7 Rekomendasi Teropong Bintang Terbaik 2024

Keindahan alam semesta sangat sayang dilewatkan. Objek-objek langit, seperti bintang, planet, asteroid, komet, nebula, hingga galaksi selalu jadi objek yang menarik untuk diobservasi.

Sekarang kamu bisa mengamati seluruh benda langit dari bumi dengan mudah, tanpa pergi langsung ke luar angkasa, loh! Caranya adalah menggunakan teleskop atau teropong bintang.

Apa Itu Teropong Bintang?

Teropong bintang atau juga dikenal sebagai teleskop bintang adalah alat optik yang berguna untuk melihat objek di langit. Alat ini menggunakan kombinasi cekung dan lensa agar bisa menampilkan pemandangan luar angkasa dengan jelas.

Teropong bintang bekerja dengan mengumpulkan cahaya menggunakan cermin cekung kemudian cahaya ini akan dipantulkan oleh lensa sehingga bisa dilihat oleh mata. Semakin banyak cahaya yang dikumpulkan, semakin jelas pula gambar yang bisa dihasilkan.

Fungsi Teropong Bintang

Secara sedeerhana, fungsi utama teropong bintang adalah membantu kita melihat objek langit yang jauh dengan lebih jelas. Namun tahukah kamu, ternyata alat ini punya fungsi yang lebih detail, lho!

1. Menangkap dan Memantulkan Cahaya

Meski sama dengan cara kerja yang dijelaskan, pada dasarnya fungsi utama teropong bintang adalah membantu kita menangkap dan memantulkan cahaya yang tertangkap dari luar angkasa.

Kedua proses ini memungkinkan kita mengamati objek langit yang redup dan jauh tanpa harus pergi langsung ke luar angkasa.

2. Mengamati Fenomena Langit

Selain dapat menangkap gambar benda langit di atmosfer bumi, teropong bintang juga dapat membantu kita mengamati aneka fenomena langit yang terjadi di level planet.

Sekarang kamu bisa melihat berbagai fenomena langit seperti gerhana bulan dan matahari, transit planet, dan banyak lainnya.

3. Meneliti Alam Semesta

Tidak hanya digunakan oleh orang awam, teropong bintang juga dipakai oleh para peneliti untuk meneliti dan memetakan alam semesta. Alat ini dapat mengidentifikasi benda-benda langit untuk memperoleh data tentang karakter, pergerakan, dan komposisinya, serta fenomena yang terjadi di alam semesta.

Rekomendasi Teropong Bintang Terbaik

Tertarik memiliki teropong bintang untuk menlihat keindahan alam semesta? Jika iya, berikut beberapa rekomendasi teropong bintang terbaik yang bisa membantu kamu menjelajahi alam semesta.

1. DAESPHETEL Teropong Bintang 700mm - F70076

Image Source: JakartaNotebook

Rekomendasi teropong bintang yang pertama datang dari DAESPHETEL. Menawarkan focal length 700 mm dan aperture 76 mm, kamu bisa melihat objek langit dengan lebih tajam, terang, dan punya resolusi tinggi.

Tripod dari bahan aluminiuim kualtas terbaik mampu menopang teleskop dengan kuat tanpa khawatir patah. Semakin lengkap karena kamu bisa mengatur ketinggian setiap kakinya mulai dari 66 cm hingga 113 cm.

2. CELESTRON Teropong Bintang - SCTW-102EQ3

Image Source: JakartaNotebook

Teropong bintang CELESTRON SCTW-102EQ3 dibuat khusus untuk kamu yang ingin mengabadikan keindahan langit. Pasalnya alat ini dapat mengambil foto pemandangan langit.

Menggunakan lensa dengan aperture 102 mm dan focal length 660 mm, kamu bisa melihat gambaran benda langit dengan jernih. Lapisan FMC multilayer green film pada lensanya juga membuat gambar yang dihasilkan punya spektrum warna lebih dinamis.

3. Meade Instruments Infinity 50AZ

Image Source: Meade Instruments

Jika kamu mencari produk multifungsi yang bisa digunakan untuk melihat benda langi atau permukaan bumi, teropong bintang dari Meade Instruments bisa jadi pilihan yang tepat.

Dibekali lensa dengan aperture 60 mm dan focal length 700 mm, teropong bintang ini dapat menangkap gambar benda langit serta kondisi permukaan bumi dengan tajam dan jernih.

Adanya findercope 5x24 juga membuat penggunaan alat ini cukup mudah baik untuk peneliti atau pemula sekali pun.

4. LIANTU Teropong Bintang 300/70mm - F30070

Image Source: JakartaNotebook

Teropong bintang LIANTU hadir dengan zoom optik hingga 150x. Fitur tersebut memungkinkan kamu mengamati benda langit dengan lebih detail. Lensa objekktif 70 mm dilapisi multi-layer coating membuat alat ini dapat meningkatkan kontras dan membuat pantulan gambar yang dihasilkan lebih jernih.

5. CELESTRON Star Trang Teropong Bintang - SCTW-70

Image Source: JakartaNotebook

Rekomendasi teleskop bintang selanjutnya kembali datang dari CELESTRON, tepatnya seri SCTW-70. Produk ini memungkinkan kamu melihat indahnya alam semesta dari smartphone dengan fitur smart view. Cukup letakkan smartphone pada holder dan kamu bisa langsung megunakan fitur ini.

Termasuk dalam jajaran produk premium, teleskop ini juga dibekali komponen super lengkap seperti lensa objektif 4 sisi, lensa asferis 4 mm, serta jendela dengan skala presisi. Semakin sempurna karena teleskop menggunakan sistem pemasangan astro theodolite sehingga dapat langsung dirakit tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

6. Nikula Teropong Bintang 360/50mm - F36050

Image Source: JakartaNotebook

Siapa bilang melihat objek-objek langit cuma bisa dilakukan dengan alat yang mahal? Teleskop bintang dari Nikula membuat kamu bisa melihat indahnya alam semesta cuma dengan Rp 100-ribuan saja!

Hadir sebagai solusi ekonomis untuk para pecinta alam semesta, teleskop ini dibekali lensa berdiameter 50 mm, focal length 360 mm, dan apertur f/7. Jika membutuhkan hasil gambar yang lebih jelas, lensa dengan ukuran 6 mm dan 20 mm mampu menghasilkan pantulan gambar suoer jernih.

7. CELESTRON Cometron 114AZ

Image Source: CELESTRON

Masih dari Celestron, rekomendasi teropong bintang terakhir ini dirancang khusus untuk membantu kamu melihat komet. Dibuat agar bisa melihat benda langit dengan kecepatan tinggi, alat ini dibekali dua eyepieces Kellner sehingga kamu punya sudut pandang yang luas.

Kombinasi aperture 114 mm dan focal length 450 mm memungkinkan kamu untuk melihat objek langit super jauh dengan kualitas terbaik. Semakin lengkap dengan tripod dari stainless steel yang kokoh dan tidak mudah rusak sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

Bagaimana? Apakah kamu sudah menentukan produk mana yang kamu pilih untuk menemanimu menjelajah alam semesta? Semua teropong bintang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu hanya tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain teropong bintang, kamu juga bisa menemuakan produk untuk mendukung aneka hobi, seperti joran pancing, helm sepeda, gamepad, hingga karburator motor di JakartaNotebook.

Selamat menikmati indahnya alam semesta, Jaknoters!