7 Tanaman Hias Daun yang Cantik, Buat Rumah Jadi Lebih Sejuk!

Apakah kamu membutuhkan sesuatu untuk membuat rumah lebih sejuk tetapi tidak ingin menggunakan AC? Ingin menambah dekorasi ruangan yang berbeda? Mulai sekarang kamu bisa pertimbangkan untuk memelihara tanaman hias daun di rumah.

Tanaman hias daun adalah jenis tanaman yang banyak digemari untuk mempercantik tampilan rumah. Tidak seperti tanaman hias bunga yang menarik perhatian dengan warna dan bentuk bunganya, tanaman ini lebih menonjolkan keindahan dedaunan.

Selain memberikan keindahan visual, tanaman ini dapat meningkatkan kualitas udara yang lebih sejuk di dalam ruangan. Mereka juga mudah dirawat, cocok untuk kamu yang ingin menghijaukan ruangan tapi tidak punya banyak waktu untuk merawatnya.

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun memiliki berbagai pilihan bentuk dan ukuran. Agar tidak bingung, simak beberapa rekomendasi jenis tanaman hias daun berikut ini yang siap untuk mempercantik sudut-sudut ruangan dan dijamin membuat ruangan jadi lebih sejuk.

1. Monstrea

Image Source: the Spruce

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang juga sering disebut sebagai janda bolong ini. Tanaman ini dikenal dengan daun-daunnya yang besar, berlubang, dan terlihat eksotis, menjadikannya pilihan favorit dan populer untuk dekorasi rumah.

Monstera cukup mudah dirawat, asalkan ditempatkan di area yang cukup terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Tenang saja, tanaman ini juga tidak perlu terlalu sering disiram, lho, kamu hanya perlu memastikan tanahnya tetap lembap.

2. Calathea Ornata

Image Source: Gardeners World

Ciri khas tanaman hias daun ini adalah memiliki corak garis-garis atau bercak-bercak pada daunnya dengan perpaduan warna hijau, putih, ungu, hingga merah marun. Pastikan untuk meletakkannya di area yang teduh atau dengan cahaya yang tersebar.

Oleh karena berasal dari hutan tropis, tanaman ini akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembap. Menyemprot daun dengan air atau meletakkan pelembap udara di dekat tanaman bisa membantu menjaga kelembapan yang dibutuhkannya.

Selain itu, penyiraman juga harus diperhatikan. Calathea tidak suka air yang menggenang, jadi penting untuk memastikan tanahnya tetap lembap, tetapi tidak basah. Gunakanlah air yang sudah didiamkan sebentar agar daunnya tetap cerah.

3. Peperomia

Image Source: Gardenia

Tanaman hias daun ini berukuran kecil dan lucu. Bentuknya bervariasi, ada yang bulat, lonjong, hingga berbentuk hati, dengan tekstur daun yang tebal dan memiliki warna yang beragam mulai dari hijau cerah, hijau tua, hingga kombinasi hijau dengan putih.

Kalau kamu suka tanaman tetapi tidak punya banyak waktu untuk merawatnya, Peperomia ini adalah opsi tepat karena ia tidak membutuhkan banyak air. Kamu hanya perlu menyiramnya ketika tanah mulai kering, tetapi jangan sampai terlalu basah, ya.

Peperomia senang dengan area di dekat jendela yang terkena cahaya terang tetapi tidak langsung tersorot sinar matahari. Selain itu, tanaman ini juga dikenal cukup kuat dan jarang diserang hama, sangat tepat untuk jadi pilihan tanaman hias yang praktis.

4. Peace Lily

Image Source: Real Homes

Peace Lily adalah tanaman hias daun yang terkenal dengan daunnya yang hijau gelap dan bunganya yang putih elegan. Kalau kamu ingin memelihara tanaman yang tidak hijau sepenuhnya, peace lily sangat cocok dijadikan penghias ruang tamu atau kantor.

Perawatannya pun mudah. Cukup letakkan di dekat jendela yang ada tirai atau di sudut ruangan yang terang tetapi tidak panas karena peace lily senang dengan tempat teduh. Pastikan tidak terkena sinar matahari langsung karena daunnya bisa terbakar.

Biasanya ketika tanaman ini butuh air, daunnya akan sedikit layu sebagai tanda. Namun, jangan khawatir. Setelah disiram, biasanya Peace Lily akan segar kembali dengan cepat.

HEDAO Pengukur 3 in 1 Kelembapan Tanah Soil Moist PH Analyzer - TL00378 - Black - JakartaNotebook.com
HEDAO Pengukur 3 in 1 Kelembapan Tanah Soil Moist PH Analyzer - TL00378 termurah. Dapatkan dengan mudah HEDAO Pengukur 3 in 1 Kelembapan Tanah Soil Moist PH Analyzer - TL00378 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Paddle Plant

Image Source: Rareplant

Tahukah kamu? Tanaman hias daun ini dinamakan paddle karena bentuk daunnya yang lebar seperti dayung (paddle). Warnanya hijau cerah, tetapi bagian tepi daunnya bisa berubah jadi merah atau merah muda saat terkena sinar matahari yang cukup.

Kamu tidak perlu terlalu sering menyiramnya karena Paddle Plant termasuk jenis sukulen, yaitu tanaman yang menyimpan air di daunnya. Cukup siram saat tanahnya sudah benar-benar kering, sekitar seminggu sekali atau lebih, tergantung kondisi.

Namun, Paddle Plant tidak menyukai tanah yang terus basah. Selain itu, kamu bisa meletakkan tanaman cantik ini di tempat yang terkena sinar matahari langsung, lho. Warna merah pada tepi daun akan terlihat lebih jelas saat terkena sinar matahari.

6. Aglaonema

Image Source: Gardenia

Mencari tanaman hias daun yang memiliki kombinasi warna selain hijau? Aglaonema wajib dipertimbangkan. Tanaman ini memiliki daun yang biasanya berbentuk lonjong dengan kombinasi warna hijau, merah, merah muda, atau putih, tergantung jenisnya.

Salah satu alasan Aglaonema menjadi tanaman indoor yang ideal adalah karena tanaman ini mudah dirawat. Aglaonema bisa tumbuh subur di tempat yang teduh atau bahkan dengan cahaya minim, jadi tidak perlu banyak cahaya matahari langsung.

Tanaman ini hanya perlu disiram saat tanahnya mulai kering, tetapi jangan menyiram sampai air menggenang, ya. Selain itu, Aglaonema juga dikenal sebagai tanaman yang bisa membantu menyaring udara, sehingga udara di sekitarnya jadi lebih bersih.

EPOCH Set Sekop Mini Tanaman Hias Shovel Spade Gardening Tools 3 PCS - LXY549 - Black - JakartaNotebook.com
EPOCH Set Sekop Mini Tanaman Hias Shovel Spade Gardening Tools 3 PCS - LXY549 termurah. Dapatkan dengan mudah EPOCH Set Sekop Mini Tanaman Hias Shovel Spade Gardening Tools 3 PCS - LXY549 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Lidah Mertua

Image Source: Happy Fresh

Siapa yang tidak tahu tanaman lidah mertua? Tanaman hias daun ini terkenal akan daunnya yang panjang, tebal, dan tajam seperti pedang. Warnanya bervariasi, biasanya hijau dengan corak kuning di pinggirnya atau garis-garis hijau yang lebih gelap.

Lidah mertua sering juga dianggap tanaman yang tahan banting karena ia tahan akan kekeringan, sehingga tidak perlu sering disiram. Cukup siram saat tanahnya sudah benar-benar kering, tetapi jangan terlalu banyak air karena akarnya bisa membusuk.

Tanaman yang berasal dari Afrika ini bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh baik di dalam atau di luar ruangan. Namun, sebaiknya jangan meletakkanya di area yang terkena sinar matahari terik karena dapat terbakar. Praktis sekali bukan?

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias daun yang tidak hanya bisa mempercantik ruangan tetapi juga dijamin bisa menyejukkan ruangan. Pastikan untuk menyiramnya secara rutin dan menghindari hal yang tidak disukai tanaman yang dipelihara, ya.

Nah, agar memudahkan untuk memelihara tanaman hias daun yang kamu pelihara agar semakin subur dan cantik, kamu bisa menggunakan alat perawatan tumbuhan seperti tatakan pot, gunting tanaman, penyubur tanaman, hingga lampu tanaman.