untuk memotong kuku dengan baik dan benar.

1. Melunakkan Kuku

Image Source: Pexels

Kondisi kuku yang baik untuk dipotong adalah ketika kuku basah. Ketika basah, kuku akan melunak sehingga mudah untuk dipotong. Kuku yang kering cenderung lebih keras dan kuat sehingga berpotensi menyebabkan luka setelah digunting.

Disarankan untuk menggunting kuku setelah mandi karena kondisi kuku masih basah. Atau, Anda bisa merendam kuku selama beberapa menit untuk melunakkan kuku sehingga mudah dipotong.

2. Potong Kuku secara Lurus

Image Source: Pexels

Salah satu kebiasaan yang sering Anda lakukan ketika menggunting kuku adalah mengguntingnya dengan mengikuti lengkungan kuku bukan? Jika iya, Anda harus mengubah kebiasaan tersebut karena lebih rentan memicu cantengan.

Anda dapat memotong kuku dengan arah lurus sehingga hasil potongan kuku berbentuk persegi, bukan oval.

3. Haluskan dengan Mengikir Kuku

Image Source: Tempo.co

Setelah selesai menggunting kuku, Anda harus mengikir atau menghaluskan kuku terlebih dahulu agar hasil potongan menjadi lembut. Selain itu, proses mengikir kuku juga akan membuat kuku Anda terlihat rapi dan sehat.

Kikir kuku dengan satu arah dari pangkal satu ke pangkal yang lainnya. Kikir kuku secara perlahan dan hindari mengikirnya secara bolak balik atau terlalu ditekan karena akan menyebabkan penipisan pada kuku.

4. Jangan Menggunting Kutikula

Image Source: hallosehat

Apakah Anda pernah mendengar tentang kutikula? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, kutikula adalah lapisan tipis kulit mati bening yang terletak di pangkal kuku. Kutikula berperan penting untuk melindungi kuku dari kotoran dan bakteri yang bisa masuk ke kuku.

Karena hal tersebut, sebaiknya Anda tak memotong kutikula. Selain berisiko masuknya kotoran ke kuku, memotongnya juga dapat menghambat pertumbuhan kuku dan menimbulkan bintik-bintik hingga kerutan pada kuku.

5. Pilih Alat yang Tepat

Image Source: NationalToday

Ketika menggunting kuku, pastikan Anda menggunakan alat yang tepat yaitu gunting kuku, bukan alat tajam yang lain seperti pisau ataupun silet. Jika Anda menggunakan alat selain gunting kuku, risiko kuku Anda akan terluka menjadi lebih tinggi.

Pastikan Anda menggunakan gunting kuku yang tepat. Anda bisa memilih berbagai macam gunting kuku dan alat perawatan kuku lainnya di JakartaNotebook. Dengan menggunakan gunting kuku yang tepat, kuku Anda pun akan terlihat rapi dan sehat.