Strategi Jualan Online untuk Kaum Rebahan

Usaha online sangat cocok untuk Anda yang lebih senang di rumah. Namun, ada beberapa strategi yang diperlukan sebelum Anda memulainya. Apa saja itu?

Strategi Jualan Online untuk Kaum Rebahan
Image Source: freepik.com

Memiliki uang banyak tanpa harus bekerja nine to five bukanlah hal yang baru di era sekarang ini. Anda dapat menghasilkan uang di rumah saja dengan melakukan kegiatan yang mudah seperti berjualan secara online. Namun, berjualan online bukanlah hal yang mudah, pasalnya sudah banyak pesaing dengan berbagai macam jenis barang dagangan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beberapa strategi sebelum memulai usaha toko online milik Anda.

1. Tentukan Ide Usaha

Image Source: Pexels

Hal ini sangat penting dilakukan sebelum memulai usaha toko online. Anda harus menentukan produk yang harus Anda jual, target pasar produk, serta kelebihan produk sehingga lebih terukur dan tidak menjual barang secara asal-asalan.

Jangan memulai usaha tanpa ide yang jelas karena akan mengarahkan Anda pada kegagalan. Ide yang baik dan sesuai dengan pasar akan membantu meningkatkan peluang kesuksesan bisnis.

2. Buat Nama Toko dan Logo yang Menarik

Image Source: Pexels

Melanjutkan tentang tidak menjual barang secara asal-asalan, Anda harus memberikan nama pada toko Anda yang ada hubungannya dengan barang yang hendak Anda jual. Kelebihan membuat nama toko yang lebih spesifik adalah mudah diingat oleh calon pelanggan.

Anda juga dapat menggunakan logo tertentu, misalnya inisial nama toko dengan desain yang menarik sehingga mempermudah calon pelanggan Anda untuk berbelanja.

3. Tentukan Marketplace

Image Source: Pexels

Selanjutnya, Anda harus menentukan marketplace mana saja yang akan Anda gunakan. Tiap marketplace memiliki plus dan minus serta algoritma pembeli yang berbeda sehingga formula yang sama belum tentu bekerja pada platform yang sama. Platform jualan online akan membantu Anda untuk memperkenalkan dan memasarkan produk secara luas.

Selain itu, Anda juga dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan sebelum melakukan transaksi. Penggunaan marketplace lebih digemari oleh para calon pembeli karena minim akan penipuan.

4. Aktif di Media Sosial

Image Source: Pexels

Peran media sosial sangatlah membantu Anda dalam berjualan. Anda dapat mempromosikan produk yang Anda jual melalui media sosial milik Anda. Namun, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk mendukung pemasaran produk yang Anda jual.

Memiliki follower yang banyak serta konten yang menarik adalah kunci untuk memudahkan Anda berjualan. Dengan aktif menggunakan media sosial, Anda dapat menjangkau konsumen yang luas.

Setelah menyusun strategi, tentunya Anda memerlukan beberapa perlengkapan untuk berjualan online. Mulai dari laptop, printer, smartphone, bubble wrap, selotip, kantong plastik, gunting dan perlengkapan lainnya.

Untuk Anda yang kebingungan mencari printer yang cocok untuk digunakan, terdapat beberapa rekomendasi printer dengan wifi dan USB sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Anda juga dapat membeli kantong plastik dengan berbagai ukuran di sini.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha online milik Anda. Semoga usaha jualan Anda menghasilkan cuan yang banyak ya.