5 Tips Memilih AC Rumah yang Tepat, Jangan Salah Pilih!

Sebelum membeli AC rumah, pertimbangkan hal seperti PK pada AC, tipe kompresor yang digunakan, fitur yang tersedia, hingga efisiensi energi.

5 Tips Memilih AC Rumah yang Tepat, Jangan Salah Pilih!
Sumber: Storables.com
Summer is here!

Musim kemarau seringkali membawa suhu udara yang tinggi dan kadang-kadang menyengat. Walaupun hanya berdiam diri di rumah sekalipun, terkadang hawa terik matahari di luar tetap terasa.

Saat suasana menjadi tidak nyaman akibat panas, menggunakan AC atau Air Conditioner adalah salah satu cara paling efektif untuk menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan sejuk.

Namun, banyaknya jenis dan merek AC yang ada di pasaran, memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan jadi tugas yang menantang. Hal itu karena pemilihan AC yang tepat juga berdampak signifikan pada tagihan listrik dan kontribusi terhadap lingkungan.

Tips Memilih AC Rumah yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli AC impian, pastikan kamu memiliki budget dan lokasi pemasangan yang memadai. Jika masih bingung, berikut beberapa tips memilih AC rumah yang tepat berikut ini. Scroll terus ke bawah, ya!

1. Pilih PK AC Sesuai dengan Luas Ruangan

Pilih PK AC Sesuai dengan Luas Ruangan
Sumber: thespruce

Tips memilih AC pertama adalah memastikan apakah PK atau daya kesejukan atau kapasitas pendinginan yang ditawarkan oleh AC sesuai dengan ukuran ruangan yang akan didinginkan.

Jika PK terlalu kecil, AC harus bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Sebaliknya, PK yang terlalu besar juga menyebabkan tagihan listrik menjadi membengkak.

Umumnya rekomendasi luas ruangan untuk setiap ukuran PK AC antara lain:

  • 1/2 PK untuk ruangan 10 meter persegi
  • 3/4 PK untuk ruangan 14 meter persegi
  • 1 PK untuk ruangan 18 meter persegi
  • 1 1/2 PK untuk ruangan 24 meter persegi
  • 2 PK untuk ruangan 36 meter persegi.

Jika ruangan memiliki luas lebih dari 36 meter persegi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan 2 AC sekaligus.

2. Pilih Tipe AC Sesuai Kebutuhan

Pilih Tipe AC Sesuai Kebutuhan
Sumber: tclguides

Tipe dan jenis AC merupakan dua hal yang berbeda. Jenis AC terdiri dari AC portable, AC sentral, dan AC split. Sementara tipe AC umumnya terbagi menjadi AC inverter dan AC non inverter yang mengacu pada kecepatan kompresor dan penggunaan energi.

AC inverter memiliki kompresor yang bekerja dengan kecepatan rendah untuk mencapai suhu yang diinginkan. Sedangkan AC non inverter memiliki kompresor yang beroperasi pada kapasitas maksimum sehingga dapat mencapai suhu yang diinginkan secepat mungkin.

Kalau kamu mencari AC dengan tingkat efisiensi tinggi dan suhu yang konsisten, maka AC inverter adalah pilihan yang tepat. Meskipun harganya lebih mahal, dalam jangka panjang tipe AC ini lebih hemat dan praktis.

AC non inverter cocok untuk penggunaan yang tidak terlalu sering atau jika kamu tidak memerlukan suhu yang konstan sepanjang waktu. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan tipe AC inverter.

3. Perhatikan Fitur yang Tersedia

Perhatikan Fitur yang Tersedia
Sumber: ianhobbs

Jangan lupa untuk memeriksa fitur-fitur tambahan yang ditawarkan oleh AC. Beberapa AC modern dilengkapi teknologi canggih seperti pengaturan suhu otomatis, pengaturan kelembapan, filter udara, hingga pemantauan energi. Fitur-fitur ini tentunya dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi AC.

Sanyipace Alat Pembersih Udara Mini Air Purifier HEPA Deodorizer - TS-05 - Black - JakartaNotebook.com
Sanyipace Alat Pembersih Udara Mini Air Purifier HEPA Deodorizer - TS-05 termurah. Dapatkan dengan mudah Sanyipace Alat Pembersih Udara Mini Air Purifier HEPA Deodorizer - TS-05 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pilih AC dengan sistem pengaturan suhu yang mudah dan fitur mode pengaturan energi (seperti mode Eco atau Energy Saver) untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan mencegah pemakaian berlebih.

4. Pilih AC dengan Daya Listrik Rendah

Pilih AC dengan Daya Listrik Rendah
Sumber: iStockphoto

Selain dari segi harga dan fungsi, memilih AC dengan daya listrik rendah adalah langkah yang bijaksana untuk mengurangi tagihan listrik dan dampak negatif pada lingkungan.

Perhatikan label energi pada AC sebelum membeli. Label ini memberikan informasi tentang tingkat efisiensi energi AC. Pilih produk dengan rating efisiensi terbaik (A, A+, atau A++) agar lebih hemat energi dan tidak menyebabkan kantung kering.

5. Pilih Desain yang Mudah Dibersihkan

Pilih Desain yang Mudah Dibersihkan
Sumber: getquickair

Memilih AC dengan desain yang mudah dibersihkan merupakan hal penting agar kamu dapat dengan mudah menjaga kualitas udara dalam ruangan dan meningkatkan efisiensi serta umur pakai AC.

eTya Kain Lap Dapur Microfiber Cleaning Cloth - W-201 - Mix Color - JakartaNotebook.com
eTya Kain Lap Dapur Microfiber Cleaning Cloth - W-201 termurah. Dapatkan dengan mudah eTya Kain Lap Dapur Microfiber Cleaning Cloth - W-201 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan desain AC, yaitu filter udara yang mudah diakses dan dibersihkan, panel depan yang mudah dilepas, saluran drainase yang lancar, memiliki lapisan anti karat, memiliki fitur self cleaning, dan memiliki kualitas material yang baik.

Pastikan juga untuk melakukan perawatan rutin sesuai dengan petunjuk pabrikan dan membersihkan AC secara teratur untuk menjaga kualitas udara dan kinerjanya.

Pilihlah AC dari merk terpercaya yang sesuai dengan kebutuhan di rumahmu. Kamu juga dapat membaca ulasan produk yang memberikan informasi tentang performa dan kinerja AC dari sudut pandang pengguna sebenarnya.

Jika perlu, mintalah saran dari ahli AC atau teknisi profesional untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih akurat. Dengan AC yang tepat, kamu dapat merasa nyaman di rumah selama musim kemarau tanpa perlu khawatir akan biaya listrik yang membengkak.