10 Teknik Dasar Badminton yang Perlu Kamu Pelajari

Badminton atau bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Saat kecil, pasti kamu pernah memainkan olahraga ini setidaknya sekali di sekolah atau halaman rumah, bukan?

Badminton adalah olahraga yang menggabungkan kecepatan, ketepatan, dan taktik. Untuk menjadi pemain yang baik dalam permainan ini, penting untuk menguasai teknik dasar badminton.

Jika kamu ingin mengeluti olahraga badminton secara serius, ada beberapa teknik dasar badminton yang wajib kamu ketahui dan pejari. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini.

Teknik Dasar Badminton yang Wajib Dikuasai

Walaupun permainan badminton terlihat mudah, ternyata ada banyak teknik dasar badminton yang harus kamu pejalari dan kuasai untuk menjadi pemain badminton yang handal. Berikut beberapa teknik dasar badminton yang wajib kamu kuasai.

1. Grip (Pegangan Raket)

Image Source: Pexels/SHVETS production

Dalam olahraga ini, cara memegang raket atau grip jadi teknik dasar badminton yang wajib dikuasai. Pasalnya teknik ini merupakan faktor penting yang memengaruhi kualitas pukulan dan kontrol para atlet saat bermain.

Terdapat beberapa jenis pegangan raket yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa jenis pegangan raket yang sering digunakan dalam badminton dan cara memegangnya:

  • Forehand grip, menggenggam raket dalam posisi miring dan posisikan ibu jari dan telunjuk menempel di bagian pegangan raket.
  • Backhand grip, posisikan ibu jari di bagian belakang pegangan raket sehingga ibu jari menjadi tumpuan saat memukul.
  • Combination grip, merupakan sebuah kombinasi antara backhand dan forehand grip di mana posisi memegang raket yang miring dan meletakkan jari telunjuk di bagian depan searah dengan ujung raket dan ibu jari di pegangan raket sisi belakang.

2. Teknik Servis

Image Source: Pexels/Vlad Vasnetsov

Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan pada awal set atau permainan. Pemain melakukan servis untuk memulai permainan. Servis sendiri memiliki dua teknik yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah dua teknik servis yang bisa kamu pelajari.

  • Servis atas, dilakukan dengan memukul kok dari posisi di atas kepala. Servis ini umumnya digunakan untuk membuat lawan bergerak ke area belakang lapangan.
  • Servis bawah, dilakukan dengan memukul kok dari bawah pinggang. Servis ini sering digunakan untuk mengirim kok rendah di dekat net, yang membuat lawan sulit melakukan serangan langsung.

3. Footwork (Gerakan Kaki)

Image Source: Pexels/SHVETS production

Foot work atau gerakan kaki yang baik dan koordinatif adalah kunci kesuksesan dalam pertandingan badminton. Kamu perlu belajar gerakan kaki yang cepat, lincah, dan tepat untuk memposisikan diri di lapangan dengan baik.

Kamu bisa mengikuti beberapa tips untuk melakukan gerakan kaki agar permainanmu lebih optimal.

  • Ingat titik awal kamu berdiri.
  • Jika ingin maju atau mundur, lakukan dalam 2-3 langkah saja.
  • Lakukan gerakan ke kanan atau ke kiri dalam 1 langkah saja.

4. Posisi Tubuh (Stance)

Image Source: Pexels/Ben Cheers

Salah satu teknik dasar badminton yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah posisi tubuh. Posisi tubuh sangat penting dalam permainan badminton karena memengaruhi kelincahan, keseimbangan, dan efektivitas pukulan.

Posisi tubuh saat bermain badminton terbagi menjadi 3 yaitu,

  • Posisi bertahahan dengan mengarahkan tubuh menghadap net dan posisi raket di depan pinggang atau perut.
  • Posisi menyerang dengan menggerakkan tubuh ke dekat daris lapangan atau area serang dan ambil posisi melebarkan kuda-kuda kaki.
  • Posisi melawan dengan berdiri di dekat net kemudian posisikan raket di depan tubuh dan majukan badan untuk melakukan lompatan ke depan.
MySport Net Badminton Portable Folding Rack 5.1 Meter - T300 - No Color - JakartaNotebook.com
MySport Net Badminton Portable Folding Rack 5.1 Meter - T300 termurah. Dapatkan dengan mudah MySport Net Badminton Portable Folding Rack 5.1 Meter - T300 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Pukulan (Strokes)

Image Source: Pexels/Ben Cheers

Dalam permainan badminton, terdapat beberapa jenis pukulan (strokes) yang penting untuk dikuasai oleh pemain. Masing-masing jenis pukulan memiliki tujuan yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang beragam.

  • Forehand shots, adalah pukulan yang dilakukan dengan posisi telapak tangan menghadap kok. Pukulan ini biasanya digunakan ketika shuttlecock datang di sisi depan atau dominan dari pemain.
  • Backhand shots, dilakukan dengan posisi punggung tangan menghadap kok. Digunakan saat shuttlecock datang di sisi non-dominan pemain, seperti di sisi kiri bagi pemain yang dominan tangan kanan.

6. Teknik Smash

Image Source: Unsplash/Muktasim Azlan

Smash merupakan pukulan yang paling kuat dalam badminton. Pukulan ini dilakukan dengan keras dan cepat, dengan tujuan meluncurkan kok ke area lapangan lawan yang sulit dijangkau. Smash dapat menghasilkan poin langsung atau menghasilkan pukulan yang sulit dikembalikan oleh lawan.

7. Dropshot

Image Source: Unsplash/Muktasim Azlan

Pukulan yang satu ini dilakukan dengan tujuan meletakkan kok di depan net dengan jarak yang sangat pendek. Pukulan ini membutuhkan presisi dan kontrol yang baik untuk membingungkan lawan dan menghasilkan poin.

Tas Ransel dan Duffel Olahraga Gym Fitness Bag 2 in 1 Polyester - T90 - Black White - JakartaNotebook.com
Tas Ransel dan Duffel Olahraga Gym Fitness Bag 2 in 1 Polyester - T90 termurah. Dapatkan dengan mudah Tas Ransel dan Duffel Olahraga Gym Fitness Bag 2 in 1 Polyester - T90 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Drive

Image Source: Pexels/Ben Cheers

Drive merupakan pukulan yang digunakan untuk mengirimkan kok dengan kecepatan tinggi sejajar dengan net. Pukulan ini bertujuan untuk menekan lawan dengan pukulan cepat dan agresif, mengurangi waktu reaksi mereka.

9. Lob Shot

Image Source: Freepik/master1305

Lob shot adalah pukulan yang diarahkan tinggi ke bagian belakang lapangan lawan dengan tujuan untuk mengangkat kok jauh dari net dan memberikan waktu bagi pemain untuk kembali ke posisi strategis atau mengatur strategi permainan.

10. Netting

Image Source: Pexels/SHVETS production

Teknik dasar badminton yang terakhir bisa dibilang sulit untuk dilakukan dan membutuhkan kecepatan, kecermatan, dan intuisi. Netting merupakan teknik yang dilakukan dengan memantulkan kok di atas net dengan tepat. Jika lawanmu tak cukup sigap untuk mengambil kok, maka kok akan jatuh di daerah lawan dah membuatmu mendapatkan poin.

Itu dia tadi 10 teknik dasar badminton yang baiknya kamu kuasai jika ingin terjun ke cabang olahraga ini dengan serius. Penguasaan teknik dasar dalam badminton penting untuk mengembangkan keterampilan permainan yang lebih tinggi.

Untuk permainan yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan berbagai perlengkapan olahraga di JakartaNotebook seperti celana pendek olahraga, kaos kaki olahraga, hingga headband olahraga.