3 Tips Memilih Souvenir Pernikahan untuk Hari Istimewa

Masih bimbang menentukan souvenir yang paling tepat? Yuk, simak beberapa tips memilih souvenir pernikahan berikut biar nggak salah pilih!

3 Tips Memilih Souvenir Pernikahan untuk Hari Istimewa
Image source: freepik

Memikirkan berbagai persiapan untuk hari istimewa seperti pernikahan memang butuh banyak pertimbangan. Di fase ini kamu harus menentukan banyak hal besar, mulai dari waktu, gedung, baju, hingga makanan yang disajikan saat acara berlangsung.

Tidak ketinggalan, kamu juga harus menentukan souvenir apa yang akan diberikan kepada para tamu undangan. Souvenir bermakna sebagai tanda terima kasih atas kedatangan para tamu untuk memeriahkan acara pernikahan kamu.

Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya, kenapa orang yang menyelenggarakan acara spesial memberikan bingkisan kepada para tamu?

Sejarah Souvenir Pernikahan


Pada dasarnya, kebanyakan dari kita memang cenderung memiliki kebiasaan untuk mengoleksi cendera mata.

Seperti saat berwisata ke suatu tempat, kamu pasti tidak lupa untuk membawa pulang oleh-oleh. Biasanya berupa miniatur, gantungan kunci, kartu pos, atau hampir semua barang yang berkaitan dengan situs yang dikunjungi.

Cendera mata ini sendiri memiliki fungsi simbolis sebagai pengingat berbagai detail selama melakukan perjalanan dan sebagai objek memori.

Maka tak heran banyak orang yang mengadakan acara istimewa, seperti pernikahan, kelulusan, atau ulang tahun memberikan souvenir yang berkaitan dengan acara tersebut.

Khusus untuk souvenir pernikahan, biasanya benda ini akan dihiasi nama mempelai bersama dengan waktu acara digelar.

Sejarah Souvenir Pernikahan
Image source: KamranAydinov

Selain barang, makanan juga dapat digunakan sebagai souvernir, lho!

Makanan dipilih karena dikenal sebagai bagian dari budaya, tradisi, serta identitas suatu tempat. Seperti tradisi bingkisan untuk para tamu di suatu acara yang sudah berlangsung lama di Eropa.

Di sana kamu bisa menemukan Bonbonnieres atau kotak kecil yang terbuat dari kristal ini diisi dengan gula batu atau permen halus sebagai souvenir. Di Eropa sendiri, pada awalnya makanan manis hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan karena harganya yang mahal.

Namun, setelah harga gula semakin menurun dan semua orang bisa menikmati makanan manis, bonbonnieres akhirnya diganti dengan kacang almond. Kacang almond melambangkan harapan dan doa baik atas kehidupan baru bagi pengantin.

Kemudian tradisi ini semakin menyebar ke seluruh dunia, dan diadaptasi sesuai dengan budaya dan sejarah tiap negara. Saat ini memberi souvenir pernikahan tidak hanya dilakukan oleh bangsawan, karena semua kalangan bisa memberikan bingkisan sesuai kemampuannya.

Variasi yang diberikan pun tidak hanya berupa makanan tetapi juga barang, seperti perlengkapan makan, handuk, kipas, dan yang sedang tren adalah Photo Booth dengan bingkai nama kedua memepelai pengantin.

Tips Memilih Souvenir

Tips Memilih Souvenir
Image source: freepik

Bagi kamu yang masih bimbang untuk menentukan souvenir yang tepat, terlebih acara ini merupakan perayaan yang sangat ingin dikenang bagi kedua pasangan dan keluarga inti.

Simak beberapa tips memilih souvenir pernikahan yang tepat dari JakartaNotebook berikut.

1. Tentukan Anggaran

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk memilih souvernir pernikahan adalah menentukan anggaran atau budget.

Buat perhitungan secara menyeluruh dan tentukan jumlah anggaran, kemudian kamu akan dengan mudah memilih souvenir jenis apa yang paling cocok. Pastikan kamu membuat pos keuangan terpisah agar tidak mengganggu anggaran untuk persiapan nikah lainnya.

Agar tidak melebihi budget yang dibuat, kamu bisa survei ke beberapa tempat untuk mendapatkan harga terbaik. Pertimbangkan untuk membeli souvernir dalam jumlah besar sehingga kamu bisa mendapatkan diskon atau harga grosir yang menghemat pengeluran.

2. Sesuaikan dengan Tema Pernikahan

Setelah menentukan dan memastikan budget aman, selanjutnya pastikan apakah souvenir pilihanmu sesuai dengan tema pernikahan. Sediakan beberapa opsi yang sekiranya seusai dengan tema atau nuansa pernikahan yang ingin kamu wujudkan.

Souvernir pernikahan yang sesuai tidak harus identik dengan tema pernikahan yang ada. Kamu bisa menyamakan, warna, bentuk, atau detailnya agar tidak terlalu sulit saat memilih.

Misalnya pernikahan kamu akan didominasi dengan warna putih, maka kamu akan dengan mudah memilih souvenir serta ukiran nama yang selaras dengan tema ini.

3. Pertimbangkan Soal Kegunaannya

Tips memilih souvernir pernikahan terakhir adalah mempertimbangkan fungsi atau kegunaannya.

Meski awalnya hanya digunakan sebagai cendera mata dan bersifat non-fungsional, akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan bingkisan yang dapat digunakan seperti gelas, toples, handuk, atau tote bag.

ETONWEAG Tas Selempang Tote Bag Gym Bag - YJ9969 - Pink - JakartaNotebook.com
ETONWEAG Tas Selempang Tote Bag Gym Bag - YJ9969 termurah. Dapatkan dengan mudah ETONWEAG Tas Selempang Tote Bag Gym Bag - YJ9969 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Dengan begini, masa pakai barang yang kamu berikan akan menjadi lebih panjang. Serta tidak menutup kemungkinan untuk selalu dikenang bagi para tamu undangan.

Memang banyak yang harus dipikirkan untuk merayakan hari istimewa mengikat janji suci kamu dengan pasangan.

Buatlah daftar secara rinci dan perluas opsi yang bisa kamu dapatkan untuk memperoleh harga dan kualitas terbaik.

Tentukan souvenir pernikahan yang paling tepat untuk mengukir momen pernikahan kamu, dan tidak ada salahnya mempertimbangkan fungsi serta keselarasan tema yang ingin diwujudkan.