11 Tips Staycation di Jakarta Selama New Normal

11 Tips Staycation di Jakarta Selama New Normal

Kangen liburan? Cobain konsep Staycation Yuk!

Halo Jaknoters!
Tahun berjalan semakin cepat, hingga saat ini sudah mulai memasuki pertengahan bulan Juni. Bulan-bulan dimana biasanya bisa kita habiskan untuk liburan bersama keluarga, karena libur kenaikan kelas. Namun karena pandemi pada tahun ini, akhirnya banyak rencana liburan harus dibatalkan atau diundur bahkan ke waktu yang belum bisa ditentukan. Sedih kan?

Tapi jangan khawatir Jaknoters, masih ada kok alternatif liburan lainnya yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Dijamin nggak kalah seru dengan liburan ke luar kota atau ke luar negri. Staycation salah satunya! Staycation adalah kepanjangan dari stay vacation. Staycation ini adalah konsep liburan dengan pergi ke tempat-tempat yang jaraknya nggak terlalu jauh dan pastinya nggak begitu menguras kocek. So, staycation ini bisa banget jadi pilihan kamu dan keluarga yang ingin menghilangkan kebosanan di tengah pandemi ini. Simak langsung yuk tips nya!

  1. Tentukan tujuan staycation
    Sama halnya seperti liburan pada umumnya, kamu tentu harus tahu dulu dong tujuan dari liburan kamu apa. Kebanyakan untuk menghilangkan rasa penat serta ada juga yang memanfaatkan staycation dengan tujuan "bonding" ke anak-anak. Apabila kamu sudah paham apa tujuan liburan kamu, tentu saja kamu akan semakin bersemangat menyiapkan poin lainnya di bawah ini.
  2. Pastikan kamu tidak sendirian
11 Tips Staycation di Jakarta Selama New Normal | Sumber : Freepik


Mungkin solo travelling menyenangkan ya, namun alangkah lebih menyenangkannya jika liburan bersama keluarga. Apalagi di saat pandemi seperti ini, menjalin keakraban semakin penting di antara anggota keluarga.

  1. Cari promo dari berbagai media
    Setelah paham tujuan dan siapa saja yang akan kamu ajak staycation, mulailah dengan mencari promo-promo penginapan di wilayah kamu. Lumayan kan makin hemat! Biasanya promosi tempat menginap bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai media massa, khususnya media sosial.
  2. Sesuaikan dengan budget
    Abis cari promo, tentukan budget selama staycation. Jangan sampai berlebihan ya. Tips staycation ke 4 ini penting banget diterapkan dengan baik!
  3. Buat planning atau agenda kegiatan
    Semua kegiatan yang akan dilakukan, apabila direncanakan dengan detail tentu akan lebih maksimal. Sama seperti staycation meskipun liburan ini akan dilakukan di kota kamu sendiri dengan waktu yang relatif lebih singkat dari liburan biasanya, agenda kegiatan tetap perlu dibuat kok! Dijamin kamu makin excited deh.
  4. Pilih tempat menginap yang bersih dan nyaman
    Tips staycation keenam adalah soal lokasi menginap. Tempat menginap di sini tidak harus hotel berbintang ya Jaknoters! So, sebisa mungkin kalian bisa cari tempat yang nyaman untuk kamu dan keluarga. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan tempat penting di sekitar lokasi penginapan, terutama untuk kulineran.
  5. Manfaatkan fasilitas yang ada
    Tempat yang kamu pilih untuk staycation tentu menawarkan beberapa fasilitas menarik dong. Bijaklah dalam memanfaatkan fasilitas di sana. Sebisa mungkin nikmati kegiatan saat staycation bersama keluarga tercinta.
  6. Tetap terapkan protokol kesehatan selama pandemi
    Meskipun kita akan segera mulai new normal, penting diperhatikan untuk tetap dan selalu menjaga kebersihan dimanapun berada. Rutin cuci tangan dan selalu gunakan masker, IS A MUST!
  7. Lupakan dulu diet
    Kalau mau liburan, sebaiknya stop dulu diet kamu kalau gak mau kewalahan nyari tempat makan yang sesuai sama porsi diet kamu. Selain itu, nanti kamu jadi kurang semangat deh saat berkegiatan karena energinya terkuras dengan nutrisi yang tidak cukup banyak.
  8. Lupakan sejenak urusan-urusan lainnya
    Meskipun tempat penginapan kamu sudah pasti difasilitasi dengan jaringan internet yang kencang. Jangan melulu sibuk dengan urusan pribadi ya ketika staycation. Ingat! Tujuan dari staycation kamu bersama keluarga apa.
  9. Abadikan momen
    Part terpenting setiap liburan. Meskipun hanya staycation dan nggak jalan-jalan jauh banget, mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga tercinta itu perlu loh! So, jangan lupa bawa perlengkapan foto yang mudah membantu kamu berfoto ria bersama.

Yuk plan tanggal staycation kamu sekarang!
Selalu bersyukur dan jangan lupa bahagia ya Jaknoters.