Tersiksa karena Kaki Lecet? Cegah dengan Melakukan Hal Ini

Lecet pada kaki memang salah satu hal yang sangat menjengkelkan. Lantas, hal apa sajakah yang dapat dilakukan untuk menghindari itu terjadi?

Tersiksa karena Kaki Lecet? Cegah dengan Melakukan Hal Ini
Image Source: Dusbus.com

Shoe bites atau lecet pada kaki umumnya disebabkan oleh kulit kaki yang bergesekan dengan permukaan kasar pada ujung sepatu dalam jangka waktu yang lama. Gesekan tersebut menyebabkan kulit menjadi iritasi dan akhirnya melepuh sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan tidak nyaman.

Biasanya lecet ini lebih sering terjadi di area kaki yang memiliki kulit lebih tipis seperti tumit, jari kaki, atau sisi kaki. Penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau longgar, material sepatu yang tidak nyaman, hingga jahitan sepatu yang kasar dapat menjadi pemicu timbulnya lecet pada kaki.

Jika kamu mengalami kaki lecet yang harus kamu lakukan adalah, pertama bersihkan area kaki yang lecet dengan air mengalir, lalu keringkan. Selanjutnya oleskan madu, gel lidah buaya, atau petroleum jelly untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah terjadinya peradangan dan infeksi.

Walaupun terbilang cepat untuk disembuhkan, tetapi jangan biarkan lecet pada kaki mengganggu aktivitasmu, ya. Intip beberapa cara mudah berikut ini untuk mencegah terjadinya lecet pada kaki agar kamu dapat beraktivitas dengan nyaman.

1. Pakai Kaos Kaki

Image Source: Vecteezy

Apa pun jenis sepatunya, sangat dianjurkan untuk memakai kaos kaki. Kaos kaki dapat berfungsi untuk mengurangi gesekan antara kaki dan sepatu. Semakin tebal kaos kaki yang dipakai, semakin sedikit gesekan yang akan terjadi.

Jika kamu senang memakai flat shoes, loafer, atau oxford, kamu bisa menggunakan kaos kaki setumit atau hidden socks agar tidak mengganggu penampilan sepatu kamu. Pastikan kaos kaki dapat menyerap keringat dengan baik.

2. Gunakan Plester

Image Source: Vecteezy

Kalau kamu tidak ingin menggunakan kaos kaki, kamu dapat menggunakan plester sebagai alternatif untuk menghalangi terjadinya gesekan antara sepatu dan kaki kamu.

Gunakan plester, perban, atau selotip putih ramah kulit di bagian belakang pergelangan kaki atau area kaki lainnya yang mungkin bergesekan dengan pinggiran sepatu.

3. Gunakan Bantalan atau Pelindung Tumit

Image Source: Jakartanotebook

Ingin menggunakan sepatu kesayangan tetapi malah menimbulkan lecet? Pasang bantalan atau pelindung tumit ke sepatu agar kamu tetap dapat beraktivitas dengan nyaman.

Disarankan untuk menggunakan bantalan sepatu berbentuk T agar dapat melindungi bagian tumit dan bawah tumit kamu sekaligus.

4. Gunakan Sepatu dengan Ukuran Sesuai dan Bahan yang Nyaman

Image Source: Freepik

Saat membeli sepatu baru, pastikan ukuran yang dipilih pas dengan kaki kamu. Ada baiknya sepatu yang digunakan memiliki ruang sekitar 1–2 cm agar kaki kamu dapat “bernapas”. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu ketat.

Selain ukuran, material sepatu juga menjadi salah satu pemicu utama timbulnya lecet pada kaki. Oleh karena itu, pilihlah sepatu dengan material yang nyaman. Tidak hanya desain, material sepatu juga menjadi aspek penting yang patut diperhatikan saat membeli sepatu.

Untuk mencegah terjadinya lecet, kamu dapat mengaplikasikan leather conditioner atau minyak kelapa dan minyak zaitun di area sepatu yang paling sering bergesekan dengan kaki agar permukaan sepatu yang kasar menjadi lebih lembut.

5. Oleskan Petroleum Jelly

Image Source: iStockphoto

Sebelum menggunakan sepatu, disarankan untuk mengoleskan petroleum jelly ke area kaki yang mudah lecet seperti di tumit atau bagian belakang pergelangan kaki atau di area yang bersentuhan dengan tepi sepatu.

Selain untuk mencegah lecet, mengoleskan petroleum jelly juga dapat dilakukan saat kamu telah terlanjur mengalami lecet pada kaki. Hal ini dikarenakan petroleum jelly itu sendiri memiliki sifat antimikroba.

***

Walaupun bukan luka yang serius, lecet pada kaki sebaiknya dihindari sebisa mungkin dengan melakukan deretan langkah mudah di atas agar tidak mengganggu aktivitas harianmu. Say no more to shoe bites!