6 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik, Cepat Hilangkan Kusut!

Simak beberapa rekomendasi setrika uap terbaik dari JakartaNotebook jika kamu ingin proses merapikan pakaian yang lebih cepat dan efisien!

6 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik, Cepat Hilangkan Kusut!
Image Source: The Spruce/Michelle Becker

Apakah kamu kurang suka menyetrika baju karena merepotkan dan memakan waktu lama? Jangan khawatir! Kini kamu dapat ucapkan selamat tinggal pada setrika biasa dengan beralih menggunakan setrika uap terbaik.

Berbeda dengan setrika konvensional yang menggunakan panas langsung dari permukaan logam, setrika uap menghasilkan uap air yang kemudian disalurkan melalui plat setrika untuk melembutkan serat kain.

Setrika uap bekerja dengan cara memanaskan air dalam tangki yang terhubung ke setrika. Ketika air sudah dipanaskan dan berubah menjadi uap, uap tersebut lalu dilepaskan melalui plat setrika ke pakaian.

Lantas, apa saja manfaat menggunakan setrika uap dibandingkan menggunakan setrika biasa? Simak keunggulan setrika uap serta deretan rekomendasinya berikut ini, yuk!

Manfaat Menggunakan Setrika Uap

Manfaat Menggunakan Setrika Uap
Image Source: Freepik

Setrika uap terbaik memiliki beberapa keunggulan dalam menyetrika pakaian dibanding setrika biasa, antara lain:

  1. Menghilangkan kusut dengan mudah. Setrika uap menggunakan uap air untuk melunakkan serat kain, sehingga kusut pada pakaian lebih mudah dihilangkan dibandingkan dengan setrika biasa.
  2. Efisiensi waktu. Proses menyetrika dengan setrika uap cenderung lebih efisien dibandingkan dengan setrika konvensional karena uap air membantu menghilangkan kusut dengan lebih cepat.
  3. Kualitas kain terjaga. Penggunaan uap meminimalkan kerusakan pada pakaian karena uapnya tidak langsung mengenai serat kain, sehingga dapat mengurangi risiko panas berlebih atau mengkilap pada jenis kain tertentu.
  4. Menghilangkan bau dan bakteri. Uap panas dapat membantu menghilangkan bau pada pakaian dan membunuh bakteri yang ada pada kain.
  5. Mengurangi penggunaan bahan kimia. Penggunaan uap air dalam menghaluskan serat kain dapat mengurangi ketergantungan pada semprotan penghalus.
  6. Pakaian lebih rapi. Oleh karena uapnya dapat menembus lebih dalam ke serat kain, setrika uap sering dapat menyetrika pakaian dengan lebih rapi dan halus.

Rekomendasi Setrika Uap Terbaik

Dengan banyaknya model setrika uap terbaik di pasaran, mencari yang sesuai kebutuhan memang menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa rekomendasi setrika uap terbaik yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Deerma Setrika Uap Portable - HS100

Deerma Setrika Uap Portable  - HS100
Image Source: Jakartanotebook

Tidak perlu khawatir tangan pegal saat sedang menyetrika baju sebab setrika uap ini memiliki desain ergonomis sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama.

Panasnya yang mencapai suhu hingga 160°C membuat setrika uap Deerma mampu menembus serat kain lebih dalam sehingga baju pun akan lebih cepat rapi.

Teknologi pre-heat yang diusungnya memungkinkan setrika siap digunakan dalam waktu kurang dari 1 menit sehingga kamu dapat menghemat waktu saat menyetrika.

2. Tobi Travel Steamer

 Tobi Travel Steamer
Image Source: Tobi

Bentuknya yang menyerupai doplhin memungkinkan pengguna untuk menghilangkan kusut secara vertikal dengan lebih mudah.

Tidak perlu khawatir pakaian akan bolong karena suhu setrika yang terlalu panas sebab uap yang dihasilkan setrika ini aman untuk berbagai jenis pakaian.

Setrika uap satu ini cocok menjadi teman bepergianmu dan tidak akan membuat tas traveling menjadi penuh berkat bobotnya yang ringan dan desainnya yang ergonomis.

3. Setrika Uap Lipat Portable 2 in 1

 Setrika Uap Lipat Portable 2 in 1
Image Source: Setrika Uap Lipat Portable 2 in 1

Desainnya yang dapat dilipat tidak akan memakan banyak ruang saat disimpan, sangat cocok untuk kamu yang sering traveling.

Fungsi pengaturan suhu yang dimilikinya semakin memudahkan pengguna dalam menyetrika karena dapat menyesuaikan pada jenis kain yang disetrika.

Tidak hanya itu, setrika ini juga dapat digunakan sebagai setrika biasa. Saat ingin menggunakannya sebagai setrika uap, cukup isi air ke dalam wadah. Praktis sekali bukan?

4. Karsah Setrika Uap Mini - HX-6168

Karsah Setrika Uap Mini - HX-6168
Image Source: Jakartanotebook

Apa kamu mencari setrika uap berukuran minimalis agar dapat dibawa traveling dengan mudah? Setrika uap dari Karsah ini adalah solusi yang tepat!

Walaupun ukurannya mini, setrika ini mampu menghilangkan kusut dengan cepat berkat kemampuannya dalam menghasilkan suhu panas hingga 170°C.

Sistem keamanan yang dibawanya memungkin setrika untuk mengatur suhu yang dihasilkan sehingga baju kesayanganmu tidak akan berlubang karena overheating.

5. GM Bear Setrika Uap - 1035

GM Bear Setrika Uap - 1035
Image Source: GM Bear

Kini menyetrika dapat lebih efisien sebab setrika uap GM Bear dapat menjangkau sisi-sisi pakaian yang sulit dijangkau oleh setrika biasa.

Berkat alas keramik yang diusungnya, setrika akan panas dengan cepat sehingga dapat menghemat waktu. Cocok untuk kamu yang perlu gerak cepat setiap saat.

Dibekali dengan pengaturan suhu yang berbeda untuk setiap jenis kain, setrika ini memungkinkan pakaian kesayanganmu dapat lebih terjaga dari suhu panas.

6. Zanjia Setrika Uap Genggam - GT-306LW

Zanjia Setrika Uap Genggam - GT-306LW
Image Source: Jakartanotebook

Dilengkapi dengan tombol steam steam stop reaction, kamu dapat mengatur uap yang digunakan sesuai kebutuhan tanpa takut akan uap berlebih.

Setrika Zanjia dibekali dengan 3 proteksi keamanan, yaitu proteksi suhu, sekring, dan anti kering, sehingga tidak perlu khawatir suhu setrika akan menjadi terlalu panas.

Dengan setrika uap ini, kamu dapat menyetrika baju dengan cara diletakkan di alas atau pun menggantungnya.

Saat memilih setrika uap terbaik, pertimbangkan hal seperti kapasitas tangki air, waktu pemanasan, kemudahan penggunaan, serta fitur-fitur tambahan seperti pengaturan suhu, perlindungan anti-tetesan, dan keamanan pengguna.

Untuk mendukung kemudahan organisir pakaian dan barang lain, Anda juga bisa menambahkan peralatan pendukung lain, seperti travel bag, keranjang baju kotor, kotak organizer, gantungan baju, hingga gantungan tempel dinding.