8 Tips Memilih Kos yang Aman dan Nyaman, Jangan Salah Pilih!

Temukan 8 tips memilih kos yang aman dan nyaman agar tidak salah pilih. Dari lokasi hingga fasilitas, pastikan tempat tinggal kamu memenuhi semua kebutuhan.

8 Tips Memilih Kos yang Aman dan Nyaman, Jangan Salah Pilih!
Image source: Unsplash/reganography

Bagi kamu yang baru saja diterima di Universitas, terutama yang berada di luar daerah, mencari tempat tinggal pasti menjadi hal utama yang terpikirkan oleh kamu.

Perasaan berbeda untuk hidup mandiri dengan memiliki kamar sendiri serta memulai kehidupan sebagai orang dewasa yang tidak bergantung pada orang tua dapat menjadi tantangan tersendiri.

Mencari tempat tinggal atau kos tentu tidak bisa sembarangan dilakukan dan terburu-buru, mengingat kos-kosan akan menjadi tempat tinggal utama selama kamu berkuliah.

Tips Memilih Kosan

Image Source: Freepik/ArthurHidden

Kamu tentu ingin mendapatkan kos yang aman dan nyaman, bukan? Agar kamu jangan salah pilih tempat tinggal, berikut beberapa tips memilih kosan yang aman dan nyaman.

1. Pastikan Lokasi Dekat dengan Kampus dan Tempat Makan

Pastikan Lokasi Dekat dengan Kampus dan Tempat Makan
Image Source: Freepik/benzoix

Tujuan memilih kos adalah untuk membuat kamu mengurangi waktu tempuh ke kampus. Jadi, segera hapus daftar kos yang sesuai dengan budget dan fasilitas, tetapi jaraknya jauh dari kampus.

Mengapa? Lokasi kos yang dekat selain menghemat pengeluaran juga membuat kamu lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak akan lelah karena jarak tempuh yang terjangkau.

Dengan lokasi yang dekat dengan kampus, kamu dapat memiliki lebih banyak waktu untuk fokus belajar dan beristirahat. Selain itu, pastikan lokasi yang kamu pilih dekat dengan tempat makan atau pasar yang menjual bahan makanan segar untuk memastikan kecukupan gizi.

Prestasi di kampus tidak hanya dipengaruhi oleh cara dan jam belajar, tapi juga berbagai faktor lainnya, seperti kualitas makanan dan jam istirahat yang sering dilupakan oleh mahasiswa.

2. Fasilitas dan Lingkungan yang Mendukung

Fasilitas dan Lingkungan yang Mendukung
Image source: Freepik/freepik

Sebagai anak kos kamu harus betul-betul memperhatikan fasilitas yang ditawarkan. Kamu dapat melihat kamar kos dan bertemu dengan pemiliknya secara langsung dan bertanya mengenai fasilitas apa saja yang tersedia.

Tanyakan apakah kamu mendapatkan fasilitas seperti Wi-Fi, parkiran, air, listrik, dapur, hingga mencuci pakaian. Semua itu perlu kamu pastikan secara mendetail agar tidak ada permasalahan di kemudian hari.

BKZ Rak Sepatu Sandal Multilayer Shoe Rack Cloth Storage 4 Layer - F10 - Brown - JakartaNotebook.com
BKZ Rak Sepatu Sandal Multilayer Shoe Rack Cloth Storage 4 Layer - F10 termurah. Dapatkan dengan mudah BKZ Rak Sepatu Sandal Multilayer Shoe Rack Cloth Storage 4 Layer - F10 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Periksa Ukuran Kamar

Periksa Ukuran Kamar
Image source: Freepik/wirestock

Pertimbangkan kegiatan sehari-hari yang akan kamu lakukan di kamar kos. Jika Anda perlu ruang untuk belajar, bekerja, atau berolahraga, pastikan kamar cukup luas.

Pertimbangkan jumlah barang yang akan dibawa. Jika kamu memiliki banyak barang dan perabotan, maka kamu memerlukan kamar berukuran besar.

Selain itu, pastikan kamar memiliki pencahayaan yang baik dan ventilasi yang memadai, terutama jika ukuran kamar relatif kecil. Periksa juga apakah kamar sudah dilengkapi dengan furnitur seperti tempat tidur, meja, kursi, dan lemari.

4. Melihat Kondisi Kamar Mandi

Melihat Kondisi Kamar Mandi
Image source: Freepik/lookstudio

Sebagai fasilitas tidak kalah penting, kamar mandi perlu kamu pertimbangkan dalam memilih kosan, bahkan area ini perlu jadi pertimbangan pertama.

Mengapa? Karena setiap kos-kosan biasanya menawarkan tipe kamar dengan kamar mandi yang berbeda. Ada kamar mandi di luar kamar dan ada juga kamar mandi di dalam kamar.

Untuk kamu yang mengutamakan privasi, pilih lah kos yang menyediakan kamar mandi. Namun, jika tidak masalah dengan kamar mandi luar yang digunakan secara bergantian, maka jangan lupa untuk melihat kondisi kebersihan kamar mandi.

Hal ini perlu kamu pertimbangkan karena jika saudara, teman, atau orang tua berkunjung, mereka tidak akan kaget melihat kondisi kamar mandi tempat tinggalmu.

5. Perhatikan Lingkungan Kos

Perhatikan Lingkungan Kos
Image source: Freepik/freepik

Memilih kos yang tepat tidak hanya bergantung pada kondisi kamar atau fasilitas yang ada, tetapi juga pada lingkungan sekitar. Cari informasi mengenai tingkat keamanan di area tersebut.

Pastikan kos-kosan yang kamu inginkan berada di lokasi yang aman. Memilih lokasi yang tepat, akan membantumu lebih mudah beristirahat tanpa perlu khawatir apa pun.

Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar kos, termasuk jalanan, tempat sampah, dan drainase. Periksa ketersediaan dan jarak transportasi publik seperti bus, kereta, atau angkutan umum lainnya. Akses mudah ke transportasi publik akan memudahkan mobilitasmu.

Cari tahu sedikit tentang tetangga kosmu tersebut. Tetangga yang baik dan kooperatif bisa sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

6. Perhatikan Ketentuan Pembayaran

Perhatikan Ketentuan Pembayaran
Image source: Unsplash/CardMapr.nl

Setelah mengetahui segala fasilitas, ukuran kamar, hingga keamanan lingkungan jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana ketentuan pembayaran yang digunakan, ya! Biasanya pengurus kos memiliki beragam tipe pembayaran, mulai dari bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, hingga tahunan.

Bagi yang baru pertama kali merantau, usahakan untuk memilih kos yang dapat melakukan pembayaran bulanan. Hal ini berguna untuk menghindari kerugian karena kamu enggak betah atau hal lain yang menyebabkan kamu ingin cepat-cepat pindah dari tempat tersebut.

Meski pun kamu sudah merasa cocok dan jatuh cinta pandangan pertama pada tempat kos tersebut, ingat untuk menghindari membayar langsung satu tahun, ya.

ACTIONCLUB Rak Gantungan Baju Multifungsi 55x42x160 cm - HH3478 - Black - JakartaNotebook.com
ACTIONCLUB Rak Gantungan Baju Multifungsi 55x42x160 cm - HH3478 termurah. Dapatkan dengan mudah ACTIONCLUB Rak Gantungan Baju Multifungsi 55x42x160 cm - HH3478 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Pahami Aturan Kos

Pahami Aturan Kos
Image source: Freepik/rawpixel.com

Hal penting lain saat memilih kos adalah pahami aturan yang berlaku. Tanyakan apakah kos memiliki jam malam atau batasan waktu tertentu untuk keluar masuk. Periksa juga aturan mengenai jumlah dan waktu kunjungan tamu.

Jangan sungkan untuk bertanya apakah tamu diperbolehkan menginap dan apa saja persyaratannya. Periksa juga aturan penggunaan fasilitas bersama seperti dapur dan peralatannya.

Jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi dengan pemilik atau pengelola kos mengenai aturan-aturan tersebut, ya.

8. Survey Harga dan Tentukan Budget

Survey Harga dan Tentukan Budget
Image source: Unsplash/kellysikkema

Tips terakhir dalam memilih kos-kosan adalah mempertimbangkan biaya sewa. Sebagai anak kos kamu perlu mempertimbangkan harga kos dan mendiskusikannya dengan orang tua. Hal ini wajar karena orang tua yang akan membayar uang sewa kosmu nanti.

Meskipun begitu, kos dengan harga yang sangat miring biasanya juga memiliki keterbatasan fasilitas dan lokasi yang jauh dari kampus. Bisa-bisa kamu malah mengeluarkan biaya lebih untuk ongkos transportasi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat melakukan survei kecil-kecilan jauh sebelum tanggal masuk kuliah. Hal ini untuk mencegah kos incaran penuh karena sudah dipesan oleh calon mahasiswa lain.

Bandingkan bangunan dan fasilitas yang ditawarkan oleh beberapa kos di sekitar kampus menggunakan aplikasi atau bertanya pada teman yang sudah lebih dulu kuliah di kampus tersebut.

Menentukan tempat tinggal selama menuntut ilmu tentu bukan perkara yang mudah. Butuh waktu berhari-hari untuk membandingkan tempat kos satu dengan yang lainnya.

Pastikan kamu memilih kos yang nyaman dan aman serta lingkungan yang mendukung proses belajar. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor di atas, kamu dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih tempat tinggal dan menghindari masalah di kemudian hari.

Selamat berburu kos terbaik Jaknoters!