11 Topik Konten Podcast Menarik, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

11 Topik Konten Podcast Menarik, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Hola Jaknoters! Setelah pernah membahas konten-konten yang paling diminati di Youtube, kali ini Jaknot bakalan bahas tentang media baru yang lagi trend saat ini yaitu podcast. Sebelum masuk ke topik apa saja topik yang bisa membuat konten podcast menarik untuk didengar, yuk simak dulu pembahasan singkat mengenai podcast.

Apakah kamu pernah mendengar Podcast? atau saat ini kamu sedang mendengarkan Podcast?

Mungkin masih banyak orang yang belum begitu mengenal media kreatif baru yang satu ini, sekilas memang mirip sekali dengan siaran radio. Namun terdapat beberapa hal baru dari Podcast. Podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio. Melalui podcast sendiri, ada banyak manfaat loh seperti seperti menambah informasi bahkan ilmu pengetahuan dan juga sharing dengan orang-orang sesuai bidangnya.

Hmm.. lalu apa bedanya dengan siaran radio?
11 Topik Konten Podcast Menarik, Bisa Jadi Inspirasi Nih! | Sumber : Shutterstock

Podcast adalah file digital berupa suara yang untuk mendengarnya kamu diharuskan untuk mengunduhnya terlebih dahulu. Podcast ini adalah audio non-streaming, sehingga tentunya beda dengan radio dong. Satu hal yang paling membedakan podcast dengan radio yaitu sifatnya yang bisa diulang. Hal ini pastinya jadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio.

Kalau tertarik bikin podcast, topik apa aja sih yang bisa buat konten podcast menarik?

Ada banyak sekali topik yang bisa kamu pilih untuk didengarkan melalui Podcast. Biasanya orang-orang akan memilih topik yang related sama minat atau kehidupan sehari-hari. Maka, jika kamu tertarik banget dengan media baru yang satu ini,mulai saja dengan membahas topik yang kamu suka sebagai trik agar konten Podcast kamu menarik. Berusahalah untuk menyampaikannya secara unik atau ciri khas dirimu. Karena tingkat diminatinya sebuah Podcast bukan hanya berdasar dari konten podcast menarik saja namun juga gaya kamu menyampaikannya. Masih bingung mau bikin Podcast dengan topik apa?

Yuk simak 15 topik konten podcast menarik di bawah ini! Semoga bisa jadi ide konten podcast kamu yah Jaknoters!

Cerita - Konten yang "related" banget!

Konten podcast yang sederhana namun bisa jadi menarik yaitu topik cerita. Topik cerita ini bisa berisi tentang cerita rutin sehari-harimu yang bisa bermanfaat jika dibagikan dengan pendengar. Rutin ini tidak harus harian namun bisa juga mingguan bahkan bulanan. Konten-konten dalam topik ini bisa juga berisi sajak, puisi, atau kutipan-kutipan yang memotivasi dan menginspirasi pendengar.

Horror - Kumpulan konten yang memicu adrenalin

Kalau topik yang satu ini mungkin tidak perlu ditanyakan lagi. Mayoritas pendengar podcast sangat minta mendengar cerita-cerita atau pengalaman menyeramkan. Bukan hanya sekedar horror atau misteri, topik ini juga bisa berisi konten teori konspirasi bahkan konten tentang peristiwa kriminal.

Komedi - Siap ngakak dan terhibur!

Konten podcast menarik seperti topik komedi juga banyak peminatnya loh. Biasanya dalam topik ini kamu dapat menemukan konten-konten dengan pembahasan yang menyenangkan dan seru. Kamu yang anaknya humoris banget, boleh nih cobain bikin podcast dengan topik ini!

Gaya Hidup - Konten inspirasi positif

Lifestyle jadi salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas dimana saja, baik kesehatan, pola makan sehat, beauty dan lainnya. Buat kamu yang merasa memiliki hal positif yang bisa dibagikan kepada para pendengar, pastinya cocok kalau mau membuat konten podcast menarik yang berikut ini!

Komunitas - Biar kamu gak jadi Anti Social-Social Club

Pada topik ini, biasanya konten podcast menjadi menarik karena berisi curhatan kehidupan perorangan atau bahkan satu grup komunitas. Topik ini juga berisi konten-konten interview dengan orang-orang inspiratif atau juga opini seseorang akan sesuatu.

Musik - Konten pemersatu bangsa pastinya!

Siapa sih yang bisa lepas dari yang namanya musik? Mungkin mayoritas orang bakal seneng banget dengan konten podcast bertopik musik. Baik itu isinya ngobrolin kehidupan musisi atau bahkan berisi cover-cover lagu terbaik dari Indonesia maupun musik luar.

Cek Promo JakartaNotebook 11.11 SUPER SALE Sekarang!

Seni & Hiburan - Temuin cover-cover kece di sini

Bahasan seputar seni dan dunia hiburan pastinya seru dong yah! Bagi kamu yang suka bahas tentang film atau lainnya, boleh nih cobain bikin konten podcast menarik tentang ini.

Games - Ngobrol santai seputar dunia gaming

Jaknoters yang gamers sejati mesti banget nih dengerin atau cobain buat bikin konten podcast tentang games. Kamu bisa membahas rekomendasi games, pengalaman gaming, ngobrol bareng orang-orang yang suka atau pakar di dunia gaming misalnya. Dijamin banyak pendengar deh kalo seru.

Keluarga - Bahasan seputar hubungan

Nah, kalau topik yang ini cocok banget untuk keluarga, baik ayah, ibu, dan anak. Karena dalam podcast topik keluarga tentu akan banyak sharing cerita juga pengalaman seputar hubungan di rumah tangga sebagai sebuah keluarga. Konten untuk Ibu dan anak juga pastinya menarik untuk dibahas di sini.

Olahraga - Wadah bahasan anak-anak sport

Gak jauh beda sama konten podcast gaming, pada podcast bertopik olahraga ini kamu yang suka banget olahraga bakalan betah deh dengerin podcast jenis ini berjam-jam. Konten podcast menarik yang satu ini bisa jadi wadah pembahasan sport yang positif dan pastinya bermanfaat.

Pengetahuan - Edukasi berisi!

Bukan hanya seputar hiburan ya guys, di dalam dunia podcast kamu juga bisa menemukan konten "berisi" penuh edukasi. Orang-orang yang membuat podcast ini berharap jika bahasan mereka dapat menambah pengetahuan kamu dalam berbagi bidang. Karena akan berisi obrolan dengan pakar-pakar atau profesional di bidangnya.

11 Topik Konten Podcast Menarik, Bisa Jadi Inspirasi Nih! | Sumber : JakartaNotebook.com

Gimana nih Jaknoters? Mulai tertarik untuk bikin channel podcast? Gak perlu bingung untuk cari peralatannya, karena kamu bisa menemukan peralatan podcast terlengkap dan termurah hanya di JakartaNotebook!

Yuk langsung pesen dan cobain!