4 Tips Memilih Undangan Pernikahan, Elegan & Berkesan!

Undangan jadi salah satu elemen penting di rangkaian pernikahan. Yuk, simak beberapa tips memilih undangaan pernikahan agar kamu tak salah pilih!

4 Tips Memilih Undangan Pernikahan, Elegan & Berkesan!
Image Source: freepic.diller

Hari bahagia sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana kamu mengumumkan momen mendebarkan tersebut pada keluarga dan teman terdekat.

Meskipun undangan pernikahan bukan hal paling esensial dalam pernikahan, tapi menentukan desain undangan pernikahan terbaik jadi hal wajib yang harus kamu lakukan bersama pasangan.

Kamu pasti hampir nggak pernah menemukan undangan pernikahan yang sama antara pasangan satu dengan pasangan lain. Hal ini karena setiap undangan pernikahan dibuat khusus untuk setiap calon pengantin.

Tips Memilih Undangan Pernikahan

Bebagai tema, warna, dan pola pasti sudah muncul di dalam benak. Namun, keraguan untuk memutuskan desain undangan mana yang paling tepat diambil masih saja ada.

Tenang, Jakartanotebook sudah merangkum tips dan hal penting yang harus kamu perhatikan saat menentukan undangan pernikahan untuk hari istimewa ini.

Let's check this out!

1. Menyesuaikan Tema

Menyesuaikan Tema
Image Source: Pexels

Tips memilih undangan pernikahan pertama adalah menyesuaikan dengan tema pernikahan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar seluruh elemen dan benda yang berhubungan dengan acara ini tetap selaras.

Jika memilih tema floral, kamu bisa membuat undangan dengan warna-warna feminin seperti pink atau ungu. Sedangkan jika menggunakan tema formal, undangan berwaranaa monokrom dengan detail minimalis adalah pilihan yang tepat.

TaffLED Lampu Hias Gorden String Lights Wedding Decoration 3x3 Meter - 300L - Warm White - JakartaNotebook.com
TaffLED Lampu Hias Gorden String Lights Wedding Decoration 3x3 Meter - 300L termurah. Dapatkan dengan mudah TaffLED Lampu Hias Gorden String Lights Wedding Decoration 3x3 Meter - 300L murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Setelah tema yang dipilih sesuai, kamu dapat dengan mudah menentukan font yang tepat.

2. Pilih Warna yang Sesuai

Pilih Warna yang Sesuai
Image Source: Pexels

Setelah memastikan undangan dan acara pernikahan punya tema yang sama, tips memilih undangan pernikahan selanjutnya adalah memilih warna terbaik untuk mendominasi undangan.

Sesuaikan juga dengan musim, momen penting, atau memori apa yang ingin kamu angkat pada hari pernikahan. Dengan begini, kamu akan lebih mudah menentukan elemen warna yang ingin ditekankan.

Kamu dapat menemukan referensi kombinasi warna melalui software atau aplikasi editorial juga, lho! Umumnya website-website ini juga menyediakan template warna yang bisa langsung digunakan gratis.

3. Beri Gambaran Desain dan Bentuk

Beri Gambaran Desain dan Bentuk
Image Source: Pexels

Jika sudah menemukan tema dan warna yang sesuai untuk undangan pernikahan. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memberi gambaran desain dan bentuk undangan.

Sebenarnya langkah ini bis kamu lakukan sembari menentukan tema dan warna. Namun melakukannya secara bertahap membuat kamu lebih mantap saat memilih di tiap tahapnya.

Pertimbangkan juga sisi anggaran dan waktu pengerjaan dari sisi percetakan. Carilah referensi sebanyak mungkin seperti bentuk lingkaran atau persegi panjang yang paling sederhana, atau gulungan kertas serta 3D yang dapat menonjol keluar.

4. Tentukan Jenis Kertas

Tentukan Jenis Kertas
Image Source: Pexels

Jenis kertas yang kamu pilih akan menentukan hasil akhir dari desain, font, dan kombinasi warna yang telah kamu pilih.

Untuk dapat menghasilkan undangan yang sempurna, kamu harus menentukan tekstur kertas yang dapat menonjolkan desain. Seperti kertas kapas, glossy, atau matte.

JIANWU Kertas Binder 3 Ring Desain Black A8 80 Lembar - NB-2020 - White - JakartaNotebook.com
JIANWU Kertas Binder 3 Ring Desain Black A8 80 Lembar - NB-2020 termurah. Dapatkan dengan mudah JIANWU Kertas Binder 3 Ring Desain Black A8 80 Lembar - NB-2020 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Di zaman yang modern ini, undangan pernikahan tidak lagi terbatas pada lembaran kertas yang dilipat rapih dan dimasukkan ke dalam amplop, lalu dikirimkan satu per satu kepada tamu undangan.

Kini, undangan dapat dibuat secara digital melalui link dengan tampilan transisi yang menarik. Kamu juga harus mempertimbangkan pilihan ini untuk dapat menjangkau keluarga dan teman terdekat di mana pun mereka berada.

Merencanakan keperluan pernikahan memiliki sisi menyenangkan tersendiri, serta tentunya memakan waktu yang tidak sebentar.

Lakukan secara bertahap dan jadikan keputusan pemilihan gaun, tempat, dan tema yang telah kamu tentukan sebelumnya sebagai acuan untuk menentukan kebutuhan lain seperti undangan atau souvenir pernikahan.