Tips Anti Kesiangan Saat Sahur, Anak Kos Harus Tahu!

Bangun sahur menjadi tantangan bagi sebagian orang dan melewatkan waktu makan sahur mungkin menjadi hal yang biasa bagi anak kos.

Tips Anti Kesiangan Saat Sahur, Anak Kos Harus Tahu!
Image Source: Vecteezy

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan setiap umat muslim. Salah satu persiapan agar kuat menjalani puasa adalah sahur. Tetapi, bagun sahur menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Bangun lebih awal untuk sahur terkadang memang tidak mudah sehingga beberapa orang dan mungkin kamu salah satunya sering kesiangan sehingga melewatkan makan sahur. Padahal, makan sahur sangat penting agar badan tetap fit selama sisa hari puasa.

Telat bangun saat sahur ini terkadang sering dialami mereka yang tinggal sendiri atau anak kos yang merantau jauh dari rumah. Alarm ponsel atau suara bedug dari anak-anak yang biasanya keliling rumah menjadi andalan untuk membangunkan sahur, namun terkadang hal itu tidak berhasil.

Jika kamu adalah tipe orang yang sering kesiangan saat sahur, berikut beberapa tips jitu agar tidak lagi kesiangan dan melewatkan waktu sahur.

1. Kurangi Konsumsi Kafein

Image Source: Pexels

Mengurangi minuman berkafein sebelum tidur merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan agar tidak bangun kesiangan saat sahur. Mengonsumsi kafein akan membuat kamu merasa lebih berenergi.

Terlebih jika meminumnya 2 jam sebelum tidur, karena kamu sulit untuk tidur lebih awal. Dampaknya kamu akan sulit untuk bangun saat waktu sahur tiba, dan akan meumbulkan rasa lemas ketika puasa karena melewatkan makan sahur.

2. Makan Secukupnya Saat dan Setelah Berbuka

Image Source: Pixabay

Puasa satu hari penuh terkadang menimbulkan keinginan untuk mengonsumsi banyak makanan dan minuman saat waktu berbuka telah tiba. Tak jarang waktu berbuka dijadikan ajang “balas dendam”.

Tapi tahukah kamu kalau makan atau minum berlebih saat berbuka tidak disarankan? Kondisi perut yang terlalu kenyang ketika berbuka puasa membuat tubuh lebih berat untuk mencerna makanan.

Kondisi ini mengakibatkan tubuh terasa lemas dan menimbulkan rasa kantuk. Kamu akan malas untuk bangun sahur karena berpikir kamu sudah kenyang. Oleh karena itu, disarankan untuk makan dan minum secukupnya saat berbuka puasa.

3. Pasang Alarm dan Letakkan Jauh Dari Jangkauan

Image Source: Pexels

Sebelum pergi tidur, pastikan kamu telah mengatur alarm dan meletakkan jam alarm jauh dari tempat tidur. Atur alarm 30 menit lebih awal dari jadwal sahur kamu dan jangan lupa untuk mengaktifkan fungsi snooze.

Atur volume alarm lebih kencang dari biasanya, pilih lagu atau ringtone yang bertempo keras. Pada saat alarm berbunyi, kamu akan secara otomatis bergerak untuk mencari dan mematikannya.

Untuk mendukung rencana bangun tepat waktu ketika makan sahur, kamu perlu beberapa alarm dengan berbagai fitur canggih seperti berikut:

NieNie Jam Weker Mirror Alarm Digital + Temperature - TS-S69 - Black - JakartaNotebook.com
NieNie Jam Weker Mirror Alarm Digital + Temperature - TS-S69 termurah. Dapatkan dengan mudah NieNie Jam Weker Mirror Alarm Digital + Temperature - TS-S69 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Hadir dengan desain minimalis dan modern, bagian depan dari jam ini dapat memantulkan refleksi di depannya dengan sangat baik. Memiliki fitur mode malam, menjadikan lampu LED pada jam bisa dimatikan dan hidupkan pada waktu yang kamu inginkan.

Manfaatkan fitur snooze atau waktu tunda, jam weker versi digital ini akan terus menyala selama 1 menit. Kamu bisa atur waktu tunda alarm sesuai keinginan, mulai dari 5 hingga 60 menit. Tampilan angka berukuran besar memudahkan kamu untuk melihat waktu dari jarak jauh sehingga kamu tidak akan kesiangan saat sahur.

SKMEI Jam Tangan Olahraga Smartwatch Bluetooth - 1303 - Black/Black - JakartaNotebook.com
SKMEI Jam Tangan Olahraga Smartwatch Bluetooth - 1303 termurah. Dapatkan dengan mudah SKMEI Jam Tangan Olahraga Smartwatch Bluetooth - 1303 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pernahkah terpikir untuk menggunakan alarm pada jam tangan sebagai alat bantu membangunkan kamu saat sahur?

Menggunakan jam tangan pintar dengan fitur alarm adalah cara lain yang bisa digunakan untuk membangunkan kamu saat sahur. Kamu bisa mengatur 8 alarm sekaligus di jam tangan atau di aplikasi dengan menghubungkan jam dan ponsel melalui koneksi Bluetooth.

Gunakan jam ketika kamu tidur. Jam akan bergetar dan berbunyi pada waktu yang telah diatur. Getaran yang diterima anggota tubuh akan membantu kamu bangun. Selain itu, kamu dapat langsung melihat waktu melalui jam tangan.

Kelebihan lain yang dimiliki jam tangan pintar ini adalah jam tetap membunyikan alarm pada waktu yang telah diatur, walau tidak terhubung dengan aplikasi sehingga kamu tidak perlu khawatir bangun kesiangan.

RONC Jam Meja Bluetooth Active Speaker Alarm Clock FM Radio TF Card - P10 - White - JakartaNotebook.com
RONC Jam Meja Bluetooth Active Speaker Alarm Clock FM Radio TF Card - P10 termurah. Dapatkan dengan mudah RONC Jam Meja Bluetooth Active Speaker Alarm Clock FM Radio TF Card - P10 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Tidak seperti jam meja biasanya, jam dengan fitur Bluetooth ini juga dilengkapi dengan speaker bervolume keras dan suara jernih. Kelebihan lain dari jam ini, yaitu fungsi snooze yang aktif secara otomatis setelah kamu mengatur jam alarm.

Alarm akan terus berbunyi selama 3 menit dan kembali berbunyi 7 menit kemudian. Dijamin, kamu akan terbangun pada waktu yang tepat dan tidak melewatkan makan sahur.

Persiapkan diri agar tidak kesiangan saat sahur nanti sehingga kamu bisa lebih semangat berpuasa. Yuk kunjungi JakartaNotebook untuk mencari keperluan rumah tangga lainnya selama bulan Ramadhan ini dengan harga terjangkau.