Tips Menata Dapur Minimalis, Sederhana tapi Menawan

Memiliki rumah yang rapi adalah idaman bagi setiap orang. Yuk, kamu bisa buat rumahmu tampak lebih rapi dan modern mulai dari bagian dapur.

Tips Menata Dapur Minimalis, Sederhana tapi Menawan
Photo by André François McKenzie / Unsplash

Meski tahun 2023 sudah berjalan lebih dari 1 bulan, belum terlambat kok untuk memulai resolusi yang baru. Salah satu ide resolusi yang bisa kamu lakukan adalah menata rumahmu menjadi lebih rapi dan cantik. Kamu bisa memulainya dari bagian dapur agar kamu lebih rajin untuk memasak. Belakangan ini, desain minimalis banyak diterapkan untuk interior rumah. Kamu bisa menerapkannya untuk dapurmu, loh!

Dapur minimalis memiliki konsep desain yang sederhana dan efisien. Pengguna diharapkan dapat menikmati keindahan dan kenyamanan saat melakukan aktivitas di dapur. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang dapur minimalis. Kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai tips menata dapur minimalis yang tidak membosankan dan tetap terlihat menawan.

1. Eksplorasi Tema

Image Source: Unsplash

Desain minimalis mengedepankan tatanan yang rapi dengan menyisakan banyak ruang. Kamu juga boleh menambahkan ciri khas tertentu, misalnya menggabungkannya dengan gaya classic, vintage, atau urban. Carilah referensi sebanyak mungkin sebelum melakukan perubahan desain dapur.

Selain sebagai pondasi, eksplorasi ide ini akan memberikanmu banyak pertimbangan, seperti biaya dan ruang yang dibutuhkan. Ide-ide yang ada di social media, portal berita, ataupun sumber informasi lainnya akan membuat perencanaanmu menjadi lebih matang.

2. Pikirkan Skema Warna

Image Source: Istock

Kesan yang sangat terasa saat kamu memasuki dapur minimalis adalah bersih dan lega. Jika ingin benar-benar membuat dapur tampak minimalis, hal yang tidak boleh dilupakan adalah skema warna. Strategi paduan warna yang tepat akan membuat dapur tampak lebih luas dari yang sebenarnya.

Umumnya, palet warna yang cocok untuk dapur minimalis adalah warna netral. Jika ruang yang dimiliki sempit dan terbatas, maka paduan warna cerah dapat dipertimbangkan. Tidak hanya dinding, paduan warna juga meliputi peralatan dan perlengkapan dapur.

3. Sedikit Barang Lebih Rapi

Image Source: Getty Images

Peralatan yang menumpuk di dapur tidak cocok dengan konsep desain minimalis. Sudah waktunya untuk memilah peralatan dapur yang serupa dan jarang digunakan. Coba pikirkan kembali, peralatan mana saja yang sebenarnya sudah tidak kamu gunakan selama setahun ini? Tidak ada salahnya untuk menyingkirkan alat-alat dapur yang memang sudah tidak pernah kamu gunakan.

Kunci dekorasi minimalis adalah menciptakan ruang kosong sebanyak mungkin. Kamu dapat mempertahankan peralatan untuk keluarga inti dan beberapa tambahan jika ada tamu. Ini merupakan cara untuk memaksimalkan ruang penyimpanan agar dapur terlihat lebih lega.

4. Manfaatkan Kabinet

Image Source: Decorpad

Menggunakan penyimpanan multifungsi membuat dapur lebih tertata. Hal ini cocok dengan konsep minimalis. Kamu dapat menggunakan sebuah kabinet yang memiliki banyak ruang penyimpanan tertutup. Ada baiknya posisi kabinet menyatu dengan langit-langit agar dapur terlihat lebih luas.

Tips yang tidak kalah penting adalah mengorganisir peralatan dapur. Kamu dapat menyimpan peralatan kecil di dalam ruang tertutup, seperti kabinet. Sementara barang berukuran besar yang jarang digunakan dapat ditempatkan di rak atau lemari terbuka.

5. Lebih Lega Tanpa Pintu

Image Source: Unsplash

Bukan hal baru lagi jika adanya sekat membuat ruangan tampak sempit. Oleh karena itu, tidak menggunakan pintu dapur akan membuat area dapur semakin luas. Sirkulasi udara pun menjadi lebih baik dan segar.

Jika tidak ingin repot merenovasi bagian pintu, kamu dapat memaksimalkan ventilasi yang ada. Buatlah jendela dengan jumlah yang cukup. Selain sirkulasi, kelembapan dapur juga akan terjaga dengan hadirnya cahaya matahari yang masuk melalui jendela.

Tips-tips menata dapur minimalis sebenarnya mengarahkanmu pada dapur yang rapi, bersih, dan nyaman. Jika layout, warna, dan peralatan dapur sudah sesuai dengan konsep minimalis, maka langkah selanjutnya adalah menjaganya. Usahakan agar barang diletakkan sesuai dengan tempatnya. Tagihan atau buku resep yang berserakan di atas meja dapur akan membuat dapur minimalismu tampak buruk.