5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Perlu Dipelajari

Ada 5 teknik dasar permainan bola basket yang perlu diperlajari di antaranya, memegang bola, dribble, passing dan catching, shooting, hingga pivot.

5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Perlu Dipelajari
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Basket adalah sebuah olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim dengan tujuan mencetak poin dengan melempar bola ke dalam ring lawan.

Permainan ini dikenal karena intensitas, kombinasi kecepatan dan kekuatan, serta membutuhkan keterampilan teknis yang tinggi. Setiap tim terdiri dari lima pemain yang berusaha untuk melewati pertahanan lawan dan melempar bola ke dalam ring.

Basket telah menjadi olahraga populer di seluruh dunia, dengan kejuaraan nasional dan internasional yang menarik perhatian jutaan penonton.

Selain itu, banyak sekolah, universitas, dan komunitas yang menyelenggarakan kompetisi dan pertandingan bola basket sebagai sarana untuk berolahraga, berkompetisi, dan membangun semangat tim bagi generasi muda.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Wajib Diketahui

Untuk kamu yang tertarik mengikuti olahraga ini, ada beberapa teknik dasar permainan bola basket yang bisa kamu praktikan. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memegang Bola

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Memegang Bola
Image Source: Pexels/Mike

Teknik dasar permainan bola basket yang pertama adalah bagaimana cara memegang bola basket. Cara memegang bola basket harus dilakukan dengan benar agar kamu mudah untuk megendalikan bola dan bisa mempelajari teknik-teknik selanjutnya.

Jika ingin melakukan teknik ini, kamu harus memegang bola basket dengan kedua tangan. Sebelum memegang bola, pastikan kamu membuka tangan lebar-lebar seperti sedang memegang mangkok besar.

Tujuan utama membuka tangan secara lebar adalah agar bola tak gampang terjatuh serta memberikan kontrol penuh terhadap bola.

OBAOLAY Kacamata Olahraga Basket Anti Collision Eye Protector - L009 - Black - JakartaNotebook.com
OBAOLAY Kacamata Olahraga Basket Anti Collision Eye Protector - L009 termurah. Dapatkan dengan mudah OBAOLAY Kacamata Olahraga Basket Anti Collision Eye Protector - L009 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Dribble

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Dribble
Image Source: Pexels

Dribble adalah teknik menggiring atau mengoper bola dengan menggunakan tangan sembari bergerak mendekati ring lawan di atas lapangan.

Ini adalah salah satu teknik dasar permainan bola basket yang penting, karena memungkinkan kamu untuk mengontrol bola saat bergerak, menghindari pemain bertahan, dan mengatur serangan. Dribble juga merupakan cara untuk menjaga bola agar tidak dicuri oleh lawan.

Cara melakukan dribble adalah dengan memantulkan bola ke lantai berulang kali dan mengontrolnya menggunakan jari tangan. Ketika bola dipantulkan, tangan harus mengikuti arah bola lalu sesegera mungkin menempelkan telapak tangan pada bola.

Saat dribbling, jangan lupa memosisikan tangan terbuka lebar sama seperti saat memegang bola agar kamu bisa mengontrol arah bola dengan maksimal.

3. Passing dan Catching

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Passing dan Catching
Image Source: Pexels/Norma Mortenson

Teknik dasar passing dan catching atau melempar dan menangkap dalam permainan bola basket adalah fondasi penting yang harus dikuasai oleh setiap pemain.

Kemampuan untuk melakukan umpan yang akurat dan menangkap bola dengan baik memungkinkan tim untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan mengatur serangan dengan efektif.

Teknik catching atau menangkap bola bisa dilakukan dengan dua tangan yang terbuka lebar. Gerakan ini dilakukan untuk menangkap bola dari tim sendiri maupun lawan.

Sementara itu passing merupakan teknik untuk mengoper bola ke anggota tim. Teknik dasar untuk passing memiliki 3 jenis yang berbeda, yaitu:

  • Chest Pass (Umpan Dada), melempar bola dari posisi di depan dada.
  • Bounce Pass (Umpan Pantul), melempar bola dengan cara memantulkannya ke lantai.
  • Overhead Pass (Umpan Atas), melempar bola di atas kepala.
Xiong Bang Kaos Kaki Olahraga Socks Towel Sweat Absorbing Size 39-42 - T7302 - Black - JakartaNotebook.com
Xiong Bang Kaos Kaki Olahraga Socks Towel Sweat Absorbing Size 39-42 - T7302 termurah. Dapatkan dengan mudah Xiong Bang Kaos Kaki Olahraga Socks Towel Sweat Absorbing Size 39-42 - T7302 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Shooting

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Shooting
Image Source: Pexels/Nick Rush

Shooting dalam permainan bola basket merujuk pada tindakan melempar bola ke ring lawan dengan tujuan mencetak poin. Ini adalah salah satu aspek paling penting dari permainan, karena skor dalam bola basket dicetak melalui teknik yang satu ini.

Beberapa teknik shooting yang bisa kamu gunakan saat bermain bola basket diantaranya set shoot, lay up shoot, jump shoot, lemparan bebas, dan yang paling ditunggu-tunggu slam dunk.

Semua teknik dasar permainan bola basket ini tentunya memerlukan fokus, keseimbangan, dan pemahaman situasi permainan yang baik.

5. Pivot

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Pivot
Image Source: ProTips

Pivot merupakan teknik dasar permainan bola basket yang harus kamu kuasai. Teknik pivot adalah gerakan memutar salah satu kaki sebagai porosnya dengan posisi kedua tangan memegang bola basket. Tujuan dari teknik pivot adalah untuk menghindari lawan yang ingin merebut bola dari tangan kamu.

Saat melakukan pivot usahakan untuk tidak menggeser posisi kaki karena dinilai sebagai pelanggaran. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan dribble dan tidak memegang bola terlalu lama.

Menguasai teknik dasar permainan bola basket adalah langkah pertama yang penting jika kamu tertarik untuk serius di olahraga ini. Dengan teknik-teknik yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa memiliki fondasi kuat untuk bermain bola basket dengan percaya diri.

Jika kamu mulai tertarik untuk bermain bola basket, jangan lupa untuk melengkapi perlengkapan dan aksesoris basket. Di sini kamu bisa menemukan pelindung lutut, kacamata basket, pelindung tangan, dan banyak lainnya dengan kualitas terbaik dari JakartaNotebook.