Tips Merawat dan Memanjakan Kucing di Rumah

Untuk merawat kucing yang benar Anda harus memperhatikan makan dan minum, kuku dan rambut, hingga tempat tidur yang nyaman bagi kucing kesayangan Anda di rumah. Cek beberapa tips berikut!

Tips Merawat dan Memanjakan Kucing di Rumah
Image Source: Pexels

Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Kucing bisa Anda jadikan teman di saat sedang kesepian dan hiburan di saat Anda sedang melewati hari yang berat.

Memelihara kucing perlu komitmen yang serius karena kucing juga makhluk hidup yang harus dirawat secara baik dan benar. Banyak sekali kasus kucing telantar karena sang pemilik tak memiliki komitmen yang serius untuk merawat mereka.

Merawat kucing bisa dibilang susah-susah gampang karena banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat dan memanjakan kucing agar tetap betah di rumah, serta memiliki tubuh yang sehat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memelihara kucing di rumah.

1. Pemberian Makan dan Minum

Image Source: Pixabay

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan ketika Anda memiliki kucing di rumah adalah Anda harus bisa menentukan makanan apa yang cocok untuk diberikan kepada kucing Anda. Pastikan kucing Anda menerima nutrisi yang cukup untuk membantu perkembangannya.

Jenis makanan kucing juga harus diperhatikan apakah kucing Anda cocok dengan jenis makanan basah, kering atau keduanya? Anda harus memperhatikan hal tersebut.

Untuk masalah wadah makanan kucing, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan karena ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari tempat makan berbentuk mangkok anti slip, tempat makan sekaligus tempat minum, hingga tempat makan kucing otomatis.

Selain makanan, kebutuhan minum kucing juga tak boleh luput untuk diperhatikan. Anda harus memastikan kucing Anda minum dengan air yang bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri yang terkandung dalam air yang kotor.

Untuk memastikan air yang kucing Anda minum bersih, Anda bisa menggunakan water dispenser fountain atau tempat minum air mancur untuk kucing Anda. Air dari tempat minum ini akan terjaga kebersihannya karena sudah tersedia penyaring air di dalamnya.

Dengan sistem flowing water dan desain air mancurnya, akan menarik perhatian kucing Anda dan mencegahnya untuk minum air dari wadah yang tidak steril.

2. Perawatan Bulu Kucing

Image Source: Pexels

Bulu kucing harus disikat atau disisir secara teratur untuk menjaga bulu kucing agar tetap bersih dan sehat. Selain itu, manfaat lain dari menyisir bulu kucing adalah untuk mengurangi kerontokan, menghilangkan serpihan kulit mati, menstimulasi sirkulasi darah, hingga merangsang regenerasi kulit.

Untuk pemilihan sisirnya, Anda juga perlu memperhatikan jangan sampai Anda menggunakan sisir yang memiliki gigi yang tajam sehingga dapat melukai kulit kucing.

Gunakan sisir kucing dengan ujung gigi yang tumpul sehingga tetap aman untuk kulit kucing Anda. Jika Anda memelihara kucing yang sedang memiliki kerontokan, Anda bisa memilih removal comb atau sisir yang mampu membersihkan bulu kucing secara mudah.

Dianjurkan untuk menyisir bulu kucing setiap 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kucing tetap cantik dan sehat.

Selain disisir, Anda juga perlu memperhatikan perawatan bulu kucing setelah dimandikan. Segera keringkan bulu kucing kesayangan Anda apabila selesai dimandikan. Untuk proses pengeringan yang cepat Anda bisa menggunakan pet blower agar bulu kucing Anda cepat kering, hal ini juga berguna untuk menjaga kehalusannya.

3. Perawatan Kuku

Image Source: halodoc

Untuk menjaga kesehatan kucing, sangat penting untuk memotong kuku kucing. Hal ini juga dilakukan untuk melindungi Anda karena kucing sangat hobi untuk mencakar.

Kuku yang terlalu panjang juga bisa mengganggu kucing dan menyebabkan cedera pada bantalan kucing sehingga mengubah gaya berjalannya dan akan menimbulkan masalah sendi pada kucing di jangka panjang.

Jika Anda tak sempat untuk membawa kucing ke groomer, Anda bisa memotongnya sendiri dengan menggunakan gunting kuku khusus kucing. Tidak dianjurkan untuk menggunakan gunting kuku biasa karena takut akan melukai kucing Anda.

Gunting kuku kucing memiliki desain khusus yang menyesuaikan kuku kucing Anda. Jika Anda ingin gunting kuku yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan gunting kuku elektrik. Cocok untuk kucing Anda yang aktif karena prosesnya yang cepat.

4. Tempat Tidur yang Nyaman

Image Source: Pexels

Anda ingin tidur di tempat yang nyaman bukan? Begitu pun dengan kucing. Untuk memberikan kenyamanan yang ekstra, tempat tidur kucing harus disediakan dengan baik. Sediakan tempat tidur kucing dengan bahan yang lembut dan empuk serta berbulu untuk memberikannya ekstra kehangatan.

Tersedia banyak model untuk tempat tidur kucing mulai dari yang hanya memiliki alasnya saja, hingga yang bentuknya seperti kubah sehingga kucing Anda akan lebih betah.

5. Mainan Interaktif

Image Source: Pexels

Kucing merupakan salah satu hewan aktif dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Anda pasti sering kali menemui kucing yang sedang mencakar dan menggigit alat-alat furniture Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikannya mainan interaktif seperti bola cakar sebagai wadah untuk kucing Anda sehingga tak lagi mencakar furniture di rumah Anda. Selain bola cakar, Anda juga bisa memberikan catnip ball teeth yang bisa digunakan kucing Anda untuk menggigit sehingga akan membantu pertumbuhan giginya. Dilengkapi juga dengan lonceng sehingga kucing bisa bermain bebas tanpa bosan.

Untuk melatih ketangkasan dan menjaga kucing untuk tetap aktif, Anda bisa menggunakan mainan interaktif lainnya seperti mainan kucing berbentuk burung palsu. Mainan ini akan melatih kelincahan kucing Anda, serta bisa dimainkan di dalam rumah oleh kucing kesayangan.

Nah, itulah tadi hal-hal yang perlu diperhatikan apabila Anda memelihara kucing di rumah. Untuk rekomendasi peralatan kucing yang lengkap dan harga terjangkau, Anda bisa langsung mengunjungi JakartaNotebook untuk informasi lebih lengkap!