Catat! Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuhmu

Tak ada patokan kapan waktu olahraga yang baik, namun setiap waktu memiliki manfaatnya masing-masing.

Catat! Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuhmu
Image Source: Pexels

Kamu pasti sering bertanya-tanya, kapan saja waktu olahraga yang baik untuk tubuh? Pagi? Sore? atau malam hari?

Banyak orang mengira pagi merupakan waktu terbaik untuk olahraga karena tubuh masih segar dan udara pun masih bersih. Ada juga yang berpikir malam hari merupakan waktu terbaik karena dapat terhindar dari terik matahari.

Namun, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk olahraga? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh?

Meski banyak orang yang menganjurkan waktu-waktu tertrentu untuk olahraga, nyatanya tidak ada penjelasan pasti tentang kapan waktu olahraga yang baik. Olahraga yang dilakukan pagi, sore, atau malam hari sama-sama membawa manfaat untuk tubuh dan memiliki kelebihan masing-masing.

Berdasarkan studi yang dilakukan pada beberapa perempuan yang melakukan olahraga pada pagi dan malam hari, kedua kelompok ini mendapatkan hasil berbeda.

Kelompok yang berolahraga pada pagi hari mampu membakar lebih banyak lemak. Sednagkan perempuan yang olahraga pada malam hari justru mendapatkan tubuh bagian atas yang lebih kuat dan bertenaga.

Apa Manfaat Olahraga di Waktu-Waktu Tertentu?

Sama-sama menghasilkan manfaat yang baik untuk tubuh, berikut beberapa manfaat olahraga di waktu-waktu tertentu.

1. Pagi Hari

Pagi Hari
Image Source: Pexels

Olahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat. Pertama, dapat memberikan energi dan membangkitkan semangat sepanjang hari. Pemilihan waktu ini juga membantu meningkatkan metabolisme yang berarti kamu bisa membakar kalori lebih efisien sepanjang hari.

Selain itu, belum terlalu banyak orang yang beraktivitas di pagi hari sehingga kamu dapat menikmati udara segar serta keheningan sebelum kesibukan sehari-hari dimulai.

Pagi hari merupakan waktu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan karena dapat membantu membangun kebiasaan yang konsisten dan meningkatkan disiplin. Selain menurunkan berat badan, ternyata pagi hari merupakan waktu olahraga yang baik untuk jantung kamu.

2. Sore Hari

Sore Hari
Image Source: Pexels

Sore hari adalah waktu yang populer bagi banyak orang untuk berolahraga. Pada saat ini, suhu umumnya lebih nyaman dan tubuh telah terjaga dan siap sepenuhnya.

Berolahraga sore hari juga dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Tak heran banyak orang dengan keluhan sulit tidur melakukan olahraga di waktu ini.

Jika kamu ingin melakukan olahraga yang lebih intens, seperti latihan kekuatan atau latihan berat, sore hari bisa menjadi pilihan yang baik karena pada sore hari kemampuan tubuh sedang berada di puncaknya.

3. Malam Hari

Malam Hari
Image Source: Pexels

Bagi mereka yang memiliki jadwal yang sibuk di pagi hingga sore hari, malam dapat menjadi pilihan waktu olahraga yang baik. Olahraga pada malam hari dapat membantu melepaskan ketegangan dan kelelahan setelah seharian bekerja.

Dianjurkan untuk melakukan olahraga yang ringan-ringan saja pada malam hari seperti lompat tali, yoga, atau pilates.

Banyak yang beranggapan bahwa olahraga pada malam hari akan menggangu waktu tidur. Hal tersebut tak akan terjadi jika kamu memberi jeda 1,5 jam setelah olahraga sebelum pergi tidur.

SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - PT One - Black - JakartaNotebook.com
SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - PT One termurah. Dapatkan dengan mudah SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - PT One murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Tidak ada patokan waktu terbaik yang mutlak untuk berolahraga karena setiap individu memiliki preferensi dan jadwal yang berbeda. Penting untuk mendengarkan tubuh dan menyesuaikan jadwal olahraga kamu dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu.

Tak peduli kapan pun itu, olahraga akan selalu memberikan manfaat untuk tubuhmu, selama dilakukan dengan benar. Selamat berolahraga!


Sumber

Schuler, Lou. What’s the Best Time of Day to Exercise? It Depends on Your Goals. https://www.webmd.com/fitness-exercise/news/20220620/best-time-of-day-to-exercise-goals

Kelly, Erin. What’s the Best Time of Day to Exercise?. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/best-time-to-workout