Tips Berhemat Ala Anak Kos Sejati

Menjadi anak kos adalah sebuah pilihan bagi para perantau. Tentunya perlu ada kiat-kiat untuk mengatur keuangan. Apa saja tipsnya? Simak tips berikut ini.

Tips Berhemat Ala Anak Kos Sejati
Image Source: Unsplash

Kos adalah solusi yang paling murah saat bekerja atau belajar meniti ilmu di luar kota asal. Tentunya biaya untuk tinggal di kota lain akan jauh berbeda ketika masih tinggal bersama keluarga. Kamu harus memikirkan bagaimana mengelola uang dengan baik untuk kebutuhan kuliah atau kebutuhan sehari-hari.

Nah berikut adalah beberapa tips untuk kamu bisa berhemat dan menekan pengeluaran kamu agar tidak mengalami drama akhir bulan.

1. Buat Anggaran Bulanan

Image Source: freepik

Yang pertama adalah membuat anggaran pengeluaran dalam sebulan. Kamu dapat memperkirakan berapa pengeluaran yang bisa kamu keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan transportasi, kebutuhan hiburan dan lain-lain. Pastikan kamu membuat perkiraan anggaran yang terperinci sehingga pengeluaran di luar anggaran dapat diminimalisir.

2. Masak Sendiri

Image Source: freepik

Jika tempat kos kamu tersedia fasilitas dapur, kamu bisa memasak sendiri untuk makan sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menekan biaya untuk makan kamu sehari-hari. Selain lebih murah, kamu bisa mengetahui dengan pasti apa yang kamu makan dan mengontrol asupan nutrisi sehari-hari.

3. Jangan Banyak Membuang Uang untuk Hiburan

Image Source: freepik

Walaupun bosan, kamu tidak harus membuang banyak uang untuk mencari hiburan. Kamu tidak perlu sering-sering pergi ke bioskop atau pergi ke cafe untuk mencari hiburan.

Kamu bisa mengajak teman-teman berkumpul di taman, menikmati kopi yang dibuat sendiri sambil mengobrol, atau bisa juga menonton film bersama di kos dan sebagainya. Dengan begitu kamu bisa mengalihkan dana hiburan untuk kebutuhan lainnya seperti memasukkan ke dana darurat ataupun ditabung.

4. Jangan Membeli Barang yang Tidak Perlu

Image Source: freepik

Beli lah barang-barang yang benar-benar diperlukan saja. Jangan terlalu memikirkan merek atau kualitas barang yang tidak terlalu penting. Tidak perlu ikut-ikutan teman yang memang mampu untuk membeli barang yang lebih mahal sehingga pengeluaran kamu juga tidak membengkak. Jangan tergiur dengan berbagai promo yang ditawarkan apabila kamu memang tidak terlalu membutuhkan barang tersebut.

5. Mencuci Pakaian Sendiri / Manfaatkan Fasilitas Kos

Image Source: freepik

Sesibuk apa pun kamu luangkan waktu untuk mencuci pakaian sendiri, jika harga kosan kamu sudah termasuk cuci pakaian, manfaatkan fasilitas tersebut sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk laundry.

Kamu juga bisa bertanya ke pengurus kos apakah mungkin menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian kamu sendiri atau tidak. Intinya sebisa mungkin kamu tidak perlu melakukan laundry di luar sehingga tentunya akan lebih hemat.

***

Itu lah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran kamu selama kamu tinggal di kos. Kamu bisa memanfaatkan uang yang kamu simpan untuk tambahan kebutuhan kuliah sehingga tidak selalu meminta tambahan uang ke keluarga, dan bagi yang bekerja agar terhindar dari drama akhir bulan yang selalu menunggu waktu gajian.