Stop! Jangan Memanaskan Kembali Kopi

Tahukah kamu, kopi yang sudah dingin jika dipanaskan ulang akan mengubah cita rasa dan tidak baik bagi kesehatan?

Stop! Jangan Memanaskan Kembali Kopi
Image Source: Pixabay

Mengonsumsi segelas kopi yang baru diseduh atau dalam kondisi hangat di pagi hari dapat meningkatkan fokus serta memperbaiki suasana hati. Bahkan minum kopi dengan takaran yang tepat atau maksimal 4 cangkir dalam sehari dapat memberi manfaat seperti menyehatkan jantung dan otak, mengurangi risiko penyakit parkinson, serta membantu menurunkan berat badan.

Namun, apakah kopi hangat yang sudah kamu buat sering tersisa sehingga terlanjur dingin dan rasanya tidak nikmat lagi? Hal ini akhirnya membuat sebagian orang dan mungkin kamu berpikir kalau kopi yang sudah dingin bisa dipanaskan kembali menggunakan microwave atau kompor.

Tindakan memanaskan kembali kopi ternyata tidak disarankan. Dilansir dari artikel wellandgood.com, ilmuwan makanan yang berbasis di London, Natalie Alibrandi, menjelaskan kopi memiliki senyawa yang mudah menguap. Ketika kamu memanaskannya kembali, maka senyawa quinic dan caffeic akan dilepaskan lebih banyak dan menyebabkan kopi terasa lebih pahit.

Selain itu, memanaskan kopi melalui microwave berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Masalah bertambah saat kopi hitam dicampur dengan susu atau creamer dan diamkan selama berjam-jam. Bakteri pada susu akan menempel di cangkir dan tidak akan mati meski dipanaskan di dalam microwave.

Kira-kira, apa ya solusi agar kopi tetap hangat dan bisa dikonsumsi dengan aman? Kini saatnya kamu beralih ke termos termal dan termos tahan panas. Alih-alih memanaskan kopi secara terus-menerus, termos termal dan termos tahan panas akan menjaga suhu kopi dan pastinya tidak mengubah rasa. Berikut JakartaNotebook rekomendasikan termos yang cocok untuk kopimu.

1. Thermos Smart Mug

Image Source: JakartaNotebook

Di urutan pertama ada termos thermal dari One Two Cups yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan kopi. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum termos ini bisa menjaga suhu air dalam waktu yang lama, sehingga kamu tetap bisa menikmati kopi tanpa perubahan suhu dan rasa.

2. Botol Minum Termos

Images Source: JakartaNotebook

Mampu menjaga suhu air dalam waktu yang lama, bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa membuat termos kopi dari One Two Cups ini cocok untuk menyimpan minuman kopi kamu. Kopi panas yang kamu buat akan terjaga suhunya selama 8 jam. Dengan termos kopi ini, kamu tidak perlu memanaskan ulang kopi yang sudah dingin.

Itulah rekomendasi termos untuk menjaga kopimu agar tetap hangat. Namun, jika kamu ingin menikmati kopi hangat dengan praktis dan cepat, menggunakan mesin kopi adalah solusi yang tepat. Yuk, lihat rekomendasi mesin kopi yang cocok untuk kamu.

1. Coffeeware Minipresso

Image Source: JakartaNotebook

Meski berukuran kecil, mesin kopi minipresso ini bisa memberikan kamu rasa kopi yang enak dengan takaran yang pas. Kamu bisa membuat kopi menggunakan bubuk kopi atau kapsul kopi sesuai dengan seleramu. Dengan mesin kopi portable ini kamu bahkan bisa menikmati kopi di mana pun dan kapan pun tanpa perlu pusing memindahkannya ke wadah lain.

2. Grinder Coffee Maker Portable

Image Source: JakartaNotebook

Sebagai pecinta kopi terutama kopi dalam bentuk biji, alat ini harus kamu miliki di rumah. Dengan alat ini, kamu dapat membuat kopi dengan menggiling biji kopi terlebih dahulu. Mesin ini mampu menggiling kopi secara otomatis. Setelah itu, tambahkan air dalam jumlah yang diinginkan kemudian kopi akan turun ke wadah di bawahnya dan siap untuk kamu minum.

3. Automatic Espresso Machine

Image Source: JakartaNotebook

Bila kamu ingin merasakan kopi dengan sensasi ala kafe, Scishare mesin kopi espresso otomatis adalah jawabannya. Memiliki sistem tekanan yang besar, mesin kopi ini membantu mengekstraksi lemak kopi lebih banyak sehingga rasa dan aroma kopi yang dihasilkan jauh lebih nikmat. Selain itu, kamu juga bisa menentukan takaran kopi sesuai keinginan.

Itu tadi alasan mengapa kamu tidak boleh memanaskan kopi yang sudah dingin. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan termos untuk menjaga kopimu agar tetap hangat.