Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA dan NBA

Tahukah kamu bahwa ukuran lapangan bola basket memiliki dua versi yang berbeda? Penasaran apa perbedannya? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA dan NBA
Image Source: Pexels/The Lazy Artist Gallery

Tahukah kamu bahwa ukuran lapangan bola basket memiliki dua versi yang berbeda? Yaitu standar Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan National Basketball Association (NBA).

Ukuran lapangan bola basket standar FIBA dan NBA memiliki perbedaan karena adanya perbedaan sejarah, budaya, dan faktor-faktor praktis yang mempengaruhi perkembangan bola basket di kedua organisasi tersebut.

FIBA dan NBA muncul dari dua konteks yang berbeda. FIBA adalah organisasi internasional yang mengatur bola basket di seluruh dunia, sedangkan NBA adalah liga profesional yang berbasis di Amerika Serikat.

Faktor budaya dan preferensi regional juga mempengaruhi pengembangan permainan bola basket. FIBA mewakili berbagai negara dan budaya yang beragam, sementara NBA berkembang dalam budaya olahraga Amerika.

Ukuran lapangan mungkin disesuaikan dengan preferensi dan gaya permainan yang berkembang di setiap wilayah.

Karakteristik permainan juga memainkan peran penting. Misalnya, ukuran lapangan NBA yang lebih besar mungkin cocok untuk permainan yang lebih cepat dan banyak lemparan tiga poin, sementara ukuran lapangan FIBA mungkin lebih cocok untuk permainan yang lebih taktis.

AOLIKES Pelindung Lutut Knee Support Pad Brace Fitness Gym 1 Pair l (42-47) - A-7718 - Black - JakartaNotebook.com
AOLIKES Pelindung Lutut Knee Support Pad Brace Fitness Gym 1 Pair l (42-47) - A-7718 termurah. Dapatkan dengan mudah AOLIKES Pelindung Lutut Knee Support Pad Brace Fitness Gym 1 Pair l (42-47) - A-7718 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Penasaran seberapa besar perbedaan ukuran lapangan bola basket standar FIBA dan NBA? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA

Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA
Image Source: Kemdikbud

Ukuran lapangan bola basket standar FIBA memiliki panjang 28 meter dengan lebar 15 meter. Sementara lingkaran tengahnya memiliki diameter 3.6 meter. Lingkaran three point standar FIBA memiliki ukuran 6.75 meter.

Ukuran-ukuran lainnya meliputi radius busur sebesar 1.25 meter, jarak lemparan bebas 4.6 meter, hingga ukuran ring yang harus memiliki tinggi 3.05 meter, papan pantul dengan ukuran 1.80 x 1.20 meter, hingga garis tengah pada ring basket yang berukuran 0.45 meter.

Jika disimpulkan, berikut adalah ukruan lapangan basket menurut aturan FIBA:

  • Panjang: 28 meter
  • Lebar: 15 meter
  • Dimeter lingkaran lapangan: 3.6 meter
  • Jarak three point: 6.75 meter
  • Radius busur: 1.25 meter
  • Jarak lemparan bebas: 4.6 meter
  • Tinggi ring: 3.05 meter
  • Lebar garis ring basket: 0.45 meter
  • Lebar garis: 5 cm
HappySport Bandana Headband Olahraga Elastic Sport Hairbands Yoga - A83 - Black - JakartaNotebook.com
HappySport Bandana Headband Olahraga Elastic Sport Hairbands Yoga - A83 termurah. Dapatkan dengan mudah HappySport Bandana Headband Olahraga Elastic Sport Hairbands Yoga - A83 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Ukuran Lapangan Bola Basket Standar NBA

Ukuran Lapangan Bola Basket Standar NBA
Image Source: Olahraga Bola Basket

Ukuran lapangan bola basket standar NBA sedikit lebih lebar dan lebih panjang dari ukuran FIBA. Lapangannya memiliki panjang 28.65 meter dan lebar 15.24 meter, sementara lingkaran tengahnya memiliki diameter 3.66 meter. Lingkaran three point standar FIBA memiliki ukuran lebih kecil yaitu 6.71 meter saja.

Adapun, untuk tinggi ring memiliki ukuran yang sama yaitu dengan tinggi 3.05 meter. Ukuran-ukuran lainnya meliputi lebar dari garis lemparan bebas sekitar 5.79 meter dan panjang dari garis lintasan bebas hingga garis three point sekitar 7.24 meter.

Jika disimpulkan, berikut adalah ukruan lapangan basket menurut aturan NBA:

  • Panjang: 28.65 meter
  • Lebar: 15.24 meter
  • Dimeter lingkaran lapangan: 3.66 meter
  • Jarak three point: 6.71 meter
  • Lebar garis lemparan bebas: 5.79 meter
  • Lebar garis lemparan bebas: 7.24 meter
  • Tinggi ring: 3.05 meter

Ukuran lapangan bola basket yang ditetapkan oleh FIBA dan NBA memiliki peran penting dalam menentukan taktik permainan, strategi, dan jarak lemparan selama bertanding. Meskipun perbedaan ukuran ini mungkin terlihat kecil, tapi tetap dapat memiliki dampak signifikan pada cara permainan berkembang.

Jika tertarik untuk mulai berolahraga, JakartaNotebook punya berbagai pilihan peralatan olahraga yang bisa kamu gunakan. Mulai dari alas sepatu, pelindung lutut, hingga walking pad semuanya bisa kamu temukan di JakartaNotebook.