5 Tips Belanja Online dengan Aman

Belanja online memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dibalik kepraktisannya, ada risiko penipuan yang mengintai. Kamu bisa mengikuti tips berikut untuk belanja online yang lebih aman.

5 Tips Belanja Online dengan Aman
Image Source: freepik.com

Teknologi membuat segala kebutuhan dengan sangat mudah. Semakin canggih teknologi membuat Anda dapat melakukan kegiatan seperti belanja pakaian, barang, makanan, hingga kebutuhan lainnya yang super lengkap dan bisa didapatkan secara online.

Jumlah transaksi online pun terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Apalagi saat masa pandemi yang mendorong masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan secara online. Apakah Anda pernah melakukan transaksi online dan hasilnya mengecewakan? Jika iya, simak tips berikut ini agar belanja online lebih aman dan tidak mengecewakan.

1. Cek Harga Pasaran

Image Source: Pexels

Jika berbelanja online, satu hal yang harus diperhatikan dan jangan sampai lupa yaitu jangan pernah tergiur dengan harga murah. Bandingkan harga produk yang sama dengan toko atau marketplace lain. Jika dirasa harganya tidak masuk akal dan mencurigakan, sebaiknya jangan dibeli karena takut produk tersebut palsu atau terdapat modus lain dari si penjual.

2. Cari Tahu Reputasi Penjual

Image Source: Pexels

Sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online, alangkah baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang reputasi penjual. Beberapa hal yang Anda harus pastikan yaitu melihat status toko aktif atau tidak, berapa lama penjual telah berjualan, dan lihat beberapa review yang diberikan oleh pembeli sebelumnya.

3. Cek Ulasan Produk

Image Source: Pexels

Sama seperti mencari reputasi penjual, jangan lupa untuk mengecek ulasan produk yang akan Anda beli. Mengecek ulasan berguna untuk memberikan gambaran seberapa baik produk tersebut. Namun, perlu diingat bahwa baik buruknya produk itu relatif ya. Intinya setiap orang memiliki pandangan tersendiri.

4. Cermati Aturan Toko

Baik di marketplace atau media sosial, setiap toko memiliki aturannya masing-masing. Baik masa garansi, perjanjian waktu pengembalian dan sebagainya. Nah, sebelum membeli produk yang akan dibeli, sebaiknya Anda cermati aturan toko tersebut sebagai antisipasi jika nanti barang yang Anda terima mengecewakan.

Biasanya jika sebuah toko menjual produk dengan jujur, mereka akan menyediakan proses refund jika produk memang cacat dari pabrik. Bahkan mereka juga tak segan memberikan garansi pada pembeli. Akan tetapi proses refund terkadang sangatlah merepotkan. Untuk Anda yang sering membeli baju, alangkah baiknya mengukur tubuh Anda sendiri dengan meteran badan sebelum memesan untuk menghindari kesalahan ukuran dan berujung tidak dapat direfund karena kesalahan Anda sendiri.

5. Hindari Transfer Langsung

Image Source: Pexels

Sebaiknya, pilih marketplace sebagai platform Anda berbelanja online. Pasalnya, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah antara penjual dan pembeli. Hal tersebut dilakukan agar uang Anda lebih aman dan meminimalisir penipuan.

***

Nah, itulah beberapa tips aman berbelanja online yang aman dan tidak mengecewakan. Kunjungi JakartaNotebook untuk belanja online dengan harga murah serta kualitas berkelas.