Tips Menanam di Dalam Rumah

Menghadirkan tanaman hias ke dalam ruangan merupakan salah satu bagian dari tren dekorasi interior rumah. Cek tips berikut!

Tips Menanam di Dalam Rumah
Image Source: freepik.com

Pemanasan global membuat bumi semakin panas. Hal ini disebabkan penebangan hutan yang berlebih sehingga mengakibatkan naiknya suhu bumi. Anda dapat menanam tumbuhan untuk membuat lingkungan tempat tinggal menjadi lebih sejuk. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki lahan yang cukup untuk menanam tumbuhan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menanam tanaman di dalam rumah. Menghadirkan tanaman hias ke dalam ruangan merupakan salah satu bagian dari tren dekorasi interior rumah. Selain dapat mempercantik tampilan ruangan, tanaman hias di dalam ruangan atau indoor juga mampu memperbaiki kualitas udara di dalam rumah. Namun, tanaman hias indoor membutuhkan perawatan yang berbeda dengan tanaman hias yang ditempatkan di luar ruangan atau outdoor. Berikut beberapa tips untuk Anda menanam tanaman di dalam rumah.

1. Pilih Tanaman yang Sesuai

Mulailah merawat tanaman indoor dengan jenis tanaman yang tahan air serta cahaya minim, misalnya kaktus, lidah mertua, sirih gading, tanaman palem, karet kebo, monstera, dan bonsai. Anda juga dapat mencari tahu atau menanyakan kepada penjual tanaman jika tanaman tersebut terdengar kurang familiar di telinga Anda.

2. Atur Pencahayaan dan Suhu Udara

Ketika merawat tanaman indoor, pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Suhu 22-24 derajat Celcius merupakan suhu ideal agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Jika di siang hari udara terlalu panas, maka Anda bisa membuka jendela untuk mengalirkan udara segar sehingga tanaman indoor merasa sejuk. Selain itu, jemur tanaman indoor di luar ruangan agar terpapar sinar matahari setiap 3 hari sampai 2 minggu sekali. Meski sinar matahari baik untuk pertumbuhannya, tapi hindari menjemur tanaman hias indoor terlalu lama. Sebab, paparan sinar matahari langsung dapat merusak kecantikan dari daun tanaman hias itu.

3. Jangan Terlalu Sering Disiram

Menyiram tanaman hias di dalam ruangan tidak harus dilakukan setiap hari. Jika media tanamnya dalam kondisi lembap, maka tanaman hias indoor tersebut dalam kondisi cukup air. Jika media tanam yang masih lembap disiram air dan membuat media tanamnya terendam air, hal ini dapat menyebabkan pembusukan akar. Jadi, siram tanaman hias indoor apabila media tanamnya sudah mulai mengering saja.

4. Pemupukan secara Rutin

Tanaman hias di dalam ruangan perlu diberi pupuk untuk meningkatkan nutrisinya. Nutrisi yang paling dibutuhkan tanaman hias di dalam ruangan adalah nitrogen untuk keseimbangan dan kalium untuk kekuatan batangnya. Dengan perawatan dan pemupukan yang baik, tanaman hias pun akan tetap sehat dan indah.

Selain tips, Anda juga memerlukan beberapa peralatan untuk bercocok tanam di rumah dengan gaya yang estetik. Anda memerlukan pot mini sebagai wadah, set sekop mini untuk menggemburkan tanah dan pemberian pupuk serta rak pot agar seluruh tanaman Anda berada di satu tempat yang sama. Anda juga dapat menggunakan pot gantung vertikal yang lebih praktis dan dapat Anda sematkan di dinding. Tentunya Anda memerlukan semprotan flairosol agar air menyebar namun tetap hemat. Demikian beberapa tips menanam di dalam rumah yang mungkin membantu Anda menyejukkan hawa panas dengan cara yang alami.


Pencarian produk Peralatan Tanaman | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian Peralatan Tanaman. Peralatan Tanaman yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.