Tips Ampuh Membakar Lemak, Selamat Tinggal Perut Buncit!

Lemak yang menumpuk pada perut selain membuat tidak percaya diri, menandakan adanya masalah kesehatan serius pada tubuh.

Tips Ampuh Membakar Lemak, Selamat Tinggal Perut Buncit!
Image Source: Pixabay

Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Namun terkadang, penumpukan lemak terutama di area perut menjadi salah satu pemicu yang membuat kita menjadi tidak percaya diri. Lalu, bagaimana cara menghilangkan lemak perut?

Sebelum kamu pusing mengenai cara menghilangkannya, yuk kenali apa itu lemak perut!

Lemak perut terbagi menjadi dua, yaitu lemak visceral dan lemak subkutan. Lemak visceral merupakan lemak yang terletak di sekitar organ dalam tubuh, seperti lambung, hati, dan usus. Sementara lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit dan dapat terlihat.

Penumpukan lemak tersebut dipengaruhi dan disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya kalori berlebih, penuaan, genetik, menu makanan tidak sehat, stres, gangguan tidur, malas bergerak, hingga konsumsi makanan yang tidak sehat.

Jumlah lemak yang berlebih pada perut menyebabkan perut menjadi lebih buncit dan bergelambir sehingga memengaruhi penampilan serta kesehatan tubuh. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan lemak perut. Berikut tipsnya:

1. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Image Source: Pixabay

Cara ampuh yang pertama untuk menghilangkan lemak di perut adalah dengan membatasi konsumsi gula atau makanan manis lainnya. Jika kamu mengonsumsi gula secara berlebih, tidak hanya meningkatkan berat badan, tetapi juga menyebabkan penimbunan lemak bahkan menaikkan level insulin dalam tubuh.

American Heart Association menyatakan, konsumsi gula yang baik bagi wanita tidak boleh lebih dari 100 kalori, atau sekitar 6 sendok teh tiap harinya. Sementara bagi pria, batas maksimal konsumsi gula tidak boleh lebih dari 150 kalori alias sekitar 9 sendok teh untuk tiap harinya.

Untuk itu, batasi konsumsi makanan manis atau yang mengandung gula terlalu tinggi mulai dari sekarang. Periksa tabel informasi nilai gizi setiap kali kamu membeli makanan atau minuman kemasan, dan hindari pemakaian pemanis buatan saat mengolah makanan sendiri di rumah.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Image Source: Pixabay

Mengonsumsi makanan tinggi serat adalah cara lain untuk mengurangi lemak perut. Makanan yang tinggi serat dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sekaligus meratakan perut buncit.

Kamu bisa mendapatkan makanan tinggi serat dari kacang-kacangan, sereal gandum utuh, buah segar, kentang panggang, ubi, sayur-sayuran hijau, dan roti gandum utuh.

3. Latihan Kardio

Image Source: Pexels

Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak perut adalah kardio. Latihan kardio yang stabil selain membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, juga membuat denyut jantung kamu tetap berada di tingkat yang relatif stabil selama setidaknya 10 menit.

Namun, jika kamu memilih latihan kardio dengan intensitas tinggi atau yang lebih dikenal dengan HIIT (High Intensity Interval Training), maka lakukan olahraga ini selama 30 menit dalam satu sesi. Gerakan berulang pada teknik HIIT kardio dapat membantu membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat.

Berbagai aktivitas latihan kardio dengan intensitas sedang atau tinggi yang bisa kamu terapkan di antaranya berlari, berjalan/jogging, hiking, bersepeda, menari, atau berenang.

Untuk mendukung program membakar lemak agar berjalan lancar dan sukses, kunjungi Jakartanotebook.com untuk memiliki sejumlah alat olahraga penunjang kardio yang bisa kamu terapkan di rumah.