Ini 6 Teknik Dasar Memancing dan Caranya, Pasti Strike!

Siap nikmati alam sambil memancing? JakartaNotebook merangkum berbagai teknik memancing yang bisa membantu meningkatkan peluang menangkap ikan!

Ini 6 Teknik Dasar Memancing dan Caranya, Pasti Strike!
Image Source: mego-studio

Bagi kebanyakan orang, memancing adalah hobi yang dilakukan kala senggang atau saat ingin rehat dari rutinitas yang kadang membosankan. Memancing sendiri, memang dikenal sebagai aktivitas yang dapat memberikan ketenangan dan melatih kesabaran.

Selain itu, mungkin kamu berpikir bahwa memancing hanya aktivitas yang dilakukan dengan mempersiapkan joran, umpan, melemparnya ke dalam air, kemudian menunggu tanpa terburu-buru, hingga ikan mulai memakan umpan dan menarik-narik tali pancing.

Padahal, tahukah kamu jika memancing memiliki teknik? Terutama jika kamu memang memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil tangkapan.

JakartaNotebook telah merangkum berbagai teknik memancing yang bisa membantu meningkatkan peluang untuk menangkap ikan!

Teknik Memancing dan Caranya

Teknik Memancing dan Caranya
Image Source: mego-studio

Meskipun memang kamu bisa saja memancing tanpa memerhatikan teknik yang digunakan, terutama bagi kamu yang hanya ingin bersantai atau menikmati waktu di alam. Tetapi, tanpa teknik, pengalaman memancing bisa menjadi kurang memuaskan dan membosankan karena peluang menangkap ikan akan lebih kecil.

Serta dapat meningkatkan risiko cedera, seperti terkena kail atau terpeleset di tepi perairan, bahkan bisa jadi alat pancing tersangkut di dasar air dan merusak ekosistem.

1. Casting

Ini adalah salah satu teknik dasar dalam memancing, di mana kamu melempar umpan tiruan ke air dengan tujuan menarik perhatian ikan. Teknik ini memerlukan latihan untuk mencapai akurasi, jarak yang baik, dan lemparan yang menuju sasaran. Ada beberapa variasi dari teknik casting yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Overhead Casting

Teknik ini melibatkan melemparkan umpan dari atas kepala dengan gerakan melingkar. Overhead casting cocok untuk jarak lemparan yang jauh.

  • Sidearm Casting

Teknik ini menggunakan gerakan menyamping untuk melempar umpan. Sidearm casting cocok untuk area dengan banyak rintangan atau ketika kamu perlu menjaga umpan tetap rendah.

  • Roll Casting

Teknik ini sering digunakan dalam fly fishing. Umpan dilempar dengan gerakan melingkar dari samping, tanpa perlu mengayunkan joran ke belakang.

2. Bottom Fishing

Teknik dasar selanjutnya adalah bottom fishing. Ini adalah teknik paling populer yang digunakan untuk menangkap ikan yang hidup di dasar laut atau danau.

Teknik ini sering digunakan untuk menangkap ikan seperti lele, kerapu, kakap dan lainnya. Ada beberapa variasi dari teknik bottom fishing yang bisa kamu coba, di antaranya:

TaffSPORT Kursi Lipat Portable Memancing Outdoor Fishing Chair - YYY002 - Silver - JakartaNotebook.com
TaffSPORT Kursi Lipat Portable Memancing Outdoor Fishing Chair - YYY002 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffSPORT Kursi Lipat Portable Memancing Outdoor Fishing Chair - YYY002 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
  • Still Fishing

Umpan ditempatkan di dasar air dan dibiarkan di sana untuk menarik ikan. Kamu juga bisa menggunakan pemberat untuk memastikan umpan tetap di dasar.

  • Drifting Bottom Fishing

Umpan ditempatkan di dasar, dan perahu bergerak perlahan mengikuti arus. Teknik ini berguna di area yang lebih luas dan membantu menjangkau berbagai jenis ikan yang berada di dasar.

3. Jigging

Jigging merupakan teknik yang melibatkan gerakan naik-turun yang cepat dari umpan, yang biasanya berbentuk jig untuk menarik perhatian ikan. Teknik ini sangat efektif untuk memancing ikan yang agresif. Ada beberapa variasi dari teknik jigging yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Vertical Jigging

Umpan dijatuhkan ke dasar air dan kemudian ditarik naik turun secara vertikal dengan gerakan cepat seperti yoyo. Teknik ini sangat efektif di perairan dalam atau saat memancing dari perahu.

  • Slow Pitch Jigging

Teknik ini melibatkan gerakan naik-turun yang lebih lambat dan halus, biasanya dengan jig berat. Ikan yang lebih pasif atau lambat sering terpancing dengan teknik ini.

4. Trolling

Teknik di mana umpan ditarik di belakang perahu yang bergerak. Teknik ini sering digunakan di laut untuk menangkap ikan besar di laut lepas dan di danau besar. Ada beberapa variasi dari teknik trolling yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Surface Trolling

Umpan ditarik di permukaan atau dekat permukaan air. Teknik ini efektif untuk menangkap ikan predator yang suka memangsa di permukaan air.

TaffSPORT Tas Perlengkapan Memancing Multifungsi 1.5M - Army Green - JakartaNotebook.com
TaffSPORT Tas Perlengkapan Memancing Multifungsi 1.5M termurah. Dapatkan dengan mudah TaffSPORT Tas Perlengkapan Memancing Multifungsi 1.5M murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
  • Deep Trolling

Menggunakan downrigger atau pemberat untuk menarik umpan ke kedalaman tertentu. Ini sangat berguna untuk menangkap ikan yang berada jauh di bawah permukaan.

5. Surf Fishing

Bagi kamu yang tidak ingin jauh ke dalam perairan, teknik ini cocok digunakan. Surf fishing cukup memancing dari pantai atau garis pantai saat air laut pasang, menggunakan joran lebih dari 2 meter dan melemparkan umpan ke ombak.

Teknik ini efektif untuk menangkap berbagai jenis ikan laut yang mendekati pantai untuk mencari makanan.

6. Fly Fishing

Teknik ini menggunakan umpan tiruan sangat ringan dan dilemparkan menggunakan joran fleksibel, serta tali berat, hampir seperti teknik casting. Teknik ini lebih sering digunakan di air tawar, tetapi juga bisa digunakan di laut. Ada beberapa variasi dari teknik trolling yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Dry Fly Fishing

Menggunakan umpan tiruan yang mengapung di permukaan air untuk meniru serangga yang jatuh ke air. Teknik ini sangat efektif untuk ikan yang suka makan di permukaan.

  • Nymphing

Menggunakan umpan tiruan yang tenggelam untuk meniru serangga air yang hidup di bawah permukaan. Teknik ini efektif untuk menangkap ikan yang makan di bawah air.

Tips Memancing

Tips Memancing
Image Source: mego-studio

Setelah memahami beberapa teknik dasar untuk memancing, Selanjutnya kamu bisa mengikuti tips berikut ini yang bisa membuat pengalaman memancing lebih menyenangkan dan mungkin lebih banyak ikan yang ditangkap!

1. Ketahui Kebiasaan Ikan

Setiap jenis ikan memiliki kebiasaan makan dan habitat yang berbeda. Mengetahui jenis ikan yang ingin kamu tangkap akan membantu memilih umpan dan teknik yang tepat.

2. Pahami Cuaca

Cuaca memiliki pengaruh besar pada aktivitas ikan. Ikan cenderung lebih aktif sebelum badai, saat tekanan barometrik rendah. Sebaliknya, setelah badai atau selama cuaca cerah, ikan mungkin lebih malas dan sulit didapatkan.

TeeWap Alat Penangkap Ikan Fish Grip Lip Grabber Fishing Tool - YS05 - Black - JakartaNotebook.com
TeeWap Alat Penangkap Ikan Fish Grip Lip Grabber Fishing Tool - YS05 termurah. Dapatkan dengan mudah TeeWap Alat Penangkap Ikan Fish Grip Lip Grabber Fishing Tool - YS05 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Tetap Bersabar

Kesabaran adalah kunci utama dalam memancing. Terkadang, kamu mungkin harus menunggu berjam-jam sebelum ada ikan yang menggigit. Gunakan waktu ini untuk menikmati suasana sekitar, mungkin dengan membawa buku, menyantap camilan favorit, atau jika bersama dengan orang lain kamu bisa berbincang topik-topik menarik.

4. Perhatikan Teknik Penggulungan

Saat ikan menggigit umpan, penting untuk tidak langsung menariknya dengan keras. Biarkan ikan berenang sejenak dan pastikan hook tertancap dengan baik. Setelah itu, gulung tali dengan perlahan dan mantap untuk memberi waktu pada ikan agar lelah sebelum menariknya ke permukaan.

Setiap jenis ikan memiliki kebiasaan berbeda, sehingga memerlukan teknik yang berbeda pula. Selain itu, dapatkan pemahaman yang baik tentang peralatan, serta perilaku ikan untuk meningkatkan pengalaman memancing yang lebih baik.

Meskipun memang, memancing bukan sekadar menangkap ikan. Jadi, pastikan kamu menikmati alam sekitar, terus asah kesabaran, dan beri kesempatan diri sendiri untuk bersantai. Ingat bahwa setiap momen memancing memiliki pelajaran tersendiri dan kisah yang menunggu untuk diceritakan.

JakartaNotebook punya berbagai rekomendasi perlengkapan sport & outdoor terbaik, dalam kategori olahraga memancing seperti topi mancingkursi lipat, hingga meja lipat yang bisa kamu dapatkan dengan kualitas dan harga promo terbaik!