Tutorial Membuat Neon Flex: Rangkai Kata Manis di Hari Valentine

Merancang lampu neon flex sendiri sebagai hadiah akan membuatnya makin berkesan. Terlebih alat dan bahannya pun mudah ditemukan.

Tutorial Membuat Neon Flex: Rangkai Kata Manis di Hari Valentine
Image Source: Pinterest

Hari Valentine terkenal sebagai hari yang dimanfaatkan banyak orang untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayang kepada orang terdekat. Banyak orang berusaha memberikan sesuatu yang berkesan. Apakah itu coklat? Bunga? Makan malam spesial? Berbagai macam hadiah tersebut mungkin sudah terlalu biasa. Namun, sudahkah kamu mencoba menyampaikan kata-kata manis melalui cahaya?

Jika ingin mencobanya, kamu dapat menggunakan lampu neon flex. Lampu neon flex memiliki bodi fleksibel dengan pancaran cahaya yang indah. Kamu dapat membuat pajangan lampu neon flex berbentuk nama pasangan, tanggal spesial, hingga kalimat kasih sayang. Agar lebih berkesan, kamu dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti tutorial membuat neon flex di dalam artikel ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan untuk membuat neon flex sebenarnya sangat mudah ditemukan di toko perkakas sekitarmu. Jika malas bepergian, kamu dapat menemukan berbagai komponen yang diperlukan secara online, misalnya melalui jakartanotebook.com.

Berikut adalah alat dan bahan yang akan kamu butuhkan untuk membuat neon flex DIY: lampu neon flex, papan akrilik bening, kertas print, lem korea, lem kertas, lem tembak, gunting, cutter, kabel jumper, solder, dan gergaji triplek/benang.

2. Buat dan Cetak Desain

Langkah pertama untuk membuat neon flex adalah merancang tulisan yang kamu inginkan. Kamu dapat membuat nama pasangan, tanggal spesial, hingga kalimat manis yang ditujukan untuk pasanganmu. Usahakan kata atau kalimat yang kamu rancang memiliki font menarik.

Untuk menghasilkan rancangan terbaik, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi atau software desain grafis. Mulai dari Corel Draw, Affinity Designer, Canva, dan lain sebagainya. Setelah itu, kamu dapat mencetak hasil perancangan menggunakan kertas lalu potong kertas mengikuti pola tulisan.

3. Potong Papan Akrilik

Pada langkah ketiga, papan akrilik akan dipotong mengikuti bentuk tulisan. Jika tidak ingin memotongnya sendiri, bawalah hasil rancanganmu ke tempat laser cutting terdekat. Jika ingin membuatnya sendiri, kamu dapat mengikuti langkah pada artikel ini.

Setelah tulisan yang diinginkan telah dicetak, kamu dapat menempelkannya di bagian belakang papan akrilik menggunakan lem kertas (bagian depan akan digunakan untuk menempelkan neon flex). Mulailah potong akrilik menggunakan gergaji triplek. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil di sekitar huruf sebagai tempat masuknya lubang jumper. Biasanya, lubang ini dibuat di tiap ujung huruf.

4. Potong dan Pasang Neon Flex

Lampu neon flex akan dipotong per huruf dari kata yang telah dirancang. Ukurlah panjang neon flex yang dibutuhkan untuk setiap hurufnya. Di bagian belakang bodi neon flex, tertera tanda batas pemotongan lampu. Setelah ukuran dipastikan, potonglah lampu pada tanda batas tersebut. Jangan memotong di bagian yang tidak bertanda, karena disitulah letak lampu neon.

Langkah selanjutnya adalah memasang kabel jumper di ujung lampu yang telah dipotong. Pastikan kutub negatif dan positif tidak tertukar. Setelah itu, tempel neon flex mengikuti bentuk huruf di atas papan akrilik menggunakan lem korea. Masukkan kabel jumper ke lubang yang telah dibuat pada papan akrilik. Dengan begitu, kabel tidak akan terlihat dari depan. Ulangi langkah ini hingga seluruh huruf selesai.

5. Hubungkan dan Nyalakan

Sebelum menuju ke langkah terakhir, lepaskan kertas desain pada bagian belakang papan akrilik. Selanjutnya hubungkan kabel jumper dari setiap huruf di bagian belakang. Pastikan kamu menghubungkan kutub negatif-positif dengan tepat. Setelah itu, rapikan kabel dan bersihkan sisa-sisa lem pada papan akrilik.

Setelah kabel dan papan rapi, hubungkan ujung kabel jumper ke kabel listrik untuk menyalakannya. Jika lampu berhasil menyala, maka proses pembuatan neon flex DIY telah selesai dilakukan. Neon flex pun telah siap dipasang pada dinding atau pintu.

Banyak sekali produk hiasan neon flex yang bisa kamu temukan secara online, seperti neon flex love. Namun, merancangnya sendiri sebagai hadiah untuk orang terkasih akan membuatnya makin berkesan. Terlebih alat dan bahannya pun mudah ditemukan. Kamu dapat memanfaatkan tutorial membuat neon flex pada artikel ini untuk membantumu membuat hadiah spesial di Hari Valentine.


Source: https://youtu.be/9B6oaL03dKU