Tingkatkan Keamanan Rumah dengan Alat Pintar

Untuk meningkatkan keamanan rumah, Anda bisa menambahkan CCTV, smart lock door, smoke detector hingga gas leak detector.ti

Tingkatkan Keamanan Rumah dengan Alat Pintar
Image Source: Unsplash

Apakah Anda selalu merasa khawatir saat meninggalkan rumah? Tak tenang saat bepergian meninggalkan rumah apalagi tanpa security atau ART? Tidak ada salahnya Anda khawatir tentang hal itu karena banyak kasus kemalingan hingga kebakaran terjadi saat rumah dalam keadaan kosong.

Untuk menyiasatinya, Anda perlu alat pengaman rumah sehingga Anda tak perlu khawatir lagi saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong atau untuk berjaga-jaga saja saat Anda sedang berada di rumah. Ada berbagai alat pengaman yang bisa Anda pilih di JakartaNotebook di antaranya:

1. CCTV

Image Source: JakartaNotebook

Alat pertama yang harus Anda punya agar tetap mengetahui kondisi rumah saat bepergian adalah CCTV. Alat ini adalah kamera visual yang mentransmisikan sinyal tertentu ke sebuah monitor. Anda bisa memasang CCTV di area pintu masuk, jendela, hingga tempat Anda menyimpan barang berharga.

Kini sudah banyak jenis CCTV yang bisa terkoneksi dengan ponsel sehingga Anda bisa memantau keadaan rumah dari jauh. Dengan memasang CCTV, maling pun akan segan untuk masuk ke rumah Anda.

2. Smart Door Lock

Image Source: JakartaNotebook

Maling akan mencari 1001 cara untuk masuk ke dalam rumah Anda. Namun jika Anda menggunakan smart lock door, maling akan kehabisan cara karena smart lock door atau gagang pintu pintar memiliki proteksi keamanan yang sangat tinggi.

Untuk pilihan kuncinya saja tak hanya menggunakan kunci biasa, namun Anda bisa menggunakan password, sidik jari, kartu, hingga bluetooth. Jika pintu Anda berusaha dibuka secara paksa, pintu akan otomatis menyalakan alarm sehingga maling akan kabur seketika.

Ada banyak pilihan smart lock door yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan keamanan rumah Anda.

3. Gas Leak Detector

Image Source: JakartaNotebook

Tak sedikit kasus kebakaran berawal dari gas yang bocor dan terlambat untuk ditangani. Untuk mengurangi hal tersebut, Anda bisa memasang alat deteksi gas bocor di rumah Anda. Biasanya alat ini diletakkan di dekat sumber gas seperti kompor.

Alat ini akan menyala dan mengaktifkan alarm ketika mendeteksi gas yang bocor dalam kadar tinggi. Ketika alarm berbunyi, Anda dapat segera mengambil tindakan. Atau jika Anda sedang berada di luar rumah, Anda bisa memantaunya melalui smartphone sehingga rumah akan tetap aman.

4. Smoke Detector

Image Source: JakartaNotebook

Untuk mencegah kebakaran, Anda harus memiliki alat yang satu ini yaitu alat pendeteksi kebakaran atau smoke detector. Alat ini dilengkapi dengan alarm yang akan menyala ketika mendeteksi adanya asap kebakaran atau asap karbon dioksida.

Dengan adanya smoke detector, tentunya Anda dapat sigap untuk memadamkan api atau menyelamatkan diri saat alarm berbunyi.

Itulah rekomendasi alat-alat rumah pintar yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan keamanan di rumah. Jangan lupa mengunjungi JakartaNotebook untuk beragam penawaran-penawaran menarik dan barang-barang unik.