Ingin Membuat Steak yang Enak Anti Gagal? Ikuti Tips Berikut!

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasak steak yang enak dan anti gagal. Apa sajakah itu?

Ingin Membuat Steak yang Enak Anti Gagal? Ikuti Tips Berikut!
Image Source: TravelKompas

Steak merupakan makanan Barat yang populer dan mudah ditemukan di restoran. Cara membuatnya adalah dengan dipanggang atau digoreng, menyesuaikan dengan selera penikmatnya. Menurut sebagian orang, harganya relatif mahal sehingga membuat makanan ini digolongkan sebagai makanan mewah.

Agar lebih murah dibandingkan membeli steak di restoran, Anda bisa mencoba membuat steak di rumah. Pembuatannya pun tidak begitu sulit sehingga sangat memungkinkan untuk dibuat dan dihidangkan untuk keluarga tercinta.

Bagi Anda yang ingin menghidangkan steak untuk keluarga tercinta, berikut tips untuk memasak steak di rumah.

  • Pilih Daging dan Potongan yang Tepat

Dasar dari memasak steak adalah memilih potongan daging sapi yang tepat. Anda dapat memilih daging dengan kualitas yang beragam sesuai dengan selera dan kebutuhan. Terdapat beberapa potongan daging steak yang umum digunakan, seperti tenderloin, sirloin, dan rib eye.

Tebal daging juga akan menentukan kontrol temperatur saat memasak. Ketebalan daging yang ideal sekitar 2.5 inch atau 7 cm dan sebaiknya memilih daging yang memiliki banyak serat lemak.

  • Selera Pemilihan Bumbu

Bumbu steak umumnya sederhana, cukup marinasi dengan garam dan lada secukupnya. Anda dapat menambahkan bumbu lainnya sesuai dengan selera, seperti bawang putih, thyme atau rosemary. Anda pun juga dapat menambahkan saus kemasan yang biasa dijual di supermarket untuk menambah cita rasa pada steak Anda.

  • Teknik Memasak dan Peralatan yang Harus Disiapkan

Untuk memasak steak, tentunya Anda memerlukan wajan berbahan besi agar memperoleh suhu tinggi yang baik. Anda juga harus membolak-balikkan daging agar memperoleh hasil yang Anda inginkan.

Membalikkan daging di waktu yang tepat sangatlah dibutuhkan, oleh karena itu Anda membutuhkan timer masak agar tingkat akurasi memasak Anda semakin tepat. Terdapat 5 tingkat kematangan seperti rare, medium rare, medium, medium well, dan well done dengan waktu memasak yang berbeda.

  • Beri Jeda Setelah Memasak

Setelah dimasak, Anda harus memberikan jeda setidaknya 5 menit sebelum daging dipotong. Jeda ini bertujuan agar daging yang telah dimasak menjadi lebih juicy saat disantap. Agar lebih efektif dalam memasak, Anda dapat menggunakan jeda waktu ini untuk memasak side dishes pendamping steak, seperti kentang, wortel, brokoli, salad, dan sebagainya sesuai dengan selera.

  • Plating yang Cantik

Setelah memasak, Anda juga harus melakukan plating yang cantik agar lebih estetik dan dapat Anda share di media sosial. Penggunaan piring steak yang tepat akan membuat kesan estetik dan menggugah selera makan. Tidak lupa juga Anda membutuhkan Set perlengkapan makan steak seperti garpu, pisau dan sendok yang tepat agar mudah untuk menyantapnya.

Itulah tips untuk memasak steak di rumah bersama keluarga. Tidak harus mahal dan ribet, Anda dapat menyajikan makanan yang berkualitas dengan sangat mudah.