Sinar UV: Manfaat dan Bahayanya untuk Tubuh Manusia

Sinar UV ternyata mempunyai manfaat serta dampak yang buruk bagi manusia. Apa saja? Simak artikel berikut.

Sinar UV: Manfaat dan Bahayanya untuk Tubuh Manusia
Image Source: Unsplash

Beberapa hari belakangan kondisi cuaca sedang panas-panasnya, hal tersebut disebabkan karena sinar UV yang sedang ekstrem bahkan masuk ke level bahaya.

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang sinar UV. Tapi, apakah kamu tahu apa itu sebenarnya sinar UV?

Sinar UV (Ultra Violet) adalah radiasi elektromagnetik yang ditemukan pada spektrum cahaya matahari. Sinar UV terbagi menjadi tiga jenis, yaitu UV-A, UV-B, dan UV-C. UV-A dan UV-B adalah sinar UV yang paling sering terpapar pada manusia, sementara UV-C biasanya tidak menembus atmosfer bumi.

Dalam jumlah yang cukup, sinar UV bisa menjadi manfaat untuk manusia. Lalu, apa saja manfaat dari sinar UV?

Manfaat Sinar UV

Sinar UV memiliki beberapa manfaat penting, terutama dalam membantu tubuh kita menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Ketika sinar matahari menyentuh kulit, tubuh kita memproduksi vitamin D.

Selain itu, sinar UV juga digunakan untuk membunuh bakteri dan virus di udara dan permukaan benda. Sinar UV juga digunakan dalam terapi cahaya untuk mengobati beberapa kondisi kulit seperti psoriasis, vitiligo, dan penyakit kulit lainnya.

Sinar UV juga bisa digunakan sebagai sterilisasi untuk beberapa industri, seperti makanan dan farmasi karena sinar UV dapat membunuh mikroorganisme.

Jika manusia menerima sinar UV dengan jumlah yang cukup dapat bermanfaat, bagaimana jika sinar UV yang diterima terlalu berlebih? Jawabannya tentu saja bisa berbahaya bagi manusia.

Bahaya Sinar UV

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat merusak kulit, menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Sinar UV dapat menyebabkan terbakarnya kulit atau sunburn, yang seringkali menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan pengelupasan kulit.

Selain itu, paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, dan mengelupas, serta menyebabkan munculnya keriput dan bintik-bintik pada kulit.

Tak hanya berpengaruh kepasa kesehatan kulit saja, paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan gangguan pada mata seperti katarak dan degenerassi makula.

Lalu bagaimana cara melindungi diri dari bahaya sinar UV?

Cara Melindungi Diri dari Sinar UV

Untuk melindungi diri dari paparan sinar UV yang berlebih, kamu dapat melakukan beberapa cara.

Pertama, menggunakan tabir surya atau dengan SPF minimal 30 saat berada di bawah sinar matahari, terutama pada siang hari. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya secara merata ke seluruh kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, lengan, dan kaki.

Kedua, kenakan pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Kenakan baju dan lengan panjang untuk proteksi maksimal.

Ketiga, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata. Kacamata yang digunakan tak boleh sembarang tetapi harus kacamata polarized. Lensa kacamata polarized memiliki lapisan khusus yang dirancang untuk memblokir sinar UV dan meminimalkan pantulan yang mengganggu penglihatan.

***

Itu tadi manfaat, bahaya dan cara melindungi diri dari paparan sinar UV. Untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar rumah khususnya saat matahari sedang terik-teriknya, jangan lupa untuk melakukan tiga cara di atas agar tetap terlindungi dari paparan sinar UV.