Tips Hemat Minyak Goreng saat Memasak

Menggunakan minyak yang berlebih sering kali membuat boros dan tak sehat. Anda harus mengurangi penggunaan minyak. Bagaimana? Berikut tipsnya.

Tips Hemat Minyak Goreng saat Memasak
Image Source: freepik

Minyak goreng merupakan salah satu komponen yang wajib ada saat memasak. Semenjak minyak goreng mengalami kenaikan harga, banyak orang berusaha lebih hemat menggunakan minyak saat memasak. Banyak pula yang pada akhirnya beralih menjalani hidup sehat dengan tidak menggunakan minyak goreng saat memasak. Meskipun minyak goreng selalu menjadikan makanan lebih enak dan bertekstur renyah, tetapi penggunaan terlalu banyak juga tidak baik.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar bisa menghemat penggunaan minyak goreng saat memasak? Yuk, simak tips di bawah ini!

1. Hindari Penggorengan Besar

Image Source: JakartaNotebook

Salah satu cara agar bisa menghemat minyak adalah menggunakan wajan kecil. Jika menggunakan wajan, penggorengan besar, dan penggorengan datar, Anda akan menggunakan lebih banyak minyak. Namun jika sudah terlanjur, Anda dapat menyimpan minyak pada wadah agar dapat digunakan kembali untuk jenis makanan yang sama.

2. Gunakan Semprotan

Image Source: JakartaNotebook

Agar tidak boros, Anda juga bisa menyemprotkan minyak seperlunya misalnya untuk menumis atau menggoreng makanan yang tidak membutuhkan banyak minyak seperti daging. Menyemprotkan minyak menggunakan semprotan minyak juga memungkinkan penggunaan yang lebih merata tapi tidak membuang banyak minyak. Cara ini juga bisa lebih sehat untuk yang berusaha mengurangi konsumsi minyak.

3. Coba dengan Memanggang

Image Source: freepik

Cara lain agar hemat minyak adalah mengganti kebiasaan menggoreng makanan dengan memanggang. Anda memang harus punya oven atau microwave untuk beralih menggunakan metode memasak ini, tetapi cara ini akan menghemat minyak dan menyehatkan tubuh karena makanan jadi lebih rendah kalori dan kolesterol. Gizi makanan juga cenderung lebih terjaga ketimbang digoreng.

4. Lebih Sering Menumis

Image Source: freepik

Anda dapat mencoba menumis makanan khususnya jika ingin memasak sayuran. Teknik memasak dengan cara menumis menggunakan sedikit minyak tentunya akan lebih sehat. Jika ingin lebih hemat lagi, gunakan penggorengan atau teflon anti lengket untuk menumis karena makanan tidak akan lengket di dasar penggorengan. Umumnya, masalah lengket saat menumis adalah kurangnya minyak. Jika menggunakan teflon anti lengket, Anda bahkan bisa menumis tanpa menggunakan minyak.

5. Merebus dan Mengukus

Image Source: Pexels

Belajarlah meninggalkan kebiasaan makan makanan berminyak dan beralih pada makan makanan yang direbus dan dikukus. Makanan bebas minyak lebih rendah kalori dan kolesterol sehingga kesehatan lebih terjaga. Sesekali saja Anda bisa makan makanan yang digoreng, selebihnya makanlah makanan yang direbus dan dikukus seperti membuat sup, dimsum, pepesan, ungkep, bacem, dan lain sebagainya.

***

Demikian tips menghemat minyak goreng saat memasak. Semoga Anda dapat menghemat penggunaan minyak goreng di kala harga minyak yang sedang melambung tinggi, namun tetap membuat makanan yang enak.