Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Mengajak Bermain

Kecerdasan anak tidak hanya didapatkan dari belajar saja, namun juga dari berbagai permainan. Berikut permainan yang mampu membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Mengajak Bermain
Image Source: Unsplash

Selain diperoleh dengan belajar, kecerdasan anak dapat juga dikembangkan melalui permainan. Permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak utamanya adalah permaiann yang mengasah otak atau pengembangan kreativitas. Apa saja kira-kira permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak? Simak beberapa informasinya berikut.

1. Permainan Balok Lego

Image Source: Freepik

Permainan menyusun balok menjadi sebuah bentuk atau bangunan dapat meningkatkan keterampilan, visualisasi atas objek sesuai imajinasi, dan juga kemampuan motorik anak. Permainan ini dapat dikenalkan untuk anak-anak berusia 5 tahun ke atas dengan bimbingan orang tua. Ketika anak bermain dan dapat menyelesaikan suatu susunan objek akan sangat membantu tumbuh kembang kecerdasan anak.

2. Puzzle

Image Source: Pexels

Puzzle atau permainan menyusun kepingan potongan gambar menjadi sebuah gambar yang utuh dapat melatih kecerdasan anak untuk memecahkan suatu masalah. Orang tua dapat memberikan puzzle dengan tingkat kesulitan yang berbeda seiring dengan kemampuan anak dalam menyusun kembali puzzle yang diberikan.

3. Rubik

Image Source: Pexels

Permainan rubik dapat melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri sehingga dapat membantu anak untuk tetap berkonsentrasi. Permainan ini juga membutuhkan kesabaran untuk dapat menyelesaikannya sehingga menjadi susunan warna yang sama.

4. Permainan Labirin

Image Source: JakartaNotebook

Permainan labirin ini memiliki misi untuk mengantarkan bola kecil sampai ke titik akhir melewati rintangan. Hal ini dapat membantu perkembangan anak dalam menyelesaikan masalah. Permainan ini mengharuskan anak untuk menggerakkan objek dengan berbagai jalur yang ada hingga sampai ke tempat tujuan. Orang tua dapat membantu memberi arahan agar anak dapat menyelesaikan tantangan yang ada di permainan.

5. Permainan Mengingat Gambar

Image Source: JakartaNotebook

Daya ingat merupakan faktor penting dalam kecerdasan anak sehingga permainan ini akan sangat melatih daya ingat anak terhadap objek yang dilihat. Permainan mengingat gambar ini dapat meningkatkan perhatian dan fokus anak terhadap objek yang akan diselesaikan permasalahannya. Orang tua dapat memandu anak untuk memberikan informasi perihal gambar yang akan diingat oleh anak.

***

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa bermain dapat membantu anak untuk meraih kebahagiaan sekaligus belajar. Sebagai orang tua kita wajib memberikan waktu yang cukup dengan mengajak anak bermain sehingga tumbuh kembang anak dapat lebih optimal.