Tidak Melulu Gadget, Berikut Permainan yang Seru Dimainkan Bersama Teman atau Kerabat

Banyak permainan klasik yang seru dimainkan bersama teman-teman. Cari tahu yuk!

Tidak Melulu Gadget, Berikut Permainan yang Seru Dimainkan Bersama Teman atau Kerabat
Image Source: Unsplash

Momen berkumpul bersama teman-teman ataupun kerabat paling mengasyikkan bila diisi dengan mengobrol, bercanda, ataupun bermain permainan yang seru. Walaupun di era sekarang ini sudah banyak permainan yang dimainkan di gadget, namun tidak ada salahnya untuk kembali memainkan permainan tanpa adanya unsur internet. Berikut beberapa permainan yang asyik dan seru dimainkan bersama-sama.

1. Permainan Bingo

Permainan satu ini menggunakan bola-bola yang memiliki angka dan juga set kartu berisikan angka-angka tersebut. Kamu diharuskan untuk mengumpulkan deretan angka yang tersusun secara horizontal ataupun vertikal.

Image Source: JakartaNotebook

Yang membuat seru adalah saat kamu harus memutar rolet untuk mengeluarkan bola-bola berisikan angka tersebut. Jika bola pada angka tersebut keluar dan ada di kartu, maka kamu bisa menandai angka pada kartu dengan cip. Jika sudah tersusun 5 kotak berderet, maka itu sudah menghasilkan BINGO.

2. Crazy Pirates Roulette Lucky Barrel

Permainan satu ini cukup populer karena kerap muncul di acara reality show Korea Running Man. Permainan ini mengharuskan pemain untuk menusukkan pedang ke slot yang ada di bodi barrel atau tong yang mana di atasnya ada bajak laut.

Image Source: JakartaNotebook

Kamu bisa menentukan hukuman untuk membuat permainan jadi lebih seru untuk dimainkan. Barangsiapa yang membuat bajak laut melompat saat menusukkan pedang, maka dia yang mendapatkan hukuman. Permainan crazy pirates roulette lucky barrel ini bisa dimainkan 2-4 orang sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu luang.

3. Catur/Chessboard

Siapa yang tidak mengenal permainan catur? Permainan ini mampu mengasah otak para pemainnya dalam menentukan strategi yang mengancam posisi bidak raja milik lawan.

Image Source: JakartaNotebook

Permainan ini dimainkan oleh 2 orang dan mengharuskan pemainnya untuk menghabisi seluruh bidak catur di atas papan ataupun membuat raja masing-masing mati langkah atau sekakmat. Catur juga diakui sebagai salah satu cabang olahraga yang mampu melatih otak untuk berpikir dan mengatur strategi dalam waktu yang relatif singkat.

4. Spot It Classic Card

Permainan kartu ini melatih ketelitian, fokus, kemampuan berbicara dan persepsi visual anak Anda. Permainan ini cocok untuk dimainkan bersama 2 orang atau lebih. Di setiap kartu terdapat 8 objek. Konsep dari permainan kartu ini adalah Anda harus menemukan 1 objek yang sama pada 2 kartu dengan komposisi objek yang berbeda.

Image Source: JakartaNotebook

Mainan kartu ini sangat menyenangkan bila dimainkan bersama keluarga ataupun teman. Terlebih lagi, spot it ini dapat dimainkan oleh siapapun dengan usia 7 tahun ke atas. Anda dapat melatih kecepatan, ketepatan, dan ketelitian untuk menemukan objek yang sama dari dua kartu.

5. Monopoli

Seperti namanya, permainan klasik ini mengharuskan Anda untuk mendominasi setiap tempat agar pemain lain harus membayar jika berhenti di setiap lokasi yang Anda miliki. Permainan ini dapat dimainkan oleh beberapa orang. Terdapat 22 tempat yang dibagi menjadi 8 kelompok berwarna, 4 stasiun dan 2 perusahaan, lalu ada kartu aksi yaitu Dana Umum dan Kesempatan yang mana berisi perintah yang harus dijalankan oleh pemainnya.

Playing Monopoly board game
Image Source: Unsplash

Yang utama tentu saja uang-uangan monopoli, semakin banyak Anda menguasai tempat maka semakin banyak uang yang bisa Anda kumpulkan. Untuk memenangkan permainan ini, dapat dibuat aturan untuk menguasai satu kelompok warna atau membuat pemain lain bangkrut. Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan di waktu luang karna waktu yang dibutuhkan untuk permainan ini cukup panjang.

***
Bagaimana? Tertarik untuk memainkan berbagai permainan di atas bersama teman-teman atau kerabat? Buat kamu yang tertarik namun belum memiliki permainan tersebut, kamu bisa mencari permainan-permainan klasik lainnya di berbagai platform belanja online, salah satunya JakartaNotebook karena di situ banyak sekali barang unik dan juga permainan klasik yang seru dimainkan bersama teman-teman. Selamat bermain!