5 Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Bayi

Memilih mainan untuk bayi ternyata sangat perlu diperhatikan agar tetap aman untuk sang bayi. Apa saja? Simak tips di bawah ini.

5 Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Bayi
Image Source: Unsplash

Bayi juga butuh mainan karena dapat memberikan pengalaman belajar dan stimulasi yang penting bagi perkembangan fisik dan kognitif mereka. Saat bermain, bayi dapat memperoleh pengalaman sensorik dan motorik yang berbeda-beda, seperti melihat, meraba, memegang, dan merasakan tekstur benda.

Mainan juga dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain, baik itu dengan orang tua, saudara, atau teman sebayanya. Interaksi ini penting untuk membantu bayi mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, seperti belajar berbagi, memahami perasaan orang lain, dan mengembangkan kepercayaan diri.

Namun, perlu diingat bahwa pilihan mainan untuk bayi harus selalu dipilih dengan hati-hati dan memperhatikan faktor keselamatan. Mainan yang tidak sesuai dapat menyebabkan bahaya bagi bayi, seperti tersedak atau terluka. JakartaNotebook akan memberikan 5 tips memilih mainan bayi yang aman untuk membantu tumbuh kembang bayi.

1. Sesuai Usia Bayi

Image Source: Pexels

Setiap bayi dengan usia tertentu membutuhkan rangsangan motorik yang berbeda-beda. Mainan untuk bayi 6 bulan dan 1 tahun tentunya berbeda. Untuk itu, sangat penting memilih mainan sesuai dengan usia sang bayi.

2. Hindari Mainan Kecil

Image Source: Pexels

Bayi tentunya belum mengenal benda-benda berbahaya yang ada di sekitarnya. Bayi yang baru tumbuh cenderung akan memasukkan barang-barang yang ditemukannya ke dalam mulut.

Untuk menghindari hal yang berbahaya seperti bayi menelan benda-benda keras, Anda tidak dianjurkan untuk memberi mainan dengan bentuk kecil yang bisa masuk ke dalam mulut bayi. Usahakan mainan yang diberikan memiliki ukuran besar sehingga bayi tidak memasukkan bagian kecil mainan ke dalam mulut mereka.

3. Material yang Aman

Image Source: Pexels

Salah satu faktor penting yang harus dilakukan saat memilih mainan untuk sang bayi adalah materialnya. Anda harus memastikan mainan yang dipilih terbuat dari material yang aman dan tidak berbahaya untuk sang bayi.

Mainan bayi biasanya menggunakan material plastik atau karet yang lunak. Anda juga harus memastikan material tersebut bebas dari bahan kimia karena bayi sangat suka memasukkan mainan ke mulutnya.

4. Merangsang Pertumbuhan Bayi

Image Source: Pexels

Untuk membantu merangsang pertumbuhan bayi, Anda sebaiknya memilih mainan dengan suara, tekstur, dan bentuk yang berbeda. Hal tersebut dilakukan karena dapat membantu perkembangan motorik, sensorik dan kognitif dari sang bayi.

5. Mudah Dibersihkan

Image Source: Pexels

Kebersihan mainan sang bayi harus diutamakan karena mainan-mainan tersebut kemungkinan akan ia lempar dan terpapar oleh permukaan yang kotor. Karena bayi sangat suka memasukkan benda ke dalam mulut, sangat penting memilih mainan yang mudah dibersihkan agar tetap higienis untuk sang bayi.

***

Itulah tips dari JakartaNotebook dalam memilih mainan yang aman untuk membantu perkembangan sang bayi. Anda bisa mengunjungi JakartaNotebook untuk koleksi mainan bayi yang lengkap dan harga terjangkau.