Tips Mengatur Waktu Olahraga saat Bulan Ramadhan

Olahraga tetap bisa dilakukan saat Anda berpuasa namun dengan mengikuti tips di bawah ini.

Tips Mengatur Waktu Olahraga saat Bulan Ramadhan
Image Source: Unsplash

Tak terasa bulan ramadhan akan segera datang. Kebanyakan orang akan berlomba-lomba melaksanakan ibadah guna mencari pahala. Namun ada hal yang terlupakan seperti masalah fisik kebugaran. Bagi Anda yang gemar berolahraga, menjalankan ibadah puasa dan berolahraga memang sangat berat. Oleh karena itu, Anda harus mengatur waktu olahraga yang tepat saat bulan puasa. Berikut tips megatur waktu olahraga saat ramadhan yang mungkin saja menjadi insight untuk Anda.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Image Source: Pexels

Idealnya olahraga sebaiknya dilakukan pada saat menjelang berbuka atau setelah berbuka, karena pada saat itu tubuh Anda telah mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup untuk memberikan energi bagi aktivitas fisik.

2. Pilih Olahraga yang Ringan

Image Source: Pexels

Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga dapat dilakukan selama bulan puasa. Hindari olahraga yang terlalu intens dan memerlukan banyak energi.

3. Konsumsi Air yang Cukup

Image Source: Pexels

Pastikan Anda minum air yang cukup selama waktu berbuka dan sahur untuk menghindari dehidrasi dan kelelahan saat olahraga. Anda dapat melihat artikel “Cukupi Kebutuhan Minum saat Berpuasa” untuk lebih jelasnya.

4. Perhatikan Makanan dan Nutrisi

Image Source: Pexels

Pastikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur mengandung nutrisi yang cukup untuk memberikan energi bagi aktivitas fisik.

5. Dengarkan Tubuh Anda

Image Source: Pexels

Jika Anda merasa lelah atau kelelahan, istirahatlah dan hindari berolahraga yang terlalu intens. Dengarkan tubuh Anda dan jangan memaksa diri untuk berolahraga jika tubuh Anda tidak siap.

6. Konsultasikan Dengan Dokter

Image Source: Pexels

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam masa pemulihan setelah sakit atau cedera, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program olahraga saat bulan puasa.

Anda juga dapat berolahraga di dalam ruangan dengan membeli beberapa peralatan sederhana seperti karpet yoga pilates, alat bantu yoga dan walkingpad. Kunjungi JakartaNotebook untuk menemukan peralatan olahraga lainnya yang mungkin cocok untuk Anda dan dapatkan harga murah serta kualitas berkelas. Semoga tetap dapat berolahraga serta menjalankan ibadah puasa dengan lancar ya.