Tips Merawat Aquarium agar Tampil Lebih Estetik

Ingin aquarium Anda terlihat menarik dan estetik? Anda memerlukan beberapa alat di bawah ini. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut!

Tips Merawat Aquarium agar Tampil Lebih Estetik
Image Source: freepik

Memelihara hewan merupakan hal yang baik terutama bagi Anda yang memiliki stres berlebih. Dengan menyalurkan emosi pada hewan akan membantu Anda melepaskan penat dari aktivitas harian yang terasa melelahkan.

Terdapat beberapa pilihan hewan peliharaan mulai dari darat, laut, dan udara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kesenangan. Tentunya saat Anda memutuskan untuk memelihara hewan, Anda juga harus menyiapkan tempat yang layak agar peliharaan Anda dapat hidup dengan baik.

Ikan merupakan salah satu hewan yang biasa dipelihara dengan cukup mudah. Biasanya, ikan dipelihara di dalam aquarium agar ikan dapat bergerak dengan nyaman. Anda dapat mendekorasi aquarium agar tampak lebih estetik. Meskipun tidak mendekati seperti trend aquascape, berikut beberapa barang rekomendasi agar tampilan aquarium Anda lebih estetik.

1. Aerator Aquarium

Image Source: JakartaNotebook

Penggunaan aerator pada aquarium akan menambahkan kesan estetik dengan memunculkan gelembung yang akan memberikan udara pada ikan. Aerator ini cocok digunakan di aquarium karena tak mengeluarkan suara yang bising sehingga tidak membuat ikan mengalami stres berlebih.

2. Pompa Aquarium

Image Source: JakartaNotebook

Selain aerator, Anda juga membutuhkan pompa agar air tersaring dan menyebar secara merata sehingga aquarium akan tetap dalam keadaan bersih. Sama seperti aerator, pemilihan suara yang tenang membuat ikan akan merasa nyaman, tidak mengalami stres, dan tidak mudah mati.

3. Sikat Kaca Magnetik dan Pompa Manual

Image Source: JakartaNotebook

Meskipun terendam air, aquarium tetap bisa kotor apalagi jika pemberian makanan berlebihan. Anda membutuhkan sikat khusus untuk membersihkan kaca dari dalam. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sikat yang satu ini. Anda dapat membersihkan aquarium tanpa harus menguras air dan memindahkan ikan. Jika terdapat kotoran akibat bekas makanan, alangkah baiknya Anda mengambil menggunakan pompa manual.

4. Termometer Suhu

Image Source: JakartaNotebook

Anda juga harus mengukur suhu air agar ikan Anda tetap sehat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan termometer khusus untuk mengukur suhu air sehingga Anda pun dapat mengganti air aquarium agar ikan tetap dalam keadaan sehat. Dengan suhu air yang sesuai, ikan dapat terawat dengan baik dan hidup lebih lama.

5. Lampu LED

Image Source: JakartaNotebook

Anda dapat menambahkan lampu LED agar tampilan aquarium Anda jadi lebih estetik. Selain menambah nilai estetika, penggunaan lampu LED juga memberikan kesan hangat terhadap air sehingga Anda tidak perlu sering mengganti air. Hadirnya lampu LED juga membantu Anda melihat ikan-ikan cantik Anda dengan lebih jelas.

6. Bibit Rumput Air

Image Source: JakartaNotebook

Agar tampak seperti mengikuti trend aquascape, Anda juga dapat menambahkan bibit rumput air agar aquarium terlihat jadi lebih estetik. Namun, Anda harus lebih giat saat membersihkan aquarium dan memastikan ikan Anda tetap sehat.

***

Itulah beberapa tips merawat ikan dengan tetap memberikan kesan estetik pada aquarium. Tentunya Anda dapat menambahkan sendiri kreasi yang mungkin saja cocok untuk aquarium Anda. Kunjungi JakartaNotebook untuk menemukan berbagai aksesoris aquarium lainnya yang mungkin Anda cari dan dapatkan harga murah serta kualitas berkelas.