Tambah Pemasukan dengan Ide Usaha di Bulan Ramadhan

Manfaatkan bulan puasa untuk menambah pemasukan dengan beberapa ide usaha yang JakartaNotebook sudah rangkum.

Tambah Pemasukan dengan Ide Usaha di Bulan Ramadhan
Image Source: Unsplash

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat muslim. Banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk memperbanyak pahala. Di sisi lain, momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim ini kerap dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mencari rezeki.

Kamu akan mudah menemukan banyak orang yang berjualan di sepanjang jalan mulai dari makanan ringan seperti gorengan hingga makanan berat seperti nasi. Tingginya permintaan di bulan puasa ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha untuk menambah pemasukan.

Jika kamu ingin coba peruntungan dengan mendapatkan cuan lebih di bulan Ramadhan, yuk coba beberapa rekomendasi ide jualan berikut ini!

1. Kue Kering

Image source: Vecteezy

Menjelang hari raya lebaran, kue kering adalah makanan paling banyak diburu oleh masyarakat. Memulai bisnis kue kering bisa jadi salah satu pilihan karena tidak jarang banyak orang memilih untuk membeli kue dibanding harus membuatnya sendiri.

Kue nastar, kastengel, putri salju, biji ketapang, hingga lidah kucing biasanya menjadi kue yang sering disajikan setiap lebaran. Kamu juga bisa membuatnya dengan sedikit memodifikasi, mulai dari bentuk, isian, hingga kemasan.

Mulai tawarkan kue kering buatanmu ke rekan kerja, tetangga, teman, pacar, hingga keluarga. Manfaatkan pula sosial media yang kamu miliki untuk memperkenalkan dan mempromosikan kue buatanmu.

2. Hampers Lebaran

Image source: Unsplash

Selain berjualan kue kering, kamu dapat menawarkan berbagai barang lain yang identik dengan musim lebaran dalam bentuk hampers. Kamu bisa mendapatkan untung ganda, loh.

Hampers biasa dimanfaatkan masyarakat untuk mengirim bingkisan kepada keluarga atau kerabat sebagai bentuk perayaan. Kamu dapat menawarkan peralatan ibadah, sirup, kue kering, aneka bumbu dapur, dan masih banyak lagi dengan kemasan yang cantik dan estetik.

3. Jasa Jahit

Image source: Unsplash

Beberapa hari menjelang lebaran, permintaan jasa jahit baju lebaran banyak dicari. Sebagian orang ingin tampil serasi sehingga mereka akan menjahit baju lebaran sesuai dengan keinginan dibanding membeli yang sudah jadi.

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit, manfaatkan momen ini sebagai ide usaha yang menguntungkan di bulan Ramadhan.

4. Katering Sahur

Image source: Vecteezy

Sebagian orang tidak sempat untuk mempersiapkan menu sahur. Membeli makanan yang sudah siap biasanya menjadi pilihan karena tidak harus repot bangun lebih awal untuk menyiapkan bahan dan memasak makanan sendiri.

Kamu bisa mengambil peluang ini dengan menawarkan jasa katering sahur kepada kerabat atau teman-teman. Sebelum menentukan harga jual, alangkah baiknya kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Buat pilihan paket katering dengan menu beragam agar pelanggan tidak merasa bosan dengan menu yang kamu buat.

5. Jualan Toples Kue

Image source: Jakartanotebook

Toples kue menjadi barang yang paling dicari pada bulan puasa. Banyak masyarakat berburu toples kue untuk menyajikan berbagai makan kering saat lebaran atau sebagai pelengkap mereka yang berjualan kue.

Kamu bisa mencoba peruntungan ini dengan menjual toples cantik dan estetik dengan beragam bentuk, ukuran, dan bahan.

***

Itu dia beberapa ide usaha yang bisa kamu jadikan referensi pada bulan puasa. Manfaatkan momen bulan puasa untuk mencari rezeki yang berkah.