5 Tips Siap Hadapi Cuaca Panas Indonesia

Cuaca panas ekstrem ini bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh dan menghambat aktivitas kamu sehari-hari.

5 Tips Siap Hadapi Cuaca Panas Indonesia
Image source: Vecteezy

Apakah kamu merasa kalau cuaca akhir-akhir ini sungguh amat panas? Saat keluar rumah, kamu langsung disambut dengan terik matahari yang begitu terang dan menyengat hingga rasanya ingin cepat-cepat masuk ke dalam ruangan berpendingin.

Panas yang menimpa sebagian wilayah Indonesia terutama di Jakarta, terjadi akibat gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga sebagian wilayah Indonesia terasa jauh lebih panas dari biasanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab suhu Indonesia meningkat karena dinamika atmosfer yang tidak biasa, suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan yang dipengaruhi oleh gerak semu matahari, pemanasan global dan perubahan iklim, Indonesia yang memasuki musim kemarau, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

Karena suhu udara yang sangat panas ini, BMKG wilayah II mencatat rekor suhu maksimum harian tertinggi, yaitu 37,2 derajat Celsius di daerah Ciputat, Tangerang pada 17 April lalu.

Cuaca ekstrem ini bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh dan menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk menghadapinya, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi efek buruk cuaca panas:

1. Batasi Kegiatan di Luar Rumah

Batasi Kegiatan di Luar Rumah
Image source: Vecteezy

Hindari kegiatan di luar rumah, terutama pada tengah hari saat matahari sedang panas-panasnya. Tidak keluar rumah pada jam-jam panas turut membantu kita mencegah efek buruk pada tubuh akibat paparan sinar matahari.

Jika terpaksa harus berkegiatan di luar rumah, kamu tidak disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan tebal. Gunakanlah pakaian yang lebih tipis, nyaman, dan longgar untuk menghilangkan gerah pada tubuh.

Hindari mengenakan pakaian berwarna gelap agar tidak menyerap panas dan yang paling penting kenakan sunscreen minimal SPF 30 serta pelindung lain wajah lainnya seperti topi atau payung.

2. Minum Air Lebih Banyak

Minum Air Lebih Banyak
Image source: Freepik

Tahukah kamu ternyata tubuh kita memiliki 70% kandungan air. Persentase yang besar ini membuat konsumsi air jadi hal penting, terutama untuk menghadapi cuaca panas.

Panas matahari yang semakin terik membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi air yang cukup kamu bisa mengalami dehidrasi.

Nah, untuk mengatasi hal ini kamu dianjurkan mengonsumsi air mineral lebih banyak dari biasanya. Gunakan botol minum khusus dengan kapasiras jumbo seperti Niehaina Botol Minum Olahraga Plastik Sport Water Bottle with Straw 2000 ml untuk memastikan kebutuhan air terpenuhi.

Selain itu, hindari minuman berkafein, minuman berenergi, minuman manis, dan alkohol karena dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Pilih Waktu Olahraga

Pilih Waktu Olahraga
Image source: Freepik

Olahraga merupakan pilihan aktivitas yang paling tepat untuk menjaga kesehatan. Namun, kamu perlu memperhatikan pemilihan waktunya, apalagi saat cuaca panas.

Jika biasanya kamu berolahraga di luar ruangan, pilihlah waktu yang tidak terlalu panas atau saat sinar matahari tidak begitu terik. Kamu mungkin bisa olahraga di pagi, sore, bahkan di malam hari.

Perhatikan kondisi fisik ketika kamu berolahraga, lakukan secara perlahan sebelum kamu menaikkan intensitasnya agar tubuh tidak kaget dan terasa lebih segar setelah berolahraga.

4. Berada di Dalam Ruangan yang Sejuk

Berada di Dalam Ruangan yang Sejuk
Image source: Freepik

Selama cuaca panas, tetap berada di dalam ruangan ber-AC adalah tips paling mudah yang bisa kamu lakukan. Namun, jika kamu tidak memiliki AC, pendingin ruangan lain seperti Taffware HUMI Kipas Air Cooler Mini Arctic 8W bisa jadi solusi yang tepat.

Kamu juga bisa memanfaatkan ventilasi semaksimal mungkin agar terjadi pertukaran udara sehingga ruangan jadi lebih sejuk dan tidak terasa pengap.

5. Semprot Kulit dengan Air Secara Berkala

Semprot Kulit dengan Air Secara Berkala
Image source: Freepik

Cuaca panas bisa membuat suhu tubuh terus meningkat dan berbahaya untuk kesehatan. Agar terhindar heat stroke, jaga kestabilan suhu tubuh dengan membasahi kulit pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya menggunakan air secara berkala.

Kamu bisa menyediakan botol semprot yang berisi air dingin dan menyimpannya di dalam kendaraan atau tas. Gunakan air ini saat tubuh mulai terasa gerah dan tidak nyaman.

***

Cuaca panas memang bukan jadi hal yang baru, terutama di negara tropis seperti Indonesia. Namun, bukan berarti hal ini bisa diremehkan. Pastikan kamu terus mengikuti perkembangan terkait cuaca panas agar bisa mengatasi dan mempersiapkan diri menghadapinya dengan maksimal, ya!