Tingkatkan Konsentrasi dengan Bermain Catur Setiap Hari

Bermain catur selain mengasah kemampuan berpikir ternyata memiliki manfaat lainnya. Penasaran apa saja? Simak artikel di bawah ini!

Tingkatkan Konsentrasi dengan Bermain Catur Setiap Hari
Source Image: Unsplash

Daya konsentrasi manusia ternyata dapat ditingkatkan dengan bermain catur. Permainan yang melibatkan dua orang di papan persegi ini sangat mengasah kinerja berpikir, karena setiap pemain harus memiliki strategi terbaik untuk memenangkan permainan. Tak heran, catur pun dinobatkan sebagai olahraga otak.

Catur sendiri merupakan permainan yang terdiri dari sejumlah buah catur. Masing-masing buah catur memiliki cara jalan berbeda, seperti kuda yang jalan berbentuk huruf ‘L’ hingga menteri atau ratu yang dapat jalan ke berbagai sisi. Hal itulah yang membuat catur menjadi menarik untuk dimainkan.

Bermain catur ternyata memiliki banyak manfaat karena permainan ini dapat membuat kinerja otak lebih optimal serta meningkatkan kesehatan otak. Bermain catur setiap hari di waktu senggang pun dapat membuat kesehatan dan kinerja otak Anda akan jauh lebih baik setiap hari.

Seiring bertambahnya usia, daya ingat menjadi masalah yang terkadang kerap mengganggu. Sampai-sampai kerap disebut mengalami pikun atau demensia dari orang di sekitar Anda. Menurut penelitian Departemen Pendidikan di Moldavia, menyatakan kalau catur dapat mempertajam daya ingat. Bahkan, apabila dimainkan oleh anak-anak maka dapat menambah daya imajinasinya.

Selain meningkatkan kinerja otak, catur juga memiliki banyak manfaat lain, lho. Kira-kira apa saja ya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Melatih Kesabaran

Source Image: Unsplash

Apakah Anda setuju bahwa catur bukanlah permainan yang sebentar? Dilansir dari chess.com, salah satu partai terlama dalam sejarah catur adalah antara Ivan Nikolic vs Goran Arsovic pada tahun 1989 yang berakhir dalam waktu 20 jam lebih dengan hasil remis! Namun, pada saat itu aturan yang berlaku cukup berbeda dengan sekarang.

Dengan waktu yang selama itu, otomatis para pemain dituntut untuk bersabar. Terutama dalam bertindak atau mengambil langkah, para pemain catur biasanya sangat hati-hati. Maka dari itu, permainan yang melibatkan strategi ini dapat melatih kesabaran Anda.

2. Melatih Logika

Source Image: Unsplash

Selain kesabaran, permainan catur juga membuat Anda untuk berpikir logis. Terutama saat strategi Anda tidak berjalan dengan baik, di mana terjadi saling ‘makan’ antar buah catur dengan pemain lawan. Otomatis pertukaran tersebut harus dilakukan apabila dapat memperlancar strategi Anda. Untuk itu, Anda pun berpikir secara logis apakah pertukaran atau saling makan ini berharga atau tidak.

3. Mencegah Risiko Alzheimer

Source Image: Unsplash

Bermain catur dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Penyakit ini dapat membuat penderitanya tidak dapat beraktivitas selayaknya orang normal sehari-hari. Hal itu terjadi akibat otak yang mengalami penurunan dan berpengaruh terhadap kemampuan berbicara.

Permainan catur sangat erat kaitannya dengan kerja otak sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer karena setiap pemain harus terus berpikir dan membuat otak bekerja untuk menentukan langkah yang tepat dalam memenangkan permainan.

4. Mengasah Memori Otak

Source Image: Unsplash

Memori otak akan terasah apabila Anda sering bermain catur bermodalkan strategi. Pasalnya, strategi yang Anda siapkan otomatis sudah direkam di otak dengan baik. Maka setiap permainan berjalan, otak akan memanggil kembali memori tersebut dan mengingat terkait strategi yang Anda gunakan. Semakin sering Anda bermain dengan strategi, maka semakin sering pula memori Anda akan terasah.

****

Itulah beberapa manfaat catur yang bisa Anda dapatkan apabila memainkannya setiap hari. Permainan ini memang identik dengan kinerja otak, maka dari itu bagi Anda yang ingin mengasah atau meningkatkan kinerja otak dapat bermain catur. Terlebih sekarang telah tersedia papan catur dengan magnet yang dapat dimainkan di rumah, selepas bekerja, atau saat waktu istirahat.